KPLP Peringati Dirgahayu Ke-47, Millenial Diajak Berlayar dengan TN Trisula

KPLP sebagai body guard di laut Indonesia
(bersama KPLP, millenial diajak berlayar keliling kepulauan seribu. Dokpri)


Apa Itu KPLP - Halo teman-teman millenialku, kalian ada yang udah pernah naik kapal laut sebelumnya atau tidak nih? Kalo aku sendiri, jujur punya banyak pengalaman saat naik kapal itu sewaktu aku masih tinggal di Ternate, Maluku Utara.

Pengalaman Berlayar Naik Kapal Laut

Kami sekeluarga pindah ke Karawang, untuk menetap setelah pasca kerusuhan Tobelo yang cukup menggemparkan dan membuat aku sedikit traumatis. Dan akses dari Ternate menuju Karawang itu, waktu dulu, mengandalkan kapal laut untuk tujuan akhirnya di Pelabuhan Surabaya, Pelabuhan Tanjung Perak.

Jadi selama dua minggu menghabiskan waktu di kapal laut itu menyisakkan sedikit memori dan hari ini memperingati dirgahayau KPLP ke 47 kita millenial diajak untuk berlayar dan meng-explore lebih jauh mengenai KPLP itu seperti apa dan bagaimana mengenalkan kepada masyarakat umum bahwa hadirnya KPLP ini bukti dari bela negara dan juga mempertahankan wilayah NKRI.

KPLP Itu Apa Sih? Yuk Kita Kenalan


KPLP sebagai body guard di laut Indonesia
(Yuk! Cari tau apa itu KPLP. Dokpri)
Sebelum masuk pada pengalaman berlayar di kapal TN Trisula milik KPLP ini, ada baiknya kita kenalan dulu yuk apa itu KPLP. Jadi teman-teman KPLP adalah singkatan dari Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) atau lembaga yang melaksanakan fungsi penjagaan dan penegakkan peraturan perundang-undangan di laut dan pantai. 

KPLP ini bertanggung jawab langsung kepada presiden dan secara teknis operasionalnya dilaksanakan oleh Kementrian Perhubungan. Gimana udah ada gambarannya kan? Kalo kita aja nih, butuh guardian angel HAHAHA, maka lautan Indonesia kita juga butuh yang namanya penjagaan. Karena ketika kapal itu melintasi lautan lepas, yang mana ada batas wilayah wewenangnya dari sebuah negara, kapa itu sudah menjadi perwakilan dari sebuah negara lho.

Jadi, KPLP selain tugasnya untuk pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran, juga menjaga kelestarian lingkungan lho. Caranya dengan pengawasan, pencegahan dan penanggulangan pencemaran di laut. Selain itu banyak deretan fungsionalnya dari KPLP itu untuk menjaga wilayah lautan Indonesia tercinta ini sehingga patut diacungi jempol ya teman-teman dan baiknya kita sudah mengenal mereka!

  • KLP juga mendukung kegiatan pencarian pertolongan jiwa di laut. Ini terjadi juga ketika di Tanjung Pakis, Rengasdengklok, Karawang, untuk menyelamatkan korban jiwa dari jatuhnya pesawat Lion Air. Yang saat itu mamah ngasih live report ala-ala kalo di depan rumah lagi banyak ambulance, mobil patroli yang lalu lalang, karena memang jalanan rumah sebagai akses jalan utama dan satu-satunya menuju Tanjung Pakis. 
  • Pengamanan sarana bantu navigasi pelayaran karena TN Trisula ini kapal KPLP yang udah kece banget dengan fasilitas VIP dan ruang kemudinya udah digitalisasi
  • Pengawasan penertiban kegiatan pekerjaan bawah laut, utamanya bagi oknum-oknum yang melakukan eksploitasi habitat di bawah air bisa dideteksi dengan radar infrared yang dimiliki oleh KPLP

Pengalaman Saat Berada di Atas Kapal KPLP TN Trisula

KPLP sebagai body guard di laut Indonesia
(Saat berada di dalam kapal patroli milik KPLP, TN Trisula. Dokpri)

Jadi setelah melaksanakan upacara dirgahayu ke-47 dari KPLP dan Pangkalan PLP yang ke-32 ini, kita juga mendapatkan performance dari teman-teman STIP dengan drumband dan ada juga atraksi mereka yang kece-kece banget.

