Tips Merawat Wajah Dengan Baik dan Benar



(Halo! Rasanya kangen travelling ya. Aku kasih Tips Merawat Wajah Dengan Baik dan Benar. Dokpri)


Pengalaman memiliki aktivitas yang cukup banyak di outdoor, tentu aku harus memperhatikan kesehatan kulitku juga. Adakalanya rasa malas begitu besar menyelimuti dan kembali lagi, kalo merawat wajah itu gabisa instan dan harus membutuhkan waktu.

Siapa yang sabar, dia akan menuai hasilnya. Begitu juga dengan kulit. Dari dulu aku paling gamau sih untuk asal-asalan dalam merawat kulitku ini, karena kebetulan kulitku jenisnya berminyak dan juga sensitif. Sehingga tidak hanya rajin membersihkan, memberi hak-hak yang dibutuhkan oleh kulit, tentu aku harus merawatnya dengan benar.

Pengalaman Pribadi Merawat Wajah

Pernah mengalami kondisi yang begitu parah saat masa pubertas yaitu jerawat yang begitu memenuhi area wajah. Otomatis, mempengaruhi juga dalam kehidupan sosialisasi aku saat itu. Namun, betapa baiknya mamahku yang peka terhadap kondisi anaknya untuk jangan sembarangan merawat wajah.

Sehingga, di kondisi serba terbatas, mamahku tetap mengusahakan aku mendapatkan perawatan dari dokter yang ahli dalam dunia kesehatan kulit, karena aku cukup mengalami keadaaan dimana jerawatku tidak cukup dirawat dengan proses cleansing saja waktu itu.

Nah berikut aku mau ngasih tips merawat wajah dengan baik dan benar yaitu:

  • Selalu membersihkan wajah dengan double cleansing
  • Gunakan sun protector untuk lindungi kulit wajah dari jahatnya sinar UVA dan UVB
  • Pakai moisturizer yang cocok dengan jenis kulit teman-teman
  • Rutin mengaplikasikan masker untuk menjaga kestabilan kulit teman-teman dan menjadi calming
  • Selain gunakan sun protector, teman-teman bisa antisipasi ketika terpapar oleh sinar matahari langsung, bisa pakai topi lebar, kacamata ya
Selain itu, hal-hal diatas tidak cukup untuk merawat wajah dengan baik dan benar. Di zaman yang sudah canggih sekarang ini kehadiran dari dokter kecantikan itu menjadi kunci dari merawat wajah dengan baik dan benar.

Kesempatan Tanya Jawab Dokter Kecantikan Mengenai Tips Merawat Wajah Dengan Baik dan Benar


Tadi pengalamanku untuk bisa bertemu dengan dokter kulit itu disaat kondisi kulitku mengalami permasalahan. Nah, setelah lepas dari permasalahan tersebut, ada keinginan untuk mempercantik keadaan kulit, yaitu bisa bebas dari jerawat namun ada hal-hal yang ingin diperbaiki, misalnya adanya garis-garis halu yang mulai nampak, maka dokter kecantikanlah yang berperan dalam hal ini.

Dokter kecantikan merupakan jasa dokter yang banyak dicari oleh pasiennya. Dokter jenis ini mempunyai tugas untuk dapat meningkatkan penampilan seseorang dengan menggunakan prosedur medis yang aman. Dokter kecantikan bisa untuk menggunakan prosedur kosmetik minimal dan juga non invasif dan mempunyai manfaat untuk dapat mencegah, mengurangi, menghilangkan tanda penuaan, dan juga membuat kulit wajah pasiennya menjadi seperti yang diinginkan. 

Kita harus pastikan kita bersama dengan dokter kecantikan yang miliki kredibilitas yang terpercaya dan juga profesional, karena dalam menghilangkan kerutan di wajah saja, bukan perkara simple jika tidak dilakukan oleh dokter kecantikan yang tidak profesional. Sehingga, untuk dapatkan wajah sesuai harapan, dokter akan melakukan perawatan yang cocok dengan kondisi kulit kita.

Selain itu Anda juga tanya jawab dokter kecantikan terlebih dahulu untuk memilih jenis perawatan yang cocok dari berbagai perawatan wajah yang disediakan seperti berikut ini:

1. Chemical peeling

Pernah melakukan chemical peeling namun benar-benar dalam pengawasan dokter kecantikan, hal ini karena chemical peeling menggunakan bahan kimia yang bisa membantu proses pengelupasan lapisan dari sel-sel kulit mati wajah kita. 

tips merawat wajah dengan baik dan benar
(Source Pict: hellosehat.com)

Manfaat lainnya dapat membuat kondisi kulit wajah kita menjadi lebih cerah, muda dan juga halus. Chemical peeling ini aku lakukan saat jerawatku membaik dan tinggal menghilangkan bekas jerawatnya. Juga bisa menjadi pilihan untuk bekas luka, dan kerutan yang ada di kulit wajah.



