Kwikku: Peluang Para Penulis Untuk Semakin Berkarya Dari Rumah

kwikku adakan kompetisi novel webtoon hadiah total 500 juta rupiah
(Kwikku sebagai plastform bacaan dan menelurkan karya penulis generasi millenial. Dokpri)

Kiwkku.com - Memiliki mimpi sebagai penulis, sudah aku cita-citakan sedari dulu. Masa-masa kecil aku habiskan dengan melahap berbagai macam buku cerita sampai-sampai di masa susahnya ekonomi orang tuaku saat itu, tidak melepas literasi aku berhenti.

Mendapati literasi baca rendah dan beredarnya bacaan ilegal

Mamah papahku mengusahakan untuk membeli buku-buku cerita bekas yang memang dulu tersedia dan aku juga menabung sendiri untuk membeli novel favorit. Masa-masa kecintaan sama buku itu terus ada hingga aku dewasa namun akhir-akhir ini aku merasa sedih banyak penulis beserta penerbit yang rasanya seperti kurang diapresiasi oleh masyarakat.

Apakah penyebabnya? Adalah beredarnya buku-buku cetakan secara ilegal yang diperjualbelikan secara bebas. Artinya dijual dengan harga murah, berbeda dengan harga aslinya karena hasil fotokopian (ini pengalaman waktu di Bandung, kalian yang di Bandung pasti tau deh). Dan untuk era digital saat ini, tidak melepas kemungkinan minat baca mulai bergeser, bukan lagi pada bacaan berupa buku di kertas gitu aja, tapi memanfaatkan beberapa platform online bacaan.

Sedangkan di era digital ini, mungkin masih ada ya bacaan ilegal seperti itu, namun bergeser kepada e-book atau PDF yang sifatnya ilegal, sehingga bisa bebas di share-share tanpa peduli hak cipta yang ada juga betapa tidak mengapresiasinya kita ke penulis buku tersebut. Tetap saja, menulis bukan hanya mengandalkan imajinasi dan otak juga, ada kerja fisik yaitu tangan dan jari-jemari kita menari-nari di atas tuts keyboard sehingga menghasilkan beratus lembar buku ataupun novel.

Alhamdulillah banyak yang sudah menyewa buku secara legal atau para penulis tidak menjadi terbatas untuk menerbitkan karyanya bisa dimulai dari menulis di sebuah platform yang kita sama-sama tau, namun saat ini sudah hadir platform yang menemukan para penulis, para pembaca dan juga para pembuat Webtoon disatu aplikasi yang kece banget dan jadi idamana para generasi millenial atau gen Z ini.

Kehadiran Kwikku sebagai platform bacaan online dan peluang penulis menelurkan karya


Kwikku sendiri merupakan sebuah platform media sosial yang diinisiasi pada 26 September 2013 oleh para mahasiswa di Malang. Yang diawal kemunculannya ini untuk menciptakan aplikasi digital yang bisa bersaing dengan aplikasi digital (literasi) dan bangga dari karya anak bangsa ini.

Kece banget konsepnya! Dan saat ini jujur aja aku kesulitan membagi waktu untuk bisa bercengkrama lama-lama dengan sebuah buku, yang berujung dari bulan ke bulan tidak tuntas membacanya dan sudah selingkuh dengan buku judul lain, karena buku sebelumnya terlalu lampau jedanya sehingga kehadiran Kwikku ini jadi angin segar sendiri buat aku dan sekaligus mau belajar untuk menelurkan karya, karena pembaca buku seperti aku ini jujur aja ingin banget punya karya buku solo yang terbit.

Lalu pas banget selama kita dirumahaja sesuai anjuran dari pemerintah, pasti biar ga bosan kita cari-cari bacaan seru dan hanya dengan Kwikku ini, kalian bisa langsung ke webiste resminya atau baca di playstore dengan men-download secara gratis. Dan teman-teman bisa menikmati berbagai macam pilihan novel secara gratis untuk beberapa buku tertentu dengan keterangan "section pay for no delay dan premium" ini yang bisa dibayar dengan transaksi secara digital menggunakan GoPay, Dana, Ovo dan juga LinkAja!

Ada apa aja sih di Kwikku? Baik, saat ini Kwikku hadir dalam 4 fitur diantaranya:

1. KNOW (Kwikku Now)

Yang merupakan fitur disediakan untuk pemberian informasi yang sedang hype saat ini namun tentu sudah melewati kurasi, sehingga hal-hal atau informasi yang diberikan oleh Know ini akan valid dan terhindar dari hoax atau berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.

