13 Ide Kegiatan Selama Ramadhan Buat Kalian Jadi Berlimpah Pahala dan No Mager!


13 ide kegiatan selama ramadhan
(13 ide kegiatan selama bulan Ramadhan yang bikin anti bosan. Dokpri)

Assalamualaikum tema-teman online ku, ga kerasa ya kita sebentar lagi sudah akan meninggalkan bulan yang berlapis akan pahala ini. Tentu saja selalu diiringi oleh rasa syukur dari hari ke hari walaupun dominasi kita di bulan Ramadhan ini banyak di rumah aja

Ketika aku benar-benar di rumah saja

Aku bersyukur dengan di rumah aja, menjadi lebih bertafakur dan menjaga lisan banget. Sadar ga sih, kadang kalo kita bersosialisasi jatuhnya malah jadi ngomong kemana-mana dan tanpa sadar apa yang sudah kita bicarakan itu pada kenyataannya malah menyakitkan hati orang lain. Begitu juga sebaliknya, kadang kala banyak sekali omongan orang lain yang begitu menyakiti hati kita sendiri, sampai-sampai kita sudah kebal karenanya.

Dan aku yakin banget selama Ramadhan di rumah aja ini ada fase kalian menjadi bosan dan gatau lagi mau ngapain. Hampir semua rekomendasi kegiatan untuk killing time sudah kalian lakukan di rumah kan? Aku juga sama sih, tapi aku mencoba menggali 13 ide kegiatan selama Ramadhan ini, dijamin kalian akan mendapatkan limpahan pahala dan juga menjadi no mager-mager club!

1. Ikuti kajian online
Ketika kita di rumah aja lalu dalam keadaan bulan Ramadhan yang tentu terasa sangat berbeda ini, tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk terus mengikuti kajian. Walau kajian yang tidak bisa aku datangi secara langsung, dalam artian aku ikuti secara online. Dan mungkin diantara kalian ada juga yang sudah menyempat-nyempatkan waktu untuk bisa ikut kajian online.

2. Tadarus dengan One Day One Juz
Mengikuti beberapa akun selebgram yang memiliki suara indah ketika membaca Al-Qur'an tentu merupakan tabungan mereka ketika konsisten membaca dan tadarus Al-Qur'an. Apalagi ketika bulan Ramadhan seperti ini tuh pasti ada challenge dari diri kita untuk bisa khatam Al-Qur'an, artinya bisa dilakukan selama bulan Ramadhan dengan one day one juz.

3. Saat Jum'at sempatkan untuk berbagi
Sempat aku sounding ketika mengantar keponakan aku ini ke sebuah restoran cepat saji untuk membeli buka puasa lalu menjelang magrib sekitar jam 5 sore ada mobil ada yang membagikan nasi bungkus kepada orang-orang yang membutuhkan. Ini menggerakan aku dan suami untuk melakukannya di setiap Jum'at, untuk berkahnya dan mencoba untuk sedekah seperti ini. Dan jadi ide kegiatan selama Ramadhan menjadi sangat berkesan.

4. Bersiap menjadi enterpreneur
Di bulan Ramadhan kali ini aku merasa lebih bersemangat untuk menjadi seorang enterpreneur. Walaupun ada ketakutan seperti siapa saja nanti yang beli, tapi untuk produk dagangan aku kali ini tuh merasa bismillah aja semoga menjadi jalan dan berkembang secara perlahan dan bisa benar-benar berjualan.

5. Belajar mengatur keuangan  (financial goals)
Karena sudah hidup berdua aja sama suami saat ini, kegiatan aku di rumah sama suami jadi benar-benar terasa hangat dan jadi terkonsentrasikan. Terutama dari urusan financial, kita berdua jadi terbuka satu sama lain dan mengatur untuk tujuan keungan baik secara jangka pendek, menengah dan yang panjang. Ga terasa pembahasan soal keuangan ini bisa menjadi ide yang ga bikin kalian jadi boring.

