Mengenai Masker di Masa Covid-19, Ada Yang Unik dan Out Of the Box!

masker out of the box di masa covid-19
(Pakai masker di masa Covid-19. Dokpri)


Penggunaan masker di masa Covid-19 ini bukan lagi menjadi sebuah perdebatan, pakai dan tidak pakai masker, seperti team bubur diaduk atau tanpa diaduk (plis kalo guw adalah team diaduk! hehe). Nah untuk saat ini memasuki bulan kedua dalam masa Covid-19 dan kita bersama-sama harus melawan virus Corona ini dengan menggunakan masker selalu apalagi saat berada di luar rumah dan berkegiatan.

Alasan kamu harus pakai masker selama pandemi Coivd-19

Jika awal-awal penerapan pemakaian masker tidak begitu ketat, artinya kalo hemat aku pribadi adalah pemerintah ingin mengalokasikan dana untuk masker medis yang peruntukkannya untuk para tenaga medis yang merupakan garda terdepan dalam penanganan dan mengobati bagi pasien-pasiennya.

Lalu penelitian dari beberapa ilmuwan akan virus Covid-19 ini terus berlanjut karena memang ingin adanya pencegahan dan penanganan virus Covid-19 ini secara efektif dan juga efisien. Berbarengan dengan hal itu, memang timbul pola dari infeksi Covid-19 ini dari yang tidak memiliki gejala, sehingga tindakan preventif beruapa pemakaian masker ini harus banget dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat.


Selain itu kalo ada yang beralasan pakai masker itu bikin pengap dan jadi susah napas, ya emang iya, tapi kan demi mencegah penularan virus Covid-19 yang mana penularannya itu dari droplets-droplets, seperti saat kita bersin, nguap, bahkan saat kita bernapas lho. 

Dan jangan dianggap remeh kalo yang merasa sehat-sehat dan malah tidak memakai masker atau alasan "cuma deket kesitu doang aja lah" karena sekali lagi Covid-19 ini tidak bisa terlihat dengan mata telanjang, bukan seperti zombie yang jelas-jelas penularannya bisa dilihat dengan jelas dan menghindarinya dari gigitan yang bisa langsung terinfeksi kita.

Atau ada yang memakai masker dengan sekedar pakai, tidak menutup hidungnya jadi yang ditutup mulutnya aja. Plis, penyebaran tadi udah dijelaskan kan yah, jadi sebisa mungkin putus rantai penyebaran virus Covid-19 ini dengan gaperlu banyak alasan, ya udah pakai masker aja saat di luar rumah, dan jaga jarak serta physical distancing. 

Yuk kita ketahui jenis-jenis masker yang hype di masa Covid-19 ini!

Anjuran untuk mengenakan masker ini oleh pemerintah sudah ditanggapi secara tegas dan beberapa wilayah sudah menerapkan untuk harus menggunakan masker, walaupun ia di dalam mobil dan jika terlihat tidak menggunakan, akan diberhentikan dan ditanya dimana maskernya dan kenapa tidak dipakai.

Sudah se-concern itu pemerintah, nah sudah saatnya kita disiplin, biar angka Covid-19 ini segera turun sehingga tidak ada yang terinfeksi lagi dan bisa benar-benar bebas dan tinggal masa pemulihannya. Untuk masker itu sendiri, memang banyak ya jenisnya, namun disini aku mau share beberapa masker yang hype di masa Covid-19 ini.

1. Masker Medis dan Masker N95



Masker yang semua orang tau dan aku kesal dengan sangat dibutuhkannya masker medis ini untuk para tenaga medis, namun kehadirannya begitu langka hingga harganya yang melambung sangat tinggi dan tidak manusiawi, bahkan sebelas dua belas dengan satu gram antam lho!

Sedangkan untuk masker N95 ini aku sudah berpengalaman menggunakannya saat aku berada di pabrik dulu, tempat dimana aku bekerja hehe. Memang penggunaan masker ini cukup efektif untuk menghalau partikel-partikel dari virus untuk masuk dan posisinya yang tidak to fit ini jauh dari ketempelannya air liur kita.