2. Novel

Di Kwikku, ada sebuah daya tarik luar biasa (buat aku sendiri nih hehe) adalah ada banyaknya novel yang bisa kita nikmatin tadi secara gratis dan tentu ada yang keterangan premium (berbayar) sehingga kita menghargai karya para penulis ini yang juga sudah diterbitkan oleh para penerbit kece seperti diantaranya Falcon Publishing, Mizan, Noura dan juga Bentang Pustaka.

Untuk para penulis yang bisa mempublikasikan karyanya di Kwikku, caranya mudah banget, buat penulis pemula, terbitkan karyanya langsung di Kwikku lalu akan dilakukan kurasi dan juga edit oleh tim editor Kwikku. Sehingga sudah pasti bacaan yang ada di Kwikku ini sudah pastinya berkualitas. Dan secara langsung sebagai media belajar para penulis yang berada di rentang usia 13 tahun dan 35 tahun (maksimal) karena menyasar ke generasi millenial.

3. Webtoon

Yang membuat Kwikku ini hadir berbeda adalah hadirnya Webtoon dan para pecinta Webtoon akan bisa menikmati suguhan komik digital baik dari dalam maupun luar negeri tentu dengan cara yang sangat legal dan berselancar untuk baca Webtoon makin asyik ya!

Aku juga mulai suka Webtoon ini kalo dibaca diwaktu malam hihi. Dan nanti tujuan Kwikku disini juga bisa saling cross user, artinya adanya user experience dari interest ke novel ini bisa jadi mulai mengikuti Webtoon, karena dihadirkan dalam satu platform, tinggal pilih kategorinya aja. Contohnya kayak aku deh, aku memang interest ke novel tapi sejak hadirnya Webtoon, kan kita jadi kepo trus keterusan baca deh.

4. Sosial Media 

Kwikku juga menghadirkan platform sosial media ini untuk saling mempertemukan user Kwikku ini untuk saling berinteraksi, membagikan pengalaman dan juga memungkinkan untuk saling sharing rekomendasi novel yang must to read dan juga berkomunikasi. Jadi lengkap banget untuk para generasi millenial untuk menggunakan Kwikku ini.

Kompetisi menulis Novel dan Webtoon di Kwikku

Tepat di hari Kamis tanggal 23 April 2020 Kwikku hadir kepada para pembaca dan penikmat Webtoon yang juga menjadi peluang bagi para penulis, baik yang masih penulis baru dan baru ingin menerbitkan karyanya di Kwikku untuk semakin produktif dan bisa berkarya dari rumah selama masa pandemi Covid-19 ini.

Dalam kompetisi menulis novel dan membuat webtoon di Kwikku ini yang paling seru adalah pemberian total hadiah yang ga tanggung-tanggung, alias total 500 juta rupiah lho! Kalo di salah satu sosial media sedang hype "apa yang kamu lakukan dengan gaji 80 juta perbulan" hal ini bisa teman-teman penulis buktikan dengan memenangkan kompetisi di Kwikku ini.


Berksempatan juga ngobrol sama para juri-juri untuk kompetisi menulis novel dan webtoon di Kwikku ini bersama Dee Lestari, A Fuadi, Lulu HF dalam kategori kompetisi novel ini sudah memicu banget buat para peserta hadirkan karya-karya terbaiknya.

Mba Lulu HF juga mengatakan mengenai kriteria dari pemenang kompetisi novel dari Kwikku ini adalah,
Apresiasi bagi para pendiri itu berasal dari local, selama ini hadirnya dari luar. Untuk penulis pemula ini bisa. Akan menilai dari karakter tulisan, ketika membaca karakter penulis itu ya punya gaya penulis, karakter membaca untuk bisa tertarik baca lebih lama, tertarik dengan penokohannya, prolog pertama ketika menulis.
Ga ketinggalan juga A Fuadi juga membagikan mengenai karakter dalam penulisan itu menjadi sebuah identitas unik dari setiap penulis. Dan tulisan-tulisan yang saat ini yang dicari adalah yang dekat dengan keseharian namun mengambil perspektif yang tidak terpikirkan oleh orang lain.
kwikku adakan kompetisi novel webtoon hadiah total 500 juta rupiah
(Untuk ketentuan dan syarat mengikuti kompetisi novel dan webtoon di Kwikku. Dokpri)

Untuk penilaian ini juga bisa dilihat dari awal-awal berupa prolog tulisan, yang mana jika sudah menarik pembaca, maka pembaca akan terus melanjutkan ke halaman-halaman selanjutnya karena prolog atau yang pertama ini sudah mencuri hatinya!

