Tips Agar Suami Betah Di Rumah Saat PSBB (Ya Harus Dong!)

tips agar suami betah di rumah selama PSBB
(Ya harus betah di rumah dong, kalo engga berarti tandanya... Dokpri)

Mengenai betah atau ga betah di rumah itu kalo ga ada trigerred yang pas, tentu kita jadi bakal ga -betah di rumah. Namun di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini yang mengharuskan kita untuk berdiam diri di rumah bagi sebagian orang yang tidak terbiasa full time di rumah mungkin ini adalah sebuah kekangan dan tidak terkecuali untuk para suami, eh suami aku maksudnya.

Suami merasa hidupnya "sumpek" selama Work From Home

Momen itu aku daptkan ketika menjalin obrolan ga sengaja menjelang magrib, 10 menit menjelang magrib lalu kita terikat sebuah obrolan yang cukup serius, yaitu dia bisa mengutarakan suasana hatinya (ini sebuah kemajuan btw bagi seorang suami). 

Dia merasa lebih merasa lelah selama bekerja di rumah, waktunya jadi buat kerja dan kerja terus, apalagi kadang meeting jadi ga kenal waktu dan pakai aplikasi teleconfrence itu beneran bisa seharian (lebih dari 12 jam). Akhirnya aku bisa memberikan sebuah mirroring, bahwa para perempuan yang selama ini bekerja di ranah publik lalu mengurus ranah domestik juga sebagai bentuk tanggung jawab dan juga kodrat bagi perempuan maka aku bilang, kalo ini jadi pelajaran buat para suami buat ga menyepelekan urusan pekerjaan rumah.

Toh bekerja di rumah itu lebih ribet, lebih capek, dan kadang butuh suasana yang sangat kondusif buat nemu pick otak kita nyambung sama kerjaan. Akhirnya dia manggut-manggut dan pernah tuh beberapa kali ingin ke kantor aja deh, daripada di rumah rasanya sumpek dan jadi tertekan. Lho, aku malah takut, apa dia ga betah di rumah sendiri dan bersama-sama selama 24 jam full sama aku?

Ternyata oh ternyata bukaaan, hehe alhamdulillah, soalnya dia type yang emang harus explore keluar rumah, ketemu sama orang-orang kantor dan belum terbiasa dengan ritme bekerja secara Work From Home ini. Lalu aku bilang, apa karena ada faktor dari aku yang bikin kamu jadi g betah, ya engga sih, cuma minta kamu jangan terlalu bawel aja sih, gitu katanya wkwk.

Dengan 7 Hal ini, Tips Agar Suami Betah di Rumah Saat PSBB

Hal-hal yang aku tuliskan disini berdasarkan yang aku alami bersama suami dan memang aku ingin membagikan aja sih, biar bisa dikenang gitu wkwk.

1. Kurangi kebawelan istri, memang semuanya ingin terlihat beres namun suami butuh keadaan relax

Hahaha, pas aku sadar, kadang kebawelan aku itu penting sih, karena aku merasa ya dia gituuu, kadang naruh apa-apa sembarangan trus lupa, trus habis itu jadi kesel sendiri karena kenapa lupa, kan jadi sebel juga ya. Akhirnya ya aku ga berhentinya buat ngingetin dan itu terenkripsinya sama suami adalah sebuah kebawelan yang haqiqi wkwk.

2. Kadang aku merasa mengidap OCD

Yup! pernah ga sih, buat para buibu nih kalo ada barang-barang yang belum tepat narohnya, suka langsung auto benerin. Nah ini nih, yang ga disuka sama suami aku, katanya aku terlalu perfeksionis sehingga ember yang harusnya ada di bawah pancuran, harus banget dibenerin, karena ya rasanya gatal aja gitu, ga betah liat barang yang ga ada pada tempatnya.

3. Dukung rencana suami, walaupun yaa aku kurang menanggapi keinginan suami untuk memelihara binatang

Semenjak peliharannya torto jenis sulcata ini menghinggapi sanubarinya, sehingga ia begitu mendambakan memiliki peternakan sulcata, namun aku selalu menganggapnya angin lalu, ya karena urusan financial kami belum tercover untuk memenuhi keingiannya beternak torto sulcata ini. 

