5 Manfaat Ketika Kamu Jalani Hidup Apa Adanya Tanpa Syarat Dengan Baik

5 manfaat jalani hidup apa adanya
(Happy ketika jalani hidup apa adanya. Dokpri)


"hidup tuh jangan serius-serius banget, jalani hidup apa adanya tanpa ada syarat jangan sampai buat kita ga enjoy sama hidup kita sendiri"

Mendengar hal-hal dan juga anjuran dikala kita mentok dalam suatu hal, ada yang berujar, udah deh jalani hidup apa adanya tanpa syarat gitu memang ada benarnya lho gengs. Pasalnya dalam perjalanan hidup itu yang aku ketahui adalah bukan kita sebagai porosnya, namun kita yang terus berputar terus mengalami perubahan, jadi hidup apa adanya membuat kita bisa bereksplorasi lebih lagi terhadap sesuatu hal.

Jalani Hidup Apa Adanya Dengan Kebaikan

Pernah ga sih memimpikan untuk menjadi seorang dokter atau pekerjaan-pekerjaan ketika di masa kecil, pekerjaan itu nampak begitu wow. Namun seiring berjalannya jaman, banyak dari cita-cita itu pupus dan berganti menjadi cita-cita baru sesuai dengan era atau jamannya. 

Bercerita soal cita-cita aku jadi ingat ketika ingin banget menjadi seorang dokter, dan cita-cita itu pupus ketika belum bisa mewujudkan dan aku tidak berlarut-larut dalam kesedihan karena menjalani hidup apa adanya, tanpa sebuah pencitraan dan tanpa syarat bisa membuat aku kaya akan pengalaman hidup yang belum tentu aku dapatkan ketika cita-cita jadi dokter itu tercapai, seperti yang aku mau.

Oleh sebab itu aku mau ngajak teman-teman nih buat lihat 5 manfaat yang bisa dirasakan jika jalani hidup apa adanya dengan kebaikan, tanpa syarat sehingga membuat kita selain bisa nikmatin hidup, aku rasa hidup juga jadi lebih original, lebih banyak bersyukur dan ga ada pencitraan yang kerap kali muncul ketika kita mulai merasa hidup udah serba ngoyo, iya ga?

1. Mensyukuri sedetail apapun yang terjadi dalam hidupmu

Ketika menjalani hidup apa adanya, yang perlu ditekankan sekali lagi adalah pada kondisi kita tentu harus ada rasa ingin maju terus kedepan, artinya jalani hidup apa adanya tanpa syarat ini mempermudah kita memperhatikan hal-hal detail yang terjadi dalam hidup kita dan membuat kita jadi lebih bersyukur karenanya. 

Yang bisa aku rasakan yang terjadi dalam kehidupan aku pribadi mengenai ini aku jadi lebih mudah merasa bahagia, tanpa terlalu menaruh ekspetasi yang begitu tinggi, yang terkadang malah membuat kita menjadi tidak produktif dan meratapi hal tersebut. Kalo jalani hidup apa adanya, dengan bisa semangkuk mie ayam sehabis menyelesaikan tumpukan deadline tepat waktu, bisa membuat kita menjadi sumringah.

2. Miliki kesempatan untuk explorasi banyak hal, tidak terkotak-kotakan oleh satu hal saja

Ini yang semakin lama aku rasakan ketika jalani hidup tanpa pencitraan, tanpa ada yang harus ditutupi untuk melakukan sesuatu kebaikan lainnya, karena percaya, sebuah skill positif yang diasah, perlahan akan mendekatkan kita pada pengalaman hidup yang sangatlah berharga.

Pengalaman miliki background dengan lulusan Teknik Kimia, menghentikan aku untuk terus pencitraan bahwa aku lulusan terbaik, atau gimana-gimana. Tapi ya lebih ke apa adanya sekarang aja, seperti tidak menyebarkan konten hoax seperti membuat DIY desinfektan ataupun handsanitizer sendiri tanpa tau ukuran dan juga takaran serta alat beserta APD yan digunakan, karena aku tau dahulu saat kuliah dan praktikum, tidak sesimple itu karena menyangkut pada nyawa dan juga keselamatan.

