How It Ends, Film Netflix Menuai Banyak Komentar Pedas Netizen

review film how it ends
(source pict: thedigitalhash.com)

Halo semua warga pecinta Netflix dimasa rebahan saat ini, karena aku dan keluarga alhamdulillah mengikuti himbauan dari pemerintah untuk tetap dirumahaja jika tidak adahal ikhwal yang menghatuskan kita keluar rumah.

Sehingga apalagi yang dikerjakan untuk membuat konten dan selain aku juga udah setahun terakhir ini untuk memutuskan stay at home, bekerja dari rumah dan memang banyak sekali cerita tapi ya mencoba dinikmatin aja, karena sudah keputusan bersama. So pas dapetin film How It Ends lagi masa-masa kayak gini tuh, jadi belajar banget.

Ini Tentang Sebuah Perjalanan

Jadi How It Ends itu bener-bener deh menceritakan kisah sepasang kekasih (aku ga yakin sih mereka sudah menikah btw, karena yang cowok bilang ke cewenya itu "my girlfriends") yang berada di kota Seattle. 

Dikesempatan ketika Sam (Kat Graham), pacar dari Will (Theo James) sedang hamil sekitar 5 bulanan gitu, Will ingin bertemu dengan ayahnya Sam di Chicago yaitu Tom (Forest Whitaker) dan aku cukup ngefans kalo si bapak ini udah main dan bener aja, dia main disini tuh kece deh.

Ternyata ayahnya Sam ini panglima atau parajurit (dengan pangkat tinggi) dan merasa tidak cocok dengan Will. Karena emang sih, kalo disini tuh Will cenderung pria metropolis banget gitu, sedangkan dalam pikirannya Tom, apakah Will mampu menjaga anak perempuannya bukan dari segi harta aja. Padahal, waktu ketemu juga sempat disinggung soal financial juga, btw apartemen ayahnya Sam ini mewah lho.

Lalu semuanya menjadi berubah, menjadi sebuah perjalanan dari cerita ini adalah karena pada suatu pagi, ketika Will akan flight untuk mengunjungi Sam, karena rencana menceritakan bahwa hubungannya dengan Sam saat ini sedang mengandung buah cinta mereka kepada Tom gagal, mereka sama-sama keras dan menjadi frustasi gitu deh.

Saat akan prepare berangkat, Will ini melakukan video call dengan Sam. Lalu semua itu terjadi secara tiba-tiba aja, sabungan mereka seperti kehilangan sinyal dan terdengar dentuman dan suara-suara berisik yang tentu membuat Will begitu khawatirkan Sam dan juga jabang bayinya. Membuat ia bergegas menemui Tom untuk memberikan kabar ini, dan langsung saja, Tom mempersiapkan mobilnya untuk menjemput sang putri tercinta. 

Dengan Perjalanan, Semuanya Menjadi Saling Mengerti

review film how it ends
(source pict: netflix.com)

Diperjalanan, Tom dan Will menghadapi situasi yang sulit. Yang bikin agak tricky itu, karena disini tuh ga disebutin kalo di negara Seattle sana lagi ada sebuah bencana yang kayak gimana, jadi kita penonton tuh dibuat super penasaran plus difilm juga diperlihatkan banget betapa susahnya pemberitaan mengenai apa yang sebenarnya terjadi di Seattle itu.

Menggunakan mobil Tom, disini aku tuh merasa sangat sayang banget itu mobil keren dan bagus kena berbagai macam benturan dan aksi jalanan yang super sepi, secara ini lintas antar negara yang biasa ditempuh dengan pesawat terbang, kali ini dengan menggunakan mobil.

Dalam perlintasan tersebut, aslinya mobil Tom tidak dapat masuk dalam perbatasan untuk sampai ke antarnegara, namun lagi-lagi ayah dari Sam itu benar-benar seorang mantan angkatan, dan dia memberanikan diri untuk bilang bahwa rumahnya disana. Kharismanya membuat para penjaga mengizinkannya masuk dan diperjalanan juga mereka melewati rintangan yang sangat luar biasa, karena ada polusi gadungan, yang ternyata seorang narapidana menyamar menjadi seorang polisi.