Begitu juga dengan penilaian untuk webtoon yang menggabungkan visual dan juga sebuah narasi cerita yang harusnya saling nyambung dan ini menjadi tantangan tersendiri untuk para creator. Hadir mas Faza yang juga sebagai juri dalam kompetisi Webtoon di Kwikku ini mengatakan,

Menjadi penilaian dari sebuah webtoon itu adalah selain keserasian cerita dan juga visual, adalah yang bisa mengkombinasikan genre beragam seperti ada komedinya, action ada, dramanya juga ada sehingga dapat menyajikan karakter yang menarik.
Kalo secara teknis menggambar, adakah kriteria yang harus diperhatikan. Untuk visual, khas dari masing-masing komikus, yang jadi penting, cerita yang cocok dengan visualnya. Bikin cerita romance, misal visual terlalu dark, harusnya visualnya manis dan warna-warnanya cerah. 
Untuk itu yoayo untuk jangan ragu menerbitkan karya teman-teman di Kwikku ya! Dan jangan sampai kelewat untuk mengikuti perlombaannya ini dengan cek ketentuan dan juga syarat yang diberlakukan agar kalian valid sebagai peserta kompetisi. Jujur aja ketika aku nulis artikel ini, aku jadi terpacu buat semakin menggiatkan lagi literasi yang ternyata selama ini masih belum optimal, karena keseharian kita sudah berjibaku dengan gadget, juga pergeseran jaman dan sedang ada pandemi Covid-19 ini yang menyebabkan percetakan juga dibatasi pengoperasiannya. Semangat ya dan stay safe semuanya!

17 komentar

  1. Wah hadiahnya sampai 500 juta, asyik banget! Sama dong mba, aku juga suka baca Webtoon pas malam, update new chapter nya jam 10 sih hehe

    BalasHapus
  2. Anakku juga dibiasakan sejak kecil baca buku, sekarang jadi gemar membaca, wah melalui aplikasi kwikku bisa baca buku digital, premiumnya bahkan bisa bayar pake gopay dan ovo juga. Asik banget ini.

    BalasHapus
  3. Ini hadiahnya yang luar biasa itu ya huhaahahaha kebayang ih kalau satu hari aku bisa nulis novel. Maklum masih tahap belajar ini kak

    BalasHapus
  4. wah seru-seru banget lombanya, kalo enggak lagi banyak kerjaan dan project mau deh haha, banyak alesan. makasih mba infonyaa.

    BalasHapus
  5. Info lombanya luar biasa nih Mbak.
    Bikin semangat untuk menghasilkan karya saat #dirumahsaja, tapi bisa buat nggak ya. hehe.

    BalasHapus
  6. Lombanya seru-seru yaaa. Hadiahnya apa lagi. Wow bangetttt. Kesempatan bagus untuk yg punya banyak karya tapi belum terpublikasikan.

    BalasHapus
  7. wah... ini kesempatan banget buat yang suka nulis dan punya banyak ide cerita. Lumayan banget sih kalau hadiah nya sampe 500juta.
    Semua bisa ikutan dan semua punya kesempatan menang, daripada ide ngga disalurin kan ya. Ini kesempatan banget sih

    BalasHapus
  8. Aku udah lihat info lomba ini. Hadiah juara 1 dan juara lainnya jomplang banget ya :)

    BalasHapus
  9. Enaknya ya jaman sekarang, semua semakin praktis otomatis produktivitas juga naik, mau unduh kwikku manatau bisa jadi penulis

    BalasHapus
  10. Wah ada platform baru ini. Bikin bnyk pilihan untuk berkarya atau belajar bini

    BalasHapus
  11. Kolaborasinya keren banget ini, aku kadang suka ngayal kalau pinter gambar pasti aku udah bikin storyline buat diunggah ke webtoon hihihi. Ini wadah yg keren ya buat yg lagi pengin nyalurin bakatnga

    BalasHapus
  12. Baru tau nih ada kwikku, penasaran ada info apa aja ya disana. Lomba menulisnya juga hadiahnya kece nih.

    BalasHapus
  13. Menarik banget ternyata kwikku ya aku baru tahu lho makasih infonya

    BalasHapus
  14. Waah kabar baik dong buat para penulis terutama penulis novel. Aku suka baca webtoon, jadi kepo sama kwikku ini

    BalasHapus
  15. Ini hadiahnya gak kira kira ya. Juara langsung bisa kebeli rumah mungil di pinggiran hehehe. Bisa buat inves. Yuk ah semangat ikut lomba kwikku

    BalasHapus
  16. bolehlah coba cara ini yah, novel saya pun entah sudah berdebu setebal apa, belum ada progress lagi, maju mundurnya banyak banget, hehehe

    BalasHapus
  17. Wahhhh aplikasi yang sangat bagus ya untuk para penulis.... saya nadi pengen mencoba memasukan karya saya ke sana.

    BalasHapus