Soto Betawi H. Mamat, ke Tangerang aja Yuk!

by - Oktober 18, 2018


Halo dear, kali ini aku akan sharing tentang kesan aku setelah makan siang di Soto Betawi H. Mamat yang berlokasi di Jl. Raya Rawa Buntu, BSD, Serpong, Tangerang Selatan.
Karena waktu itu bingung makan siang apa, aku nyeletuk aja gitu ke suami "kok kayakanya soto betawi enak, aku belum pernah nih nyoba soto betawi yang lokasinya emang di daerah betawi." Langsung deh suami ngajak ke pusat nya di daerah BSD.
Jarak dari rumah ke lokasi kurang lebih 15-20 menitan dengan mobil, kalo dengan motor bisa lebih cepat lagi. Setelah sampai disana kita langsung parkir dan emang bentuk bangunannya yang didominasi warna hijau, makin menunjukkan eksistensi tempat makan ini.



Lalu kita masuk dan sedang jam makan siang, dimana pick hour banget jam segitu, kita agak menunggu bangku kosong barulah memesan. 
Aku memesan soto campur jeroan sapi beserta perkedel sedangkan suami memesan oseng sapi. Dan waktu pemesanan gak sampai 5 menit, pesanan kita tiba, segercep itu mereka.



Setelah datang, aku jadi kabita sama pesanan suami. Karena dia juga dapat kuah soto nya gitu, kan tau gitu aku pesennya yang tongseng. Saat aku mulai mencicipi, rasanya gurih dan khas soto betawi gitu dengan campuran emping sebagai topping. Bedanya dengan soto Jakarta yang biasa tersebar di daerah-daerah, terutama yang menjadi langgananku di Bandung, tidak ada rasa rempah yang kuat dari kuah soto ini (biasanya menggunakan cengkeh). Namun cukup menyegarkan karena mempunyai citra rasa yang khas dan aku excited dengan menu ini.
Seporsi soto campur sapi Rp. 30.000,00 dan oseng sapi Rp. 37.000,00. Perkedel Rp. 6.000,00 dan segelas es jeruk Rp. 15.000,00.








Lalu saat menuju pulang, di bagian depan ada mamang-mamang yang jual es podeng. 
Es podeng ini jika dilihat mirip es campur gitu, bedanya ini disajikan dengan cup plastik dan bisa dibawa-bawa gitu dan campuran unik didalamnya seperti, alpukat, mutiara merah, kacang, meses, roti, ketan hitam lalu es krim cita rasa lokal gitu. Satu cup harganya Rp. 13.000,00 dan pokoknya es ini mengingatkanku dengan jajanan es sewaktu dulu masih sekolah atau pulang ngaji. Namun, esoknya aku tidak mengalami gangguan dintenggorokan, karena biasanya aku sangat sensitif terhadap minuman dingin yang kandungan pemanisnya dominan.
 Sekian postingan aku tentang kuliner siang hari dari betawi ini yang aku ikut sertakan pada One Day One Post bersama Estrilook Community. Semoga bisa menjadi refrensi kalian saat pergi atau jalan-jalan ke Tangerang ya, see you another post!

You May Also Like

16 komentar

  1. soto haji mamat emang juara banget deh, di Bintaro juga ada cabangnya rasanya enak banget kadang kalau abis gajian suka mampir hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bener ya emang seenak itu, apalagi disantap saat siang hari. Endolita banget

      Hapus
  2. Haji Mamat ini endolaaa banget! Di Bandung juga adaaa... enaak..

    BalasHapus
  3. Ih favorit pisan soto betawi teh, tapi belum pernah coba soto betawi h mamat. Besok besok harus coba nih, thank you infonya teh.

    BalasHapus
  4. Pengen deh koo ke sana... Enak banget kyaknya

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah nyobain.. tapi liat fotonya aja udah ngiler duluan

    BalasHapus
  6. Soto sama Es Podeng-nya bikin ngiler nih apalagi sotonya enak banget dimakan pas lagi hujan gini hehe

    BalasHapus
  7. Aku gak terlalu suka dengan makanan yang banyak kuahnya kayak soto. Kalo makan, aku biasanya keruk isinya. Airnya nyisa banyak. Etapi, aku kok salfok sama esnya nih. Segeeeeeer. :)

    BalasHapus
  8. Duhh, aq tuch paling suka ama soto betawii, jadi ngilerr ginihh

    BalasHapus
  9. Aduuuh aku mau ini asli pasti enak banget

    BalasHapus
  10. Baca ini di jam2 nanggung menjelang makan siang. jadi laperrrr

    BalasHapus
  11. aku suka bgt soto betawiii! kalo yg biasa aku makan di gelap nyawang itb, awal aku suka soto betawi tu disitu, eh sampe skrg ketagihan hihi next kalo ada waktu ke tangerang bakal cobain dehhh

    BalasHapus
  12. Soto Batawinya bikin ngiler, Mbak. Apalagi sama jeroan. Hm...

    BalasHapus
  13. pengen es podeng nya aku lama ini ga makan ini dulu suka banget

    BalasHapus
  14. Wow aku belum pwrnah nyicip soto betawi

    BalasHapus

Instagram