Ciptakan Lingkungan yang Positif Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Alami Stress

tips atasi stress pada ibu hamil
(source: pexels.com)

Cara Ibu Hamil Agar Tidak Stress - Mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan, seorang ibu bisa menjadi sangat sensitif. Kondisi ini berasal dari perubahan hormon pada saat masa kehamilan, oleh sebab itu menjaga hal-hal agar tidak mudah terserang stress ini penting diperhatikan, khususnya bagi para ibu hamil dan juga bagi keluarga yang sering berhubungan dengan ibu hamil ini.

Segala sesuatu bisa menyerang ibu yang sedang hamil

Aku rasa setiap ibu hamil memiliki sebuah fase dimana ia merasa nyaman atau tidak nyaman dalam menghadapi hal-hal yang ada di luar kendali dirinya. Percaya atau tidak stress adalah salah satu penyakit psikologis yang kerap meinmpa ibu hamil, selain ancaman penyakit lainnya pun mengenai ibu hami ini.

Memang benar menjaga lisan itu penting banget, apalagi kita sesama ibu, ataupun wanita dan ataupun sebagai manusia menjaga perasaan sesama adalah bentuk sebagai rasa memanusiakan manusia dalam lingkup kontak sosial, karena ga mungkin untuk bersikap apatis juga, tapi kalo pada gengges sehingga membuat kita jadi semakin insecure, kan ga baik juga.

Resiko yang dihadapi ibu hamil jika dirinya mengalami stress

Yuk bareng-bareng untuk jaga lisan, wkwk sekarang bukan jamannya lisan juga sih, kadang dari ketikan yang bisa mengartikan beribu arti, kalo "jlebbb" gitu bikin kitanya jadi stress, eh apa aku aja. 

Kalo permasalahannya ya ibu hamil rentan stress salah satunya berdampak sama janinnya, dan yang belum dikaruniai seorang anak kalo ditanya-tanya netizen dengan pertanyaan yang seolah dia hidup 24 jam, aku pengen buru-buru cabut liburan ke Timbuktu wkwk.

  • Tumbuh kembang bayi yang tidak sesuai
Kelahiran prematur dengan kondisi berat badan yang kurang dair normal serta dalam kondisi lemah, yang bisa terjadi jika ibu hami alami stress yang tidak segera mereda. Berpengaruh banget kan apa-apa yang ibu hamil alami ini, yuk bantu agar ibu hamil tidak stress.
  • Oksigen untuk janin akan berkurang
Mengalami stress berarti ada ketidaklancaran proses peredaran pembuluh darah, yang mana sang janin masih sangat terkoneksi dengan pembuluh darah sang ibu, sehingga bisa menyebabkan proses transfer oksigen menyempit.
  • Otak janin akan terganggu
Ketika sang ibu mengalami stress, hal ini akan berpengaruh kepada tumbuh kembang otak janin. Terjadinya gangguan pertumbuhan mental seorang anak bisa terjadi karena sang ibu saat hamil merasakan stress yang cukup mengambil porsi, sehingga hal ini menjadi notice tidak hanya untuk ibu hamil saja, tapi pasangan dan juga orang-orang di sekelilingnya. 

Bagaiaman siasati agar ibu hamil tidak mengalami stress?


Setiap ada masalah, pasti ada solusinya ya kan, begitu juga dengan ibu hamil yang mengalami stress, bisa dilakukan diantaranya:

1. Melakukan olahraga ringan secara rutin
Ini berlaku banget bagi seluruh insan di muka bumi ini untuk tetap bisa hidup sehat, menjalani olahraga yang rutin. Khususnya untuk ibu hamil tidak ada halangan untuk absent berolahraga, namun kadarnya tetap harus yang ringan ya seperti jalan kaki pagi hari ataupun yoga untuk ibu hamil. Karena bisa mengurangi tingkat resiko sang ibu hamil mengidap penyakit diabetes, maka olahraga ringan untuk ibu hamil jangan sampai di skip ya. 

2. Lakukan pola istirahat dengan cukup
Atur pola istirahat ini agar ibu hamil semakin nyaman dengan kondisinya dan enjoy saat masa-masa kehamilan. Dengan begitu, kuantitas untuk membangun bonding dengan sang bayi nantinya akan tercipta karena setiap akan pergi tidur disempatkan untuk mengajak mengobrol dengan janinnya.

3. Tidak terlalu lelah dalam bekerja
Pilihan seorang ibu hamil untuk tetap bekerja memang dikembalikan kepada masing-masing personal dan juga pada ridho suami ya. Melihat dalam pekerjaan itu ya cukup banyak ditemukan tekanan yang dapat menjadi pemicu sang ibu hami alami stress. Beri waktu untuk sesekalinya istirahat atau cuti ya para bumils.

4. Curahkan isi hati kepada pasangan kita
Aku setuju banget kalo mencurahkan hati kepada pasangan saat ada kondisi yang membuat kita ga nyaman bahkan tertekan. Oleh sebab itu peran pasangan dalam hal ini krusial juga ya, nih buat para bapak-bapak mohon di notice kalo istrinya sedang hamil dan banyak bercerita hehe.
 
5. Turut serta bersama komunitas ibu hamil 
Di era yang serba digital dan canggih ini, para ibu hamil tidak perlu kesulitan untuk menemukan circle yang bisa membantunya berada pada kondisi yang sama (yaitu hamil). 

Sehingga berjalannya waktu, ada sedikit input dan bantuan untuk meredakan segala kekhawatiran yang ada, karena bergabung di komunitas bisa saling sharing dan berada pada circle yang satu frekuensi yaitu sama-sama sedang berjuang dalam fase kehamilan.
Apa yang menjadi triggered seorang ibu hamil itu mudah stress dan kita sudah melihat begitu mirisnya dampak apabila ibu hamil terjangkit stress, maka peran dari selain pasangan dan keluarga, seperti tetangga dan juga kerabat cukup dan sangat membantunya melewati fase kehamilan dengan ceria dan penuh rasa syukur.
Itulah beberapa dampak serta cara ibu hamil agar tidak stress yang perlu dipahami dan dapat dijadikan referensi. Dengan melakukan hal yang telah dijelaskan di atas tentu saja akan membuat ibu dan janin dalam keadaan sehat bisa dengan klik link di bawah ini.



Yuk sama-sama menyemangati ibu hamil agar ia tidak alami stress. Ada yang mau sharing mengenai masa-masa kehamilannya, barangkali ada cerita unik yang bisa dibagikan. Feel free to share on comment below!

1 komentar

  1. Kehamilan ketigaku kemarin adalah yang paling stressful. Keluhan kehamilan berkepanjangan. Gak bisa istirahat pula karena ada batita. Tapi Alhamdulillah suamiku suportif banget, mayan bisa buat senderan kalo lagi mewek, Mbak :)

    BalasHapus