Lagi-lagi Tom lah yang menjadi malaikat penyelamat mereka karena Will belum mahir dan gesit dalam menggunakan senjata (pistol). Jika perjalanan membahayakan itu pasti di tempat-tempat sepi, aku sama suami malah beranggapan film How It Ends itu bener-bener menceritakan perjalanan mereka doang.

Jadi lamanya kita melihat jalanan panjang, ditambah konflik-konflik yang berdatangan, hingga sampailah pada sebuah lokasi bengkel yang membawa seorang perempuan bernama Ricki (Grace Dove) untuk menjadi teknisi selama perjalanan mereka sampai ke Seattle karena miliki tujuan yang sama pula.

Ditengah cerita, ada ketidakjelasan, karena lagi-lagi banyak penipu berkeliaran untuk mencuri bensin dengan berpura-pura menjadi orang yang paling terdzolimi di muka bumi ini. Lalu Ricki tidak terima kalo ternyata dirinya membunuh penipu tersebut dan dia memutuskan untuk tidak ikut bersama Will dan Thomas, hilang gitu aja tanpa cerita apa dan gimana.

Ketika Tiba di Kota Seattle, Semakin Tidak Jelas Ending Ceritanya

Setelah alami berkali-kali kejadian dan membuat mobil mereka pun penyok itu, membuat tulang rusuk Tom patah, dan ia kesulitan untuk bernapas dan membuat di sebuah momen, Will akhirnya bercerita bahwa ia begitu mencintai putrinya dan akan menjaganya dengan sangat baik, karena saat ini sedang mengandung juga.

Dalam raut wajah Tom, ia merasa sangat bahagia dan itu menjadi kisah akhir Tom dan saat itu juga Will frustasi dan kebingungan karena mobilnya juga tidak bisa jalan, makanya membutuskan untuk membakar Tom didalam mobilnya itu.

Dengan segala rintangan itu akhrinya Will tiba juga di Seattle yang sudah menjadi kota mati dan langsung menuju apartmen Sam. Disana ada petunjuk dimana Sam berada, dan ditempat penampungan milik tetangga Sam ada konflik juga yang membuat mereka harus pergi dari situ.

Ini dia, akhir cerita dari How It Ends yang membingungkan, pasalnya, saat mereka melarikan diri dari kota Seattle, awan dan juga badai sedang mengejar mereka dan makin membuat mobil mereka itu seolah-olah akan ikut tertelan badai kabut itu. 

Dan langsung berakhir dong filmnya. Padahal ekspetasi aku sama film ini udah oke karena di awal-awal menarik ceritanya tapi mulai aneh dan tricky dibeberapa bagian sih. Dan memang kabarnya film ini dibanjiri oleh kritikan pedas dan juga ada yang menyebutnya film kiamat termurah. Kalo kalian pensaran, gapapa deh nonton film ini untuk menghibur keadaan selama dirumahaja ini, yang udah nonton boleh komen dan berbagi cerita. .

36 komentar

  1. Aku juga penasaran pengen nonton film-film di Netflix, tapi ketika pertama kali buka aplikasi harus masukin data kartu kredit. Apa gak ada metode pembayaran lain ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayu cuss nonton Netflix, bisa patungan mbaa. Iyap betul, aku pake Jenius sih mba sejauh ini

      Hapus
  2. wah jadi pingin nonton penasaran

    BalasHapus
  3. Kalau baca review ini aku nangkepnya ini film agak nanggung gitu ya endingnya
    Wah bikin penasaran dong ya. Apa memang dia sengaja bikin penonton ambil kesimpulan sendiri ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kentang banget mbaa ini film how it ends nya wkwk

      Hapus
  4. Diantara rumah produksi, netflix paling sering ngeupdate film atau series baru. aku memang belum nonton film ini, tapi sekali aku tahu ini produksi netflix aku langsung klik. Sebab menurut aku pribadi skenario netflix itu kayak indie, di luar umum dan fresh! - Emang ada yang enggak aku suka, sih. Namanya selera iya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mas setuju banget. Berbicara soal selera, kemarin cukup kaget juga ada yg tidak suka sama serialnya Money Heist hehe

      Hapus
  5. netflix aku cuma nonton drakornya mbak :) aku kurang suka film barat hahaha ga tau kenapa kayaknya kurang sreg gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. melihat mba Winda, emang suka Kdrama banget yak hihi