2. Dermabrasi

Perawatan wajah selanjutnya yang bisa didapatkan adalah dermabrasi. Perawatan ini mempunyai manfaat untuk mengangkat sel kulit mati seperti pada chemical peeling, akan tetapi mempunyai prosedur yang berbeda.

tips merawat wajah dengan baik dan benar
(Dokpri)


Manfaat dari melakukan perawatan dermabrasi adalah dapat untuk menghilangkan bekas jerawat, berkas luka, dan juga kerutan yang ada di wajah. Dimana untuk prosedur perawatan dermabrasi adalah dapat menggunakan alat khusus yang bermanfaat untuk mengikis permukaan kulit dengan sebelumnya pasien diberikan anestesi atau obat penenang terlebih dahulu.

3. Botox

Perawatan wajah yang paling terkenal dan sering dicari oleh wanita adalah suntik botox yang mempunyai manfaat utama dapat untuk mengencangkan kulit wajah. Biasanya perawatan ini dapat dilakukan untuk dapat membuat kulit tetap kencang sehingga membuat tampilan tetap awet muda. 

tips merawat wajah dengan baik dan benar
(source pict: hellosehat.com)

Oleh karena itulah tidak heran apabila biasanya perawatan ini dilakukan oleh wanita yang sudah tidak muda lagi. Perawatan botox ini menggunakan cairan botulinum toxin yang kemudian di suntikan ke bagian tubuh yang diinginkan. Botox mempunyai manfaat dapat untuk mengurangi pergerakan otot sehingga agar dapat mengurangi kerutan di bagian wajah yang diinginkan.

4. Filler

Perawatan wajah selanjutnya yang bisa untuk dipilih adalah filler. Suntik filler ini juga merupakan perawatan yang banyak dipilih dan populer di kalangan masyarakat. Prosedur dari suntik filler sendiri adalah dengan menyuntikan cairan gel pada kulit yang berkerut. 

tips merawat wajah dengan baik dan benar
(source pict: hellosehat.com)

Cairan tersebut akan masuk hingga lapisan bawah kulit dan membuat permukaan kulit menjadi naik. Hal tersebut yang membuat kulit akan terlihat lebih halus. Adapun untuk manfaat dari filler ini bisa bertahan dari 4 bulan hingga 1 tahun.

5. Laser Resurfacing

Perawatan wajah lainnya yang bisa dipilih adalah menggunakan laser resurfacing. Perawatan ini menggunakan laser yang bertujuan untuk menghilangkan bekas luka, bekas jerawat, dan juga mengencangkan kulit. 

tips merawat wajah dengan baik dan benar
(source pict: allure.com)


Sebelum memilih prosedur kecantikan laser resurfacing ataupun perawatan wajah yang telah disebutkan di atas, akan ada baiknya apabila And tanya jawab dokter kecantikan terlebih dahulu. Pilihlah dokter yang netral seperti dokter di aplikasi Halodoc untuk mengetahui resiko perawatan yang dilakukan.

Gimana teman-teman, adakah yang sudah mencoba salah satu dari rangkaian untuk merawat wajah dengan baik dan benar diatas? Kalo aku sih baru coba yang chemical peeling sama microdemabrasi sih tepatnya. Jangan lupa kalo tanya-tanya soal permasalahan kulit, tanyakan pada ahlinya ya!



23 komentar

  1. Duh,kulit wajahku ada spot hitamnya Mbak, meski dilaser ya? Kok ngeri bacanya.. kalau pakai yg alami ada enggak ya Mbak?

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah sama sekali ke dokter kecantikan. Kalau ke klinik kecantikan cuma satu kali aja. Seringnya aku malah ke dokter penyakit dalam.

    BalasHapus
  3. Duh ternyta banyak macamnya ya tuk perawatan kulit wajah, yg penting cari yg aman mbak suka ngeri liat di berita ada yg baru pakai suatu produk tiba-tiba mukanya malah gosong atau merah merona seperti habis ke bakar, apa itu produk perawatan kulit yg mengandung merkuri, pernah liat juga di pasar Bu Ibu mukanya merah sekali kok malah nggak bagus ya, kelihatan nggak natural

    Untung saya laki jadi cuma pake sabun batang aja beres Wkwkwkw

    BalasHapus
  4. Saya belum pernah ke dokter kecantikan sama sekali. Jadi perawatan untuk kulit harus benar-benar dilakukan secara profesional. Dan pasti biayanya mahal ya.