3. Semangat menjalani hari demi hari dan yakin akan menerima kejutan selalu

Ketika hidup penuh dengan pencitraan, pasti deh ada rasa ekspetasi yang tinggi terhadap segala sesuatu yang bukannya mengarahkan kita pada kemajuan, malah membuat kita ogah-ogahan dan juga malas melakukannya, karena merasa itu tuh ribet ruwet dsb.

Padahal ketika jalani apa adanya, ya kita tinggal jalani dengan sepenuh hati, tanpa tipu-tipu dan ini dirasakan dalam dunia content creator yang aku kembalikan dari ingin selalu berbagi terhadap apa-apa yang aku jalani dalam hidup, terutama hobi travelling, makan dan juga nonton film sangat disayangkan jika tidak dibagikan, tanpa ada aling-aling ingin dilihat untuk rajin update blog demi sebuah fee misalnya.

4. Hidup tidak selalu tentang berhasil dan gagal

Mengenai kegagalan, siapa sih yang ga pernah merasakan ini? Namun ketika kita sudah jalani hidup apa adanya, ada celah tersendiri yang mengantarkan kita pada kondisi bahwa semuanya membuat kita berjalan secara original, berjalan seperti kemauan hati kita dan itu dinilai tidak dari berhasil dan gagalnya.

Ada sebuah rasa yang tertinggi dari pencapaian sesuatu itu yang lebih dari berhasil dan gagal adalah sebuah pengalaman untuk mencoba, untuk ikut serta tanpa dibatasi ataupun tanpa sebuah syarat, dan hal itu membuat kita merasa lebih kaya dan makin membuka pikiran kita ketika mendapatkan label gagal, bahwa sepenuhnya kita belum gagal.

5. Membuka banyak pintu rezeki lainnya

Percayalah, ada hal-hal yang tidak terduga ketika kita memilih jalani hidup ini apa adanya, karena tanpa sebuah pencitraan hidup kita mengalir dan menjadi lebih tenang. Ini aku rasakan dalam hal followers.

Kembali lagi ya, ini berdasarkan keadaan, sudut pandang pribadi dan tidak ada maksud untuk mengecilkan sebuah grup yang memilih jalan berbeda dengan aku, karena manusia tercipta beda pandangan kan ya. Jadi aku memilih hidup apa adanya, yang menjadi aku ini tanpa harus menjadi si A dan si B tapi tidak menutup mata atau menutup diri untuk mau terus belajar, sehingga aku membiarkan seberjalannya followers aku tanpa membeli followers demi naik konten, padahal kredibilitas aku belum mumpuni.

Sehingga hal ini sejalan dengan provider kecintaan dan kesayangan aku sejak dulu bersama Ooredoo yang miliki vibes mengajak kita semua untuk hidup simple, percaya akan kekuatan diri sendiri, menjadi otentik lewat Freedom Internet di IM3 Ooredoo.

Emang merasa banget banyak keuntungan yang aku dapetin selama menjadi pengguna IM3 Ooredoo ini, salah satunya dengan kehadiran dari Freedom Internet di Ooredoo ini yang simple dan juga tanpa syarat ketentuan. Nah di Freedom Internet IM3 Ooredoo ini.

Aku sudah pake Freedom Internet IM3 Ooredoo ini karena hadirkan benefit seperti safe pulsa ketika kuota kita habis, kalian pernah kan ngalamin kalo menjelang kuota habis, suka nyedot pulsa lokal, nah dengan Freedom Internet ini kalian akan bebas khawatir deh.

