Alasan Grandys Menulis Blog

by - Oktober 27, 2018


Halo sahabat blogger, kali ini aku excited banget untuk ikut kolaborasi bersama Bandung Hijab Blogger yang mengusung tema "Why I Started Blogging". Dan moment ini bertepatan pula dengan hari blog nasional, yaitu pada tanggal 27 Oktober 2018. 

Berawal dari tahun 2014 yang sebenarnya aku mempunyai satu blog, yaitu wordpress dan masya Allah isinya spam banget. Semua curhatan ala anak kuliah yang gak ter-triggered tumpah ruah disana. Setelah sekian lama aku off menulis blog dan tidak menulis apa-apa bahkan diary pun tidak. Hingga pada sebuah kesempatan di akhir tahun 2016, aku menemukan komunitas menulis dan semakin meng-explore hal-hal yang masuk dalam dunia literasi. 

Pada tahun 2017 karena sebuah tugas dari Instutut Ibu Profesional yang mewajibkan untuk selalu setor tugas dan aku pergunakan wordpress sebagai rekam jejak digitalku dan sempat aku ikut ODOP oleh mba Shanty selaku PJ dari divisi RB-Literasi. Namun ya begitu, motivasi ku hanya sepercik dan pada akhirnya blog terbengkalai menjadi sarang laba-laba. 

Dan Allah pertemukan kembali alasan aku untuk bisa terus menulis dengan motivasi kembali pada dunia blogging, karena menurutku menulis blog adalah simpanan rekam digital yang masih efektif sampai saat ini.
Aku akan share  alasan, mengapa aku menulis blog berikut ini.

1. Sebagai Pengingat Moment
Aku terhitung masih newbie dan aku tidak lepas begitu aja dengan zona nyaman, yaitu one day one post. Aku berusaha untuk tetap konsisten dan memikirkan kontent apa yang bisa aku buat dan sekiranya saat di baca oleh orang lain, bisa mendapat buah manfaat dari tulisan kita. Dan alasan terbesar dari semuanya adalah sebagai pengingat moment, dan aku ingin benar-benar hidup di sebuah moment tanpa meninggalkan begitu saja kenangan-kenangannya. Sehingga, dengan tulisan aku bisa mengekspresikan dan merekam kesemuanya dalam bentuk tulisan, karena saat dibaca lagi ada perasaan menghangat dan bahagia yang tidak terdeksripsikan

2. Sebagai "Note to My Self" Diary
Jadi, aku biasakan untuk mengingat-ingat hal baik apakah yang menimpa aku setiap harinya, walaupun terkesan receh dan kejadian sebaliknya, misal sebuah kegagalan atau kekecewaan yang aku putar menjadi sebuah tulisan "pengambil hikmah". Hal ini melatih diriku untuk terus bisa mencintai hidup dan diri sendiri tanpa tergerus oleh hal-hal yang sifatnya intimidatif. Dengan adanya sebuah wadah yang bisa sebagai self reminder, kita akan tergerak menuju pada sesuatu yang lebih baik setiap harinya.

3. Sebagai Sebuah Warisan
Yap, warisan yang selalu aku mimpikan ketika tulisan aku bisa sampai di tangan-tangan para generasi penerus yang entah nanti sebutannya apa. Karena aku meyakini bahwa tulisan bisa menembus ruang dan waktu bagi setiap pembacanya dibandingkan dengan kata-kata oleh pembicara. Rasanya sangat "halu" ketika mimpi kita berupa, "ingin tulisannya di baca oleh anak cucu kita nanti, dan seolah-oleh cucu kita nanti akan memperbincangkan tentang pola pikir kita sesuai dengan kesemua tulisan kita ini".

4. Sebagai Pencari Nafkah
Point terakhir ini sengaja aku selipkan di akhir karena doa-doaku saat ini adalah bisa menghasilkan tulisan yang tidak menyesatkan para pembaca, terlebih seperti yang pernah dikatakan oleh sohabat rosul bahwa tulisan dan guratan pena ini masuk dalam dua pilihan, apakah akan membawa pada kebaikan atau kemungkaran. Sehingga, titik concern aku pada memberdayakan apa yang bisa aku bagi dan semoga tidak memberi pengaruh buruk untuk pembaca. Dan imbalan berupa fee atau uang adalah sebagai bonus dari menebar kebaikan itu sendiri.