    BalasHapus
  5. Jujur belum pernah ke salon kecantikan khusus perawatan wajah dan ke dokter kecantikan. Saya enggak suka jarum suntik. Bayangin saja sudah takut duluan, saya mau nanya disuntik gitu sakit enggak, sih? Apalagi ada quotes yang mengatakan beauty is pain. Langsung teriak saya, "Oh, no...."

    BalasHapus
  6. Yang 3 dan 4 itu seraaamm hahaha, etapi sebenarnya saya perlu banget nih, setidaknya perawatan 1 atau 2.
    Secara umur sudah nggak bisa bohong, meski jujur, seumur-umuran saya belum pernah perawatan kecantikan di salon hehehee.
    Paling banter ya potong rambut, itupun sudah 6-7 tahun lalu, ckckckckc.
    Kayaknya memang saya butuh banget nih me time di salon buat perawatan wajah :)

    BalasHapus
  7. wah maunya juga pengin perawatan seperti di atas. apalah daya pasti biaya perawatannya tidak murah ya, mbak.

    BalasHapus
  8. Kalau saya belum pernah pakai filler, botox, bukan karena nggak mau wajah kinclong tapi takut. Sejauh ini cuma rajin facial,pakai skincare routine yang beneran cocok.

    BalasHapus
  9. Wow ternyata bnyk ya mba cara perawatan kulit. Kalau aku sih perawatannya biasa aja. Tapi makasih bnyk ya infonya bermanfaat.

    BalasHapus
  10. Selama ini aku merawat kulit di rumah kak. Hampir ga pernah ke klinik. Kadang penasaran gitu sama treatment-nya ahahaaa..

    BalasHapus
  11. Saya belum pernah mencoba satu pun cara di atas. Kalaupun ke salon, paling buat perawatan biasa aja, seperti facial atau luluran dan belum berani mencoba yang lebih dari itu.

    BalasHapus
  12. Aku pun kangen traveling, Mbak Grandys. Hihi ... perawatan wajah yang pertama adalah kenali jenis kulit karena beda jenis kulit, beda juga perawatannya. Saya belum selengkap itu merawat kulitnya. Paling yang simpel aja selama ini.

    BalasHapus
  13. Dulu aku rajin banget chemical peeling ke dokter, sekarang mah mana sempat, jadi andalanku ya chemical exfo aja. Btw sebenarnya kalau rajin basic skincare-nya aja udah lumayan aman sih. Kuncinya kan emang rajin dan konsisten itu, heheh

    BalasHapus
  14. Belum pernah ke dokter kecantikan. Paling ke klinik kecantikan. Itu pun jarang banget. Tapi memang beda kok yang perawatan dan tidak.. hehehe

    BalasHapus
  15. Astagha kemana jiwa perempuanku, hahaha.. jarang perawatan, belum pernah coba salah satu dari treatment di atas... paling pol bersihin wajah, atau skinkeran dengan produk terbatas...

    BalasHapus
  16. Nice tips nih Mbak Grandys, jd semakin care deh ama kuli wajah nih,, scr selama #dirumahsaja kok malah muncul jerawat satu nih di muka saya hihi....pas kerja malah ga ada haha

    BalasHapus
  17. double cleansing dan sheetmask itu harus tiap hari terutama mau tidur. Chemical peeling, laser, dan glass skin treatment itu yg terbaik hehehe

    BalasHapus
  18. dari kelima perawatan yang mbak sebutin, saya belum pernah semua dong, wwwkkwk

    selama ini, masih pake jalur alamiii aja, tapi bikin tertarik tuh perawatan yang mbak sebutin ini

    BalasHapus
  19. Aku paling cobain chemical peeling aja sih mbak. Lainnya nggak berani dan nggak ada duitnya. Wkwkwk..
    Melas yah. Tapi oenasaran juga sih gimana rasanya. Ini udah lama banget nggak perawatan. Wajah udah nggak karu-karuan banget. Huhuhu

    BalasHapus
  20. Wah jadi tahu macam-macam perawatan. Saya tahunnya bedak dan liptik aja tok kemana2. Cantik itu butuh pengorbanan ternyata☺️

    BalasHapus
  21. Belum pernah ke dokter kecantikan ataupun mencoba perawatan wajah itu. Palingan yang simple aja dan pakai sun protector.

    BalasHapus
  22. Dermabrasi itu baru kudengar, dan belum pernah sih melakukannya apalagi ke dokter kecantikan

    BalasHapus
  23. Mukaku pernah dilaser tuh mbak untuk hilangin tahi lalat dan komedo yang sudah lama bersarang. Ke dokter kecantikan tuh hanya untuk itu doang sih.

    BalasHapus