Juga menggunakan kuota 100% dimanapun dan kapanpun, berdasarkan wilayah dan juga area dimanapun kalian berada, eh ini sih simple dan yang banyak dicari banget sih Freedom Internet ini.
Mengajak kita untuk tidak ada kepura-puraan dalam hidup, menjadikan hidup kita lebih simple ya jalani hidup apa adanya tanpa syarat dengan baik, semuanya akan berbuah manis!






90 komentar

  1. Betul Mbak. Kalau menjalani hidup apa adanya, justru rezeki itu mengalir dengan sendirinya. Saya juga sudah merasakan :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah ya mba berarti memang insya Allah barokah itu hehe

      Hapus
  2. Hidup dengan pencitraan pun perlu kalo di dunia kerjaku, tapi sewajarnya saja dan sesuai dengan kebutuhan plus apa adanya da mereka memang begitu adanya. Yang penting jadi diri sendiri ya dan fokus berkarya menghasilkan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul teh sebenarnya pencitraan untuk branding diri sih it's okay yaaa secara profesional. Sip teh! hatur nuhun yaaa untuk advice makin semangat berkarya :)

      Hapus
    2. Setuju dengan teh nchie, sewajarnya dan jangan sampai terbebani. Fokus berkarya dan terus mengembangkan potensi dalam diri

      Hapus
  3. Bener, kalau saya kuncinya dua saja, yaitu bersyukur dan kreatif. Insya Allah ada saja yang bisa dihasilkan, baik itu karya tulisan maupun karya yang lainnya

    BalasHapus
  4. Suka deh dengan poin nomer 1, bersyukur, dan semua tidak dilihat dari hasil, tapi juga melihat sebuah proses

    BalasHapus
  5. Hidup apa adanya memang akan membuat hidup lebih nyaman dan lebih bahagia. Hidup gak ngoyo dan kita bisa lebih banyak mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, jadi bersyukur dan tetap memaknai hidup apa adanya ini dengan positif ya

      Hapus
  6. Setuju, dulu lagi kecil stiap anak pasti ingin jadi dokter. Ehh kesini sini malah pengen jadi youtuber karena era nya sudah berganti. Bener banget hidup dengan sejujurnya apa adanya tanpa dibuat buat apalagi di sosmed gitu, bikin kita tenang dan bisa menjadi diri sendiri seutuhnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seiring berjalannya waktu semuanya akan berubah dan alangkah bijaknya untuk ga judge pilihan dari satu generasi ke generasi lain mengenai hidup dan juga cita-cita

      Hapus
  7. Grandysss dalam banget sik tulisanmu ini. Betul lho, hidup itu bukan tentang gagal dan berhasil aja tetapi berani mencoba patut diapresiasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. habis mam pangsit mba jadi so deep gitu ya haha

      Hapus
  8. yups betul sekali.. hidup apa adanya adalah pilihan paling tepat dalam menjalani hari-hari kita. Setiap saat jadi lebih bermakna karena punya nilai berharga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah makna hidup itu yg harus kita cari ya mba, noted

      Hapus
  9. Wah setuju banget dg poin pertama. Selalu beryukur atas setiap hal yg terjadi atau kita alami, membuat kita bisa hidup tenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang dengan bersyukur, hati jadi lebih tenang mas, walaupun ada yg membuat berat

      Hapus
  10. Sayang IM3 ku mental mbak di perumahanku sini kalah dengan simpati padahal aku lebih suka IM3

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya yaa ada alasan yg buat kita suka sama IM3

      Hapus
  11. Ada kalanya kita merasa menyesal atau merasa belum bisa mewujudkan keinmginan atau cita-cita ya. Tapi dibalik itu pasti ada jalan lain asal kita tetap bersyukur dan hidup apa adanya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mba, aku selalu yakin ada jalan lain hehe

      Hapus
  12. Mbak mau peluk jauh dooong. Huhu
    Sepakat bgt, hidup apa adanya bikin enteng semuanya. Nggak ada beban ini itu, yg pntg kita selalu usaha dan doa. Hasilnya serahkan ke Tuhan. Uwww indosat ini providerku dr SMP🤭🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. peluk balik buat mba Ella :)))
      Iya bener mba, ga ada beban itu malah yg bikin kita makin nikmatin hidup ini. Tosss akupun sedari masa pakai seragam sekolah nih