Ada yang bridge dance, menyannyikan lagu-lagu dangdut yang sedang hits pada jamannya, dan ada yang sampao menggingit drum dan juga menyusun drum tersebut hingga tinggi lalu ia naiki. Pokoknya seru, ga sampai disitiu ada juga performance dari teman-teman KPLP yang terdiri dari bapak dan ibu itu, terlihat sangat bersemangat plus sampai kita melihat persembahan tarian-tarian tradisional.

Semboyan "Dharma Jala Praja Tama" inilah yang menjadi pedoman bagi 9000 personil KPLP dalam melaksanakan fungsi penjagaan dan juga penegakkan hukum di perairan Indonesia berdasarkan ketentuan nasional maupun internasional. Melekatnya sebutan body guard untuk perairan Indonesia, memang pas untuk para personil KPLP ini.
KPLP sebagai body guard di laut Indonesia
(Wajah ceria saat mengetahui lebih dalam system yang dipakai oleh kapal patroli KPLP. Dokpri)

Pembagian KPLP ini terdiri atas 5 Pangkalan PLP (Penjagaan Laut dan Pantai) yang berada di Tanjung Uban, Tanjung Priuk, Tanjung Perak, Bitung dan Tual Ambon. Dari 5 pangkalan PLP itu ada 39 kapal yang memang melaksanakan patroli khusus dalam penegakkan hukum yang terdeteksi melalui kapal-kapal yang berbenderea negara baik nasional dan juga kapal asing.

KPLP sebagai body guard di laut Indonesia
(bersama Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementrian Perhubungan (Kemenhub), bapak R. Agus H. Purnomo. Doc: Mardiahey)

Langsung saja, menuju ke dalam kapal TN. Trisula ini, kita masuk dan disambut dengan hangat, lalu mendapatkan pembukaan sedikit oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementrian Perhubungan (Kemenhub), bapak R. Agus H. Purnomo sekaligugs memberikan apresiasi khusus atas semua kinerja dan juga pengabdian dari KPLP dan juga PLP ini yang sigap atas perlindugngan wilayah perairan Indoneisa dan juga menegakkan hukum, demi keselamatan dan juga keamanan.  Lalu hal ini dan dilanjutkan dengan pembekalan selama kita berlayar dengan TN Trisula langsung bersama pak Eko sebagai nahkodanya dari TN Trisula ini.

Berlayar Dengan Mengenali AIS Pada Kapal TN Trisula


KPLP sebagai body guard di laut Indonesia
(Kita  belajar tentang sistem navigasi dari kapal patroli KPLP TN Trisula ini. Dokpri)

Setelah dibagi menjadi 2 kloter, giliran kloter kami, dan kita dipersilahkan untuk masuk ke ruang kemudi, dan diperbolehkan untuk masuk ke ruang mesin juga lho kata pak () ini bagi yang interest nya ke mesin (kalo saya anka teknik kimia pak, walaupun pernah juga megang mesin hihi).

Dan saat berada di raung kemudi, aku berwow-wow karena baru itu bisa masuk ke ruang kemudi nahkoda, kita juga diperkenalkan dengan ala-alat dan juga navigasi bagaimana kapal ini beroperasi. Ada 4 awak untuk bersama-sama dengan nahkoda, melaksanakan tugasnya di atas kapal KPLP ini dan ada software dengan digitalissasi yang mantul banget dengan sistem AIS.

KPLP sebagai body guard di laut Indonesia
(Mengenal AIS sebagai system untuk kelancaran navigasi dalam patroli. Dokpri)

Setiap kapal Indonesia begitupun juga dengan kapal asing yang sedang melintasi perairan wilayah Indonesia ini wajib memasang dan juga mengaktifkan Sistem Identifikasi Otomatis atau Automatic Indentification System (AIS) yang merupakan standar yang dipergunakan oleh kapal-kapal dan juga diatur secara internasional melalui konvensi keselamatan di perairan atau laut Indonesia.

Udah gitu fungis dari AIS itu sendiri adalah mengirim dan juga menerima informasi data secara otomatis menuju kapal lain, Stasiun Vessel Traffic Services (VTS) atau Stasiun Radio Pantai (SROP). Sehingga penggunaan AIS ini dapat membantu pengaturan lalu lintas kapal dan keselamatan dalam bernavigasi dapat dimaksimalkan. Pemandangannya di atas sana begitu indah dan tidak terbayangkan mereka menjaga ini selama 24 jam selaman banyaknya hari dalam setiap bulannya, karena ya untuk menjamin lautan kita ini. 