6. Memelihara binatang peliharaan
Opsi selanjutnya adalah dengan memelihara binatang peliharaan, dan aku itu adalah salah satu pecinta kucing. Tapi untuk saat ini tidak memungkinkan aku untuk bisa memelihara kucing. Dan akhirnya suami saat ini dibebaskan untuk memelihara kura-kura. Ada postingan di blog aku ini soal kura-kura sulcata dan baru aja kemarin dong dia beli lagi jenis kura-kura leher panjang, atau jenis sibenroki (kapan-kapan aku cerita di blog ya).

7. Melakukan pindahan rumah
Aku gatau sih ketika puasa adalah waktu dan timing yang pas untuk bisa pindahan rumah. Ini sih karena sudah kejadian dan tak terasa waktu sudah terlewati hingga tiga hari kemudian setelah selesai pindahan baru terasa telernya. Tapi jadi ga kerasa dan memang cape banget dan yang jadi rekomendasi kenapa aku pindahan rumah disaat puasa adalah ya karena memang harus pindahan wkwk.

8. Belajar masak menu berbuka dan sahur yang praktis
Akhirnya aku benar-benar memasak! Menyenangkan banget sih bisa menyiapkan makanan berbuka dan sahur ketika itu juga suami begitu lahap memakan makanan yang aku sajikan itu. Rasanya seperti ada rasa lega dan ya jadi semangat buat masak terus. Tapi ada kalanya terasa lelah dan salah satu obatnya adalah selalu mengandalkan resep masakan yang praktis buat sahur dan berbuka.

9. Kurangin nonton gosip
Terasa banget ketika bulan ramadhan ini ada saja yang bisa dibahas dari berseliwerannya berita-berita di sosial media dan juga beberapa portal media. Untuk itu, dengan adanya bulan Ramadhan ini menjadikan diri kita berubah untuk ga terlalu mengurusi orang lain. Oleh karenanya bisa kita lakukan untuk kurangin nonton, bahas dan melihat dan memperdalam mengenai gosip.

10. Main game bersama pasangan
Agaknya ini adalah kegiatan yang cukup lahan (tidak bernilai pahala), karena ada baiknya diisi dengan kegiatan yang membuahkan pahala. Namun ada kalanya kebosanan dan refreshing itu diperlukan. Makanya ada spare time untuk bisa main game bersama pasangan itu bagus untuk mengisi waktu kegiatan selama bulan Ramadhan agar tidak bosan.

11. Solat berjamaah
Yang aku selalu syukuri dengan stay at home selama pandemi covid-19 ini adalah aku bisa solat 5 waktu dengan berjamaah. Ini sangat menangkan dan menjadi kegiatan wajib selama bulan Ramadhan.

12. Membuat budikdamber
Ini sedang otw banget, kita sudah menyiapkan embernya dan sedang menunggu kedatangan bibit-bibit lele kecil. Rencananya kita akan membuat konten dari budidakmber, lumayan banget buat mengenang segala kegiatan kita ini. Karena tujuan membuat konten tidaklah selalu berujung dengan uang, tapi lebih dari itu adalah berupa rekam jejak dan pengalaman berharga yang bisa dikenang di kemudian hari

13. Membuat konten
Jujur aja kita berdua jadi mikir buat bikin konten berdua nih. Dan membuat konten untuk berdua itu ternyata jadi banyak perbedaan pendapat, hingga akhirnya kita memutuskan fokus pada niche masing-masing hehe. Intinya kita jadi belajar terus untuk edit dan juga tampilkan konten yang berfaedah.

So, gimana guys, adakah dari kalian yang punya kegiatan selama ramadhan yang anti boring dan anti mager-mager club. Tapi memang godaan untuk rebahan dan mager selalu ada, apalagi selama di rumah aja ini aku jadi jarang buat workout, ada aja waktu terisi untuk skip si workout ini. Dan insya Allah 13 kegiatan selama Ramadhan diatas ini cukup membuat hari-hariku menjadi berwarna!


Tidak ada komentar

Posting Komentar