      Hapus
  13. Setuju banget kak. Hidup ini harus disyukuri, sekecil dan sedetail apapun yang terjadi. Tapi masalahnya aku masih sering banget merasa insecure :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada cara-cara buat balik lagi kita ga merasa insecure kak, semangat ya

      Hapus
  14. Membuka pintu rezeki dan lainnya. Ah, ini paling terasa banget. Saat kita jujur apa adanya tanpa kepura-puraan ada aja yang dateng. Tiba-tiba disapa sama orang lain dan jadi nambah lagi koneksi. Dapat apresiasi sampai dapat job. Sehat terus Grandys

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi kangen kak Ute deh kalo komen tuh selalu membuat hati jadi menghangat :)
      siap kak Ute, dengan pertemanan secara tulus, akan melahirkan hal baik

      Hapus
  15. Setuju... Pas baca poin bersyukur, otomatis otaknya memutar lagu dMassive. Syukuri apa yang ada hidup adalah anugerah.

    Memang yaa, kak. Kalau kita udah bersyukur rasanya enteng

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lebih enteng buat jalanin hidup dan lebih nikmatin

      Hapus
  16. Dengan hidup apa adanya pasti tanpa harus modus dan tanpa tipu-tipu.. saya yakin dengan Ooredoo selaras dengan kita

    BalasHapus
  17. Sepakat mbak..hidup apa adanya lebih nyaman dan ga jadi beban. Ngapain hidup berpura-pura, malah bikin capek jiwa dan raga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tidak menjadikan beban ya malah jadinya nanti stress

      Hapus
  18. MasyaAllah, meleleh langsung bacanya. Berhasil atau gagal itu bukan tolak ukur akhir, tapi setiap prosesnya yang perlu diapresiasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi semangat ya mbaaa karena proses itulah yg menjadikan kita nanti di masa depan

      Hapus
  19. Nomor 3 dan 5 bener banget, Kak. Aku selalu semangat jalani hari karena yakin bakal dapat kejutan. Eh beneran deh ternyata nomor 5 yang tejadi, tiba-tiba aja dapet rezeki tak terduga. Yang penting banyak bersyukur, hidup bakal adem ayem. Kayak IM3 Ooredoo yg kupake juga, Kak, banyak kejutannya. Dah sepuluh tahun lebih langganan ga pengin ganti. Paketnya murah apa adanya, buat kerja di kampung ya tetap lancar, alhamdulillaah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya kita termasuk pelanggan loyal nih ya sama IM3 Oredoo ini

      Hapus
  20. Kaak ini bener banget. Banyak hal yang harus kita syukuri. Terkadang sesuatu yang menurut kita biasa saja justru hal itu diinginkan orang lain. Menjalani hidup apa adanya dan banyak" bersyukur akan membuat hati menjadi damai dan tentram

    BalasHapus
    Balasan
    1. pergolakan rumput tetangga lebih hijau itu ga hanya berhenti di kita doang kok mba, org lain pun merasakan hal yg kayak gitu, jadi ya nikmatin hidup hihi

      Hapus
  21. Betul banget mba jalani hidup apadanya udah deh ga usah neko2 yaa, bisa capek juga loh kalo harus berpura2 dalam kehidupan nyata pasti batin merasa tertekan hidup pun ga tenang pikiran ambyar haha., Pastinya banyak2 bersyukur aja walaupun gagal juga harus bersyukur yaa mba karna kegagalan itu kan keberhasilan yang tertunda yang terpenting bagaimana prosesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya campaign Oredoo ini menurutku baik sih mba, ngajak kita buat nikmatin hidup tapi ga leha-leha juga gitu, tetap semangat buat berimprovisasi