Malah sekarang ini merambah ingin pelihara iguana, tegu, haduuu pala berbie pusing banget deh kalo udah kena sama permintaanya yang cenderung "rengekan" ini. Namun aku sadar, sebetulnya ini bagus untuk pundi-pundi emas, namun ya semuanya harus tertata (karena aku dasarnya anak yang penuh perencanaan) jadi kalo tiba-tiba gitu aja.

4. Selalu berpenampilan ON!

Penampilan memang tidak bisa ditipu ya buibu, kalo kaum adam ini sangat menggunakan visual banget. Jadi walaupun aku ga bermake up yang on kayak mau mendatangi sebuah event atau keluar rumah, paling ga aku selalu wangi dan tidak lusuh aja gitu. Apalagi selama WFH, suami liat kita terus, dari pagi sampe ketemu pagi lagi, makanya kudu pinter-pinter banget.

Pernah sih nyoba pake make up malem-malem, niatnya mau ngasih momen yang berbeda gitu. Eh tapi malah diketawain, katanya jangan aneh-aneh yang ada ntar bisa jerawatan trus urusannya jadi ribet karena aku selalu agak insecure kalo udah tumbuh jerawat hihi.

5. Minimalisir sikap posesif

Dulu pas awal-awal nikah, pas memasuki usia pernikahan ke-6 bulan aku selalu daily checking smartphoen suami dan beralasan pengen tau aja gitu, kekepoan masih tinggi banget. Tapi berbeda dengan suami yang ga pernah juga ngecekin smartphone aku, karena kalo sudah komit ya tinggal dijalanin, bukan malah di posesifin.

Gitu juga dengan kegiatan PSBB ini selama di rumah aja, jadi pembelajaran banget, kalo sosok suami kita, ya dengan komitmennya itu, sudah memberikan yang terbaik, jangan ditambah pusing lagi dengan sikap kita yang posesif. Makanya aku malah udah ga pernah tuh cek-cek chat ataupun history email dan juga sosmed nya dia.

6. Ajak kegiatan rumah tangga yang bisa dikerjakan berdua

Ini dia! point yang aku suka dan juga menjadi hikmah dengan adanya pandemi covid-19 ini, suami jadi mau turun langsung sama pekerjaan rumah tangga. Percaya ga percaya aku, kalo pagi, karena aku terlalu kelelahan dan baru tidur hingga dini hari, terkadang habis subuh aku tidur lagi dan baru bangun beberapa jam kemudian, suami aku udah beresin cucian, ngejemur, dan cuci piring. Saking terharunya, aku sampe peluk erat-erat

7. Pressure karena setiap 24 jam bersama, tunggu waktu yang tepat untuk curhat atau berkeluh kesah

Jujur aja selama PSBB ini atau stay at home, semuanya menjadi berdampak, ada pemasukan-pemasukan yang membuat kehidupan financial menjadi sedikit terguncang namun lagi-lagi suami terus memberikan masukan bahwa bersyukur selalu dengan apa yang udah Allah karuniakan, masih bersyukur kita bisa makan 3x sehari.

Sehingga, ketika rasanya isi kepala dan juga jiwa raga ga stabil, ingin rasanya meledak, ga jarang aku ga tepat mengeluhnya sama suami. Bukan solusi yang aku dapatkan, tapi malah dia juga berbalik kesal. Makanya penting banget, nunggu moment yang tepat buat mengutarakan keluh kesah, dan jangan salah, inilah yang jadi pertimbangan suami betah apa enggaknya di rumah. 

Apalagi anjuran buat stay at home berjalan dan masih berlaku hingga sekarang, kalo suami sendiri ga betah di rumah duh jangan sampai ya, semoga apa-apa yang aku bagikan kali ini bermanfaat karena jujur aja baru bisa nulis dengan leluasa dari hari ini, sejak ada serangan fajar selama 3 hari ini, yang soon aku ceritakan di update blog lain ya gengs! Terima kasih sudah membaca!


Tidak ada komentar

Posting Komentar