Jangan Lupakan Keselamatan Selama Berlayar

KPLP sebagai body guard di laut Indonesia
(Yuk pakai life jacket selama berada di kapal, utamakan keselamatan ya! Dokpri)

Guys, kalian jangan lupa ya untuk menjaga keselamatan selalu dalam berlayar dengan menggunakan life jacket seperti yang aku pakai diatas ini dan mengenai AIS tadi ingin aku lebih perjelas lagi fungsi krusialnya dalam proses menjalankan navigasi kapal di perairan Indonesia.

Pasalnya ada sanksi hukum yang berlaku, bagi kapal-kapal yang tidak mengaktifkan AIS nya ini akan ada sanksi administratif untuk nahkoda dan pencabutan sementara sertifikat pengukuhan atau CEO (certificate of Endorsement) selama tiga bulan karena telah termaktub dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut No KP.176/DJPL/2020 mengenai SOP harus ada pemasangan dan juga pengaktifan dari identtifikasi otomatis bagi kapal yang sedang berlayar.

Demikian, dari pengalaman aku selama seharian menikmati pemandangan laut dan mengenal KPLP beserta keselamatan kita yang paling utama selama berada di atas kapal, selain kapalnya juga dilengkapi dengan safety seperti kapal sekoci dll. Dan saat berada di TN Trisula ini, aku nyaman banget, karena bersih, dan ada lokasi kamar tidur yang nyaman beserta toiletnya juga. Yang mau tinggalkan komentar mengenai pengalamanku ini, dipersilahkan banget ya! Terima kasih banyak, nantikan juga pengalaman aku berikutnya bersama TravelMateJourney!

65 komentar

  1. Kirain tadi tuh bagian dari tentara, tapi ternyata KPLP ini bagian dari Kemenhub, ya. Tugasnya beda tapi saling bersinergi juga kali, yaa, untuk menjaga keamanan laut Indonesian di bidang masing-masing.

    BalasHapus
  2. KPLP ini bagaikan guardian of the sea ya Mba. Aku kira KPLP itu berada di bawah Kementerian Perikanan dan Kelautan. Aku seumur-umur baru naik kapal besar beberapa kali. Senang dan excited banget, biasanya waktu traveling :D

    BalasHapus
  3. ah aku belum pernah nih naik kapal lait seru banget nihh kayanya bisa berlayar naik kapal laut..

    BalasHapus
  4. Seru banget berlayar sambil kenalan sama KPLP yaa, tugasnya menjaga kelestarian laut.
    Turuut seneng berasa ikutan explore di kapal euy.

    BalasHapus
  5. Waww...seru banget ceritanya selama ikut berlayar sama KPLP. Aku juga pengen donk diajakin hahahaha...

    BalasHapus
  6. Bicara kupal aku jadi ingat Kak waktu naik kapal sendiri pulkam karena bawa kucing wkwk. Sungguh pengalaman luar biasa. Apalagi kapalnya sempat delay dan harus nginap sehari bareng kucing wkwk

    BalasHapus
  7. mashaa Allah seru bgt sih ini pengalaman baru, kalo ada lagi ajakin aku dong hehe

    BalasHapus
  8. Waaa keren banget sih bisa ikutan gituu, kepengen nyobain deh rasanya gimanaa..ajakin dong hehe

    BalasHapus
  9. Aku pernah naik kapal sekali dulu nyeberang ke Sumatera. Itu aja deg-deg-an karena aku paling takut sama kedalaman. 2 hari di kapal Mba Ndys jaman dulu keren, sih. Apalagi skrg naik kapal as a blogger bareng orang-orang hebat lainnya.

    BalasHapus
  10. Wuih seru banget deh bisa naik kapal. Aku belom pernah deh naik kapan beneran untuk berlayar dari mana ke mana gitu. Kepengen nyoba deh, walopun masih takut-takut. :D

    BalasHapus
  11. pastinay seru banget ini mah

    BalasHapus
  12. Kapal² milik Indonesia emang keren² banget ya, udah semakin canggih pula demi menjaga keselematan perairan Indonesia.
    KPLP ini beda ya dgn TNI AL? Semboyannya pun juga kayaknya beda ya? Jadi ingat pernah berlayar 10 hari dgn kapal TNI AL dan kami waktu itu juga sempat tour the ship, dilihatkan semua isi kapal yg keren itu.