      Hapus
  22. Saya kalau sedang di Makassar memang nyarinya indosat ooredoo ini karena merasa paling cocok dengan provider yang satu ini. Secara jaringannya lebih kencang dan lebih murah ketimbang yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mba, yg aku rasakan juga gitu waktu pake paket unlimitted nya

      Hapus
  23. Beneeeeerrr.... Hidup apa adanya bikin kita jadi berasa lebih mudah bersyukur ya Mbak.... Soalnya ya fokus, nggak bingung sama omongan orang lain.... Nice sharing Mbak Ndys....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Ella, noted banget kan yaa kalo kita itu jadi diri kita sendiri dengan hidup apa adanya

      Hapus
  24. Tapi kalau hidup apa adanya, rasanya flat aja gitu. Datar. Menunggu kejutan juga kadang nggak pernah terjadi jika tidak diusahakan. Jadi menurutku tetap harus berusaha, meskipun mimpi awal ga terkabul, kan bisa kejar mimpi yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba maksud disini hidup apa adanya itu ga membebankan diri buat jadi overrated atau overthinking gitu. Mimpi mah memang harus diusahakan banget

      Hapus
  25. Poin kedua sih aku suka mbak
    Hidup dengan pencitraan jadi bikin diri terpaksa melakukan hal hal supaya orang lain tertarik dg kita.
    Kalau jauh dari ekspektasi nanti jadinya down

    Huumhh, walau menjalani hidup dengan apa adanya tapi tetap berusaha semaksimal mungkin supaya ada sesuatu hal yang berbeda yg akan kita dapat tanpa meninggalkan identitas diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul apa adanya dalam artian positif, dengan tidak menjadi orang lain atau hidup atas standar orang lain yg bikin kita jadi banyak pencitraan

      Hapus
  26. Terimakasih Mbak atas Pencerahannya.
    Secara terori pada saya sendiri "Hidup apa adanya", sudah saya terapkan, tapi ada hal-hal yg terkadang di suasana tertentu nggak bisa menerapkan "Hidup apa adanya".

    Butuh Pencitraan yg terkadang membut kita lelah, tapi yo balik harus bisa tersenyum :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener kak, hidup itu apa adanya malah minim stress

      Hapus
  27. setuju banget mba kita memang harus selalu bersyukur dengan apa yang kita dapatkan dan kita miliki, jadi semua apa adanya saja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba jalani hidup apa adanya secara positif ya

      Hapus
  28. Bersyukur dari hal kecil ya mbak, mampu menjadi pribadi yang apa adanya dan melihat sesuatu dengan rasa syukur

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba bersyukur dimulai dari hal yg terkecil, menjadi tentram deh

      Hapus
  29. Hidup apa adanya, nggak maksain diri, nggak pansos, nggak pura-pura....memang lebih tenang dan menyenangkan. Bagi aku sih. Nggak tau bagi orang lain mah.

    BalasHapus
  30. hempaskan semua topeng yang menempel dalam kehidupan sehari hari. Jangan mau dipaksa menjadi orang lain. Kita harus bisa muncul dengan kekuatan diri kita sendiri. MAri muncul dengan nyata

    BalasHapus
  31. Dengan jalani hidup apa adanya, maka jadi membuka jalan pikiran kita juga untuk mensyukuri apa yang telah diberikan oleh Allah Swt.

    BalasHapus
  32. Iya, setuju. Hidup penuh pencitraan nanti bikin stress sendiri. Dan mudah terpuruk jika gagal. Makasih buat sharingnya.