Ini dia! Ditengah kesulitan sekarang ini banyak bermunculan kreativitas anak-anak bangsa dalam bidang fashion. Yang mana masker disediakan bersamaan dengan hijab, dan memang sepintas mirip dengan cadar. Tentu ketebalan dari masker hijab ini diperhitungkan ya guys oleh para produsen dan tentu ada ketentuan dari Kemenkes jug mengenai masker-masker ini yaitu setiap pemakaian selama 4 jam, wajib dicuci ya!


3. Masker Pengantin





Sebuah kiriman dibagikan oleh Gerry yo (@gerryyoheadpiece) pada


Ini sih aku suka banget! Jujur setiap ada kesulitan, Allah selalu membukakan jalan untuk setiap hambanya mendapatkan peluang. Sama seperti ditengah pandemi Covid-19 ini, para capeng (calon pengantin) memang sangat-sangat stress sih pastinya.

Acara yang sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari, bahkan semua wanita kan ya, miliki wedding dream masing-masing lalu datang pandemi Covid-19 ini pastinya akan kepikiran dan semua campur aduk menjadi satu. Ada yang tetap melangsungkan pernikahan dengan akadnya dulu, dan dihadiri dengan tidak boleh lebih dari 10 orang misalnya.

Dan pengantin beserta keluarga juga beserta saksi dan penghulu wajib mengenakan masker, pakai sarung tangan dan sedia handsanitizer juga. Sehingga, tetap ingin membuat wedding dream di tengah pandemi Covid-19 ini, hadirlah sesuatu masker yang out of the box yaitu masker pengantin! Cantik banget macam-macam dan juga design nya ini, sehingga mereka bisa tampil paripurna walaupun tidak bisa dihadiri oleh banyak orang.

4. Maskit (Reusable Masker)

Anak bangsa yang membanggakan! Hasil penelitian dari anak-anak Teknik Kimia UI ini menghasilkan inovasi masker kain yang reusable dan dilengkapi dengan filter juga, sehingga pastinya aman.

Aku juga belum sempat nih oreder maskit ini, karena jujur ya aku di rumah aja terus. Soon, karena suami aku bolak-balik seminggu sekali on office, makanya ingin memastikan dia terus stay safe dengan kondisi pandemi Covid-19 ini dengan adanya filter yang memang lebih membuat kita safe ya dari sekedar masker kain.

5. Masker Kain 

Yang terakhir ini adalah opsi dimana juga banyak konveksi-konveksi yang beralih untuk memproduksi masker kain, untuk melakukan donasi kepada para ojol-ojol yang tentu masih berakitvitas di tengah pandemi Covid-19 ini.

Kabarnya konveksi dari beberapa perancang dan beberapa artis sengaja menyempatkan waktu utnuk belajar menjahit dengan jahitan protable gitu, membuat masker kain sendiri. Ini sudah dibuktikan dari bunda Maya Estianti, waktu itu membuat masker kain dengan tulisan "ME" dan cukup viral juga di sosmed. Begitu juga dengan Dita Farhana (Malam-Malam Net) yang memiliki kegiatan untuk membuat masker kain dan menyumbangkan masker tersebut kepada yang membutuhkan.

Dan ingat ya manteman, kalo masker kain ini wajib diperhatikan dalam hal pemakaian dan juga kapan harus dicuci dan tidak dipakai sebelum masker kain selesai dicuci ya, plus kita harus disiplin nih. Teman-temanku, adakah yang miliki pengalaman mengenai masker-masker unik dan pengetahuan mengenai masker ini ditengah pandemi Covid-19 ini? Share di kolom komentar ya!

1 komentar

  1. Salam kenal dari surabaya. Kalau saya skrng pakai masker kain buatan teman sendiri. Selain membantu beliau dalam hal ekonomi, kainnya juga nyaman dan tidak susah bernafas. hehehe

    BalasHapus