      Hapus
  6. Sebelum ada pandemi kalau aku emang demennya nonton Netflix dan sekarang jadi lebih sering lagi, kadang suka bingung "nonton apalagi ya sekarang?" How It Ends ini baru nonton depannya itupun sebentar karena aku kurang suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku justru nikmatin pas depannya film how it ends ini kak chi, pas akhir doang, kok begini kwkkwk

      Hapus
  7. Jadi ini tuh cerita tentang kiamat ya? Duh banyak banget film di Netflix yang endingnya hah? Apa banget? Haha. Harus pintar-pintar milih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus sih teh, cuma akhirnya aja yg kentang buat How it ends ini, malah efek tegang dan penasarannya dapet

      Hapus
  8. Aku gak langganan netflix, jadi nyimak aja dari ceritanya mba. Pun juga jarang banget nonton film Barat kyk gini hehe

    BalasHapus
  9. Waaah kritikannya pedes juga ya, film kiamat termurah. Aku jarang nonton film barat di netflix deh hahahaha. Ketauan Kdrama lovers wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya kak Desy, skrg aku juga Kdrama lovers, lagi blm selesai-selesai Reply 1988 nih

      Hapus
  10. Aku belum pernah nonton yang ini mbaa.. di Netflix banyaaak banget pilihannya soalnya hehehe. Kalau alur ngg jelas memang bikin bingung hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. alur akhirnya doang sih mba Indah di How it ends ini yg bikin kentang wkwk

      Hapus
  11. aku baru denger ini film wkwkwk mungkin budgetnya ga nutut ya beb sayang endingnya gaje

    BalasHapus
    Balasan
    1. how it ends ini memang dibuat kayak gini sih, biar jadi perbincangan wkwk

      Hapus
  12. Aku belum nonton ini Mba, jadi penasaran juga terakhir yang kutonton film barat itu yang misteri rumah tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuss nonton how it ends ini mba Nyiii. Oh, the haunting hill house yak?

      Hapus
  13. Walah banjir kritikan gtu ya?
    Wkwkwk abisnya endingnya kalau dr ceritamu keknya geje ya haha. Mungkin pemirsa tu lg butuh hiburan makaya maunya film yg bener bisa dinikmati dr awal sampai akhir yg gk bikin mikir dulu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa kanal bilang memang How it ends ini banjir kritikan wkwk, aku sih nikmatin banget sensasi tegangnya. eh pas mau ending, kok kentang

      Hapus
  14. wah makasi kakak udah review film ini, seru nih kayaknya ya jalan ceritanya bikin penasaran mau nonton juga ah di netflix

    BalasHapus
  15. Wah padahal ceritanya diawal udah menarik banget ya mba tapi sayangnya diending malah jadi gitu ya jalan ceritanya, thanks sudah direview filmnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa Hiw it ends ini tuh jadi serba tanggung huhu

      Hapus
  16. kenapa endingnya kaya gitu sih ya, macam sinteron yang pemeran utamanya bermasalah terus2 tiba2 kisahnya meninggal kecelakaan dll...

    BalasHapus
    Balasan
    1. How it ends ini tuh malah lebih berasa kalo harusnya ga berakhir gitu lho teh, atau setidaknya ada penjelasan gambar atau video apaa gitu. Jadi kan kayak digantung :(

      Hapus
  17. Unik juga yaa...cara sutradaranya mengakhiri jalan cerita yang ia bangun.
    Justru ending yang serba nanggung inilah yang dicari.
    Open ending?

    BalasHapus
  18. Emang kalo film endingnya.kebaca dan agak aneh gitu ya akan menuai kritikan dari netijen ya mba

    BalasHapus
  19. Suka sebel kalau nonton film yang endingnya nggak jelas atau plot twist abis. Tapi semua kembali ke selera sih yaa. Makanya aku sebelum nonton suka cari2 spoiler dulu biar nanti nontonnya nggak kecewa. Hehehe.

    BalasHapus
  20. Aku dari awal kurang paham sama ceritanya, ekspektasi endingnya membantuu. Tapi ternyata endingnya nanggung banget ya kak huff

    BalasHapus