    BalasHapus
  33. Jalani hidup apa adanya dengan selalu mengucap syukur dengan apapun yang diberikan Sang Pencipta walaupun terlihat secuil ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sama kak Arda, jangan lupa juga untuk bersyukur. Sebab syukur sebagai tanda bahwa kita menerima pemberian Allah swt dan menjalaninya dengan bahagia tanpa kepura-puraan

      Hapus
  34. menjadi diri sendiri adalah salah satu bentuk kemerdekaan yang haqiqi. selain mengandung arti kejujuran, menjadi diri sendiri juga bikin kita lebih percaya diri. ya iya lah... kita kan tampil sebagai diri kita sendiri bukan sebagai orang lain, atau di bawah bayang-bayang orang lain

    BalasHapus
  35. Betul tuh mba, apapun yang terjadi dan didapat patut kita syukuri. Dari hal kecil saja seperti layanan dari IM3 yang bikin puas pakainya sampai ke hal besar seperti terwujudnya wish list.

    BalasHapus
  36. Bener banget deh mbak,saat sekarang ini banyak yang tidak jalani hidup apa adanya. Padahal lebih banyak manfaat saat biaa jalani hidup apa adanya kan. Enggak perlu ribet mikirin apa yang dikatakan orang lain tentang kita.

    BalasHapus
  37. Hidup jalani apa adanya banyak manfaatny,, salah satunya jiwa menjadi tenang krna menjalani hidup sesuai kapasitas diri

    BalasHapus
  38. Membuka pintu rejeki lainnya.
    aku setuju sama ini, mbak. ini berhubungan sekali dengan kita nggak meng-kotak-kotakkan diri kita pada satu bidang.

    BalasHapus
  39. Saya juga pernah tuh, ngejalanin hidup dengan selalu serius, ternyata melelahkan juga hihihi
    Memang paling enak itu hidup apa adanya. Menikmati hidup aja ya...

    BalasHapus
  40. Aku kadang masih tidak bisa membedakan kapan harus menutupi kekurangan atau mana bersikap apa adanya, mungkin lebih ke self control kali ya kak. Tahun ini aku juga belajar hidup ada adanya saja, maksudnya adalah menikmati hidup dengan syukur dan menghidupi hidup. Ternyata lebih menyenangkan dan nggak berat, selama ini lari larian terus soalnya hihihi

    BalasHapus
  41. hidup apa adanya emang tidak mudah, tapi jika kita berusaha dan melakukannya dengan sepenuh hati yakin deh ya semua bisa dilalui dengan indah, daripada ingin jadi seperti orang lain tapi harus mengorbankan banyak hal, deehh repot banget dah ya. :)

    BalasHapus
  42. Kerasa banget sih manfaatnya emang kalau jalani hidup ga neko2 yah, apalagi kalau modal tipu2, asli capek bangeteteteeet. Seneng ya akhirnya pintu rezeki kebuka lebar juga dg jalani apa adanya mba.

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah berasa tenteram dan tenang kalau menjalani hidup dengan apa adanya. Nggak memaksakan diri dengan sesuatu yang belum kita punyai.

    BalasHapus
  44. Alhamdulillah sampai saat ini, aku sendiri tetap berusaha untuk selalu mensyukuri atas apa yang ada di hidupku. Mencoba untuk menjalani hidup dengan apa adanya. Aku teringat sama satu kata bijak "Gaya berbanding lurus dengan tekanan, jadi kalau hidup kamu banyak tekanan berarti kamu kebanyaka ngaya" hahaha, oleh karena itu cobalah hidup dengan apa adanya.

    BalasHapus
  45. Hidup apa adanya memang yang terbaik. Kita gak perlu memanipulasi diri sendiri dengan hal yang lain. IM3 Ooredoo memang terbaik, eh.. Iya.. sejak awal punya hape saya udah nempel pake IM3 :D

    BalasHapus
  46. "Hidup tidak selalu tentang berhasil dan gagal"
    Setuju banget aku dengan point ke 4 ini, terkadang kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda ya mbak. Kadang untuk mencapai suatu yang lebih baik, pengalaman pernah gagal sangat membantu sekali. Apalagi kalo kita usahanya tanya syarat alias ikhlas apapun hasilnya yang penting usaha dulu

    BalasHapus
  47. Wah, bener banget Mba. Hidup apa adanya itu uenaaak bangeeeettt. Enggak capek mesti pura-pura apalah gitu demi status... hehehehe. Pokoknya asal banyak syukur rezeki mah ada aja ya Mba.