Itu aja sharing dari aku tentang mengapa memutuskan untuk menulis blog, semoga bisa menambah semangat menulis aku tidak padam lagi, dan terpenting adalah terus melakukan improvement dengan cara sharing dan datang ke acara blogger. Lalu, ada juga cerita menarik lainnya dari Teh Tacha seputar pengalamannya dalam dunia blogging.  Selamat hari blog nasional untuk kita semua. 











You May Also Like

28 komentar

  1. Karena aku meyakini bahwa tulisan bisa menembus ruang dan waktu bagi setiap pembacanya

    aku suka kalimat ini... it will last ya. Tak lekang oleh waktu gt

    BalasHapus
  2. Sebahgai pengingat moment... Duh itu banget ya teh... Biar ga berlalu gitu aja hee

    BalasHapus
  3. Bener banget. Gak halu teh itu.. realistis kok hhi..

    BalasHapus
  4. Kalau aku ingetnya nulis buat pengikat ilmu pada moment juga bisa banget ya. Aaah love it

    BalasHapus
  5. bermanfaat sekali.. trimakasihπŸ˜πŸ€—

    BalasHapus
  6. Aku suka banget sama point ke 2 dan menyadarkan aku kalo dengan ngeblog kita bisa inget hal-hal positif.

    BalasHapus
  7. semoga tulisan kita selalu membawa kebaikan bagi sesama ya :)

    BalasHapus
  8. Blog memang tempaaat untk mengingat momen dan ajang self - healing :)) smg mbak ndysss

    BalasHapus
  9. Ndyss, maafkan aku blum nge-wa lagi dr kmaren. Bener sih blog bisa jadi self reminder. Jadi bisa mengambil hikmah dr apa yg udah dijalani. Semangat terus yah ndys ngeblognya. Finally Blognya udah cantik sekarang

    BalasHapus
  10. Jadi penasaran sama IIP itu deh. Setuju banget kalau tulisan bisa jadi "note to myself." jadi pengingat buat diri sendiri, apalagi setelah dibaca ulang :")

    BalasHapus
  11. Blogging juga bisa mencegah kepikunan teh. Haha. Setuju sama yang terakhir, fee sebagai bonus atas menyebar kebaikan kita.

    BalasHapus
  12. setuju teeh, intinya menebar kebaikan :)

    BalasHapus
  13. Semangat menebar kebaikan teh πŸ˜ŠπŸ’•

    BalasHapus
  14. Semoga tulisan2 kita selalu bermanfaat buat orang lain ya.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah, inspiring bgt teh :)

    BalasHapus
  16. setuju teh buat warisan...warisan tulisan buat para pembaca terutama buat anak-anak kita..selalu semangat teteh

    BalasHapus
  17. Sepakat teh, aku juga sering berpikir blog ini jadi jejak dan rekam peristiwa yang bisa aku turunkan untuk keluargaku kelak. Jadi sebisa mungkin setiap tulisan itu ada manfaatnya walaupun cuman sedikit :D

    BalasHapus
  18. Jadi pengen ikutan IIP jugaa...

    BalasHapus
  19. setujuuu pokonya mah 😍😍

    BalasHapus
  20. Tersihir sama rangkaian kata di tulisan nya teh, semoga tetap menginspirasi ya teh..

    BalasHapus
  21. Aku jg lagi ingin menuliskan setiap moment aku di blog. Biar variasi aja isi blog nya gak makeup mulu bosen ya haha

    BalasHapus
  22. sebagai diary dan pengingat moment setuju banget tehh

    BalasHapus
  23. apakah akan membawa pada kebaikan atau kemungkaran, bener banget teh, sebab yg kita lakukan akan dipertanggungjawabkan semuanya. Makasih teh sharingnya

    BalasHapus
  24. Pasti semua berawal dari diary :D

    BalasHapus
  25. Wah iya blog sebagai warisan.. aku kelewat nulis point ini. Nggak halu kok..

    Ini biar anak-anakku kelak bisa baca tulisan ibunya disini dari alay sampai lebih dari alay hahaha

    BalasHapus
  26. Waw udh sampai sebagai pencari nafkan.. keren keren. Berguru ahh

    BalasHapus
  27. Aku juga setuju banget blog sebagai warisan, apalagi sekarang udah ada bayi pengen banget kelak anak sendiri baca blog yg ditulis ibunya.
    Biar nanti dia faham kalau ibunya buka blog dan jepret-jepret foto

    BalasHapus
  28. Suka banget sama poin ke-3, blog sebagai warisan.

    BalasHapus

Instagram