    BalasHapus
  48. intinya idup tu jangan dibikin spaneng ya mba...
    hidup apa adanya dan sederhana itu ringan banget, nggak terkekang sama gengsi..
    gaji 80 juta per bulan, yang viral itu, nyatanya nggak bisa bikin hidup tenang...

    BalasHapus
  49. Suka banget ama IM3 Ooredoo yg masih setia dg kata apa adanya yaa Mbak Grandys. Di saat promo brand lain yg wah ternyata gak sama ama kenyataannya 😅

    BalasHapus
  50. Ahh absolutely agree !

    Bakalan capek jika hidup pencitraan mulu...
    Untuk menjadi apa adanya terkadang kita eh saya perlu menutup mata, bahkan agak menjauh dari lingkungan yang toxic dan menuntut apa yang diluar kemampuan saya. Pernah sih sekali kecebur, ngga sengaja gabung di komunitas mamak-mamak yang rada2 sosialita gitu aktivitas nya. Yang ada capek banget dituntut ngikutin lifestyle mereka. Pelan - pelan melepaskan diri dari komunitas2 seperti itu, dan happy to be my self

    BalasHapus
  51. Betul, hidup itu jangan dibuat susah. Apa adanya dan menerima semua kehendak Allah lebih menentramkan. Apa yang kita punya itu saja kita maksimalkan hingga keberkahan menghampiri.

    BalasHapus
  52. Hidup paling enak memang hidup yang apa adanya ya mbak, selalu menebar kebaikan, tidak pake kepura puraan dan ga melulu berpatokan berhasil dan gagal, tapi selalu menikmati setiap proses dan kejutan di tengah tengahnya

    BalasHapus
  53. Aku juga gitu mbak. Selow aja. Biasa aja biar kepala dingin dulu, sebelum ngelakuin kegiatan yang lain

    BalasHapus
  54. Setuju banget aku soal hidup apa adanya. Gak perlu repot2 dg pandangan org, selama kita di jalan yg benar, positif. Yaudah jalanin aja.

    BalasHapus
  55. Kujuga pakai M3 buat paket internet. Lebih murmer. Memang bener, sih, jalani hidup tanpa kepura-puraan lebih baik, jujur apa adanya dan bersyukur itu kunci utama. Hal lain yang enggak kalah penting, ya, jangan membandingkan hidupmu dengan yang lain

    BalasHapus
  56. setuju mbaa mensyukuri yang terjadi dalam diri kita. karena emang bukan buat dibandingin sama pencapaian orang lain. because every one of us has our own time line kan ya.

    BalasHapus
  57. Paling enak memang hidup sesuai keinginan kita dan jadi diri sendiri.
    Capek kalau ada bayang-bayang yang lain karena bikin kita menderita.

    BalasHapus
  58. Setuju banget, menjalani hidup apa adanya sambil mengukur kapasitas diri alias jangan maksain untuk berbuat sesuatu sampe bikin stress. Dijamin deh, bakal enggak nyaman banget. Suka deh sama tipsnya, hehe

    BalasHapus
  59. Setujuuuu kak, kita harus mensyukuri sedetail apapun yang terjadi dalam hidup. Karena kita nggak tahu, mungkin orang lain bahkan ingin seperti kita. Jalani hidup apa adanya memang lebih nikmat ya kak

    BalasHapus
  60. Setuju banget mbak untyk bisa menikmati hidup kita harus pintar bersyukur. Kitapun harus menyadari jika Hidup tidak selalu tentang berhasil dan gagal. Jika sekarang masih gagal masih ada hari esok tempat kita berusaha lagi

    BalasHapus
  61. Hidup apa adanya, jadi diri sendiri itu emang paling asyique kak. Nggak perlu ribet untuk pasang topeng di depan semua orang, ya kan. Dan ngerasa lebih bebas juga.

    BalasHapus