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah naik kapal laut huhu, btw ini acaranya seru banget Teh jadi nambah ilmu dan pengalaman baru yaa

    BalasHapus
  14. wah diajarin sistem navigasi juga :D

    BalasHapus
  15. Makin tahu tentang kapal jadi menyenangkan ya. Apalagi akan memasuki musim mudik nih, transportasi laut bakal jadi salah satu andalan. Harapannya semoga pelayaran di negeri kita tetap aman dan terkendali, aamiin.

    BalasHapus
  16. Wah, kayaknya asik banget acaranya. Jadi bisa tahu banyak tentang kapal dan semoga aja makin banyak program kayak gini karena selain mengedukasi bisa sekalian refreshing🀭

    BalasHapus
  17. Jadi ingat, dulu waktu sering ngebolang dan nyebrang dari bali ke lombok, aku pernah diajak masuk ke ruang kemudi dan mencoba mengemudikan untuk sekiam menit saja. Pengalaman seru dan tak terlupakan. Hehe

    BalasHapus
  18. Wah syukurlah kalau kemenhub juga punya kapal yang bantuin jaga perairan Indonesia yaa. Seru pastinya bisa masuk ke ruang kemudi kapal dan jadi tahu gmn sih cara kerjanya :D Kapalnya juga udah canggih sekali ya peralatannya.

    BalasHapus
  19. Waaah kereen, kemenhub punya kapal penjagaan laut yang keren dan oke banget. Seneng banget bacanya bisa belajar sekaligus coba pengalaman baru 😍

    BalasHapus
  20. acaranya menarik yah teh ,seru banget. nice article teh

    BalasHapus
  21. Asik nih bisa kenalan sama bagian bagian kapal ya. Aku juga seneng kalau naik kapal laut, bisa nikmatin pemandangan yg bikin adem hati hehehe. Maklum biasanya liat kemacetan doang sehari hari wkwkw

    BalasHapus
  22. Beruntungnya bisa diundang berlayar bersama KPLP mencoba Naik Dan mendapat informasi tentang kapal tersebut

    BalasHapus
  23. Wah ssru bangeeet..pengen nyobain naik kapal laut hahah pusing ngga teh?

    BalasHapus
  24. Seru ya mba 😊 dulu pernah naik kapal pas lagi hamil jadi mabok πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  25. Pingin naik kapal lautπŸ˜πŸ™

    BalasHapus
  26. Kerennn
    Belum berani naik kapal laut hihi

    BalasHapus
  27. Nice sharing mba... Makasi jg informatif bgt jd nambah pengetahuan ttg kapal laut yg ada di Indonesia πŸ‘πŸ€©

    BalasHapus
  28. Tfs kak . . Yg masih menjadi pertanyaan saya itu... sejauh mana fungsi KPLP bersinergi dengan TNI Angkatan Laut... apakah KPLP ini isinya orang2 angkatan laut juga?

    BalasHapus
  29. Aku belum pernah naik kapal laut, pas liat ini jadi pengen ikutan. Apalagi masuk ke dek kaptennya terus liat navigasinya aahhh kepengen banget. Semoga nanti bisa kesampaian kaya mba grandys bisa naik kapal ini

    BalasHapus
  30. Mereka adalah para penjaga laut kita ya. Biar ngga dilewati dan hasil laut kita diborong sama nelayan ilegal. Dan biar batas wilayah kita juga ga dicaplok negara lain. Semoga mereka semua tim petugasnya sehat dan bisa menjaga indonesia dengan baik

    BalasHapus
  31. masya allah,, seru banget mbaa pengalamannya...
    dan aku ga kebayang waktu berada di kapal selama 2 minggu itu mbaa....

    BalasHapus
  32. Wah aku baru tahun KPLP bisa dinaikim sama masyarakat sipil, aku pernah naik kapal buat nyebrang ke beberapa pulau seribu, jadi pengen coba semoga kesampean kaya Mbak Grandy

    BalasHapus
  33. Seru banget ya mbak. Jadi inget kenangan manis berlayar ke belitung bareng menko maritim waktu itu. Walau cuma 3 hari termasuk perjalanan tapi tak terlupakan

    BalasHapus
  34. KPLP identik dng guardian angel kita ya Kak. Jadi tenang deh kita. Mana bapak²nya ganteng. Eeeh...gimana. Haha...
    Sama ga ya dng kapal TNI AL yg menjaga laut kita juga?

    BalasHapus
  35. Dulu saya pernah naik kapal juga yang lagi bersandar di pelabuhan, kalo berlayar di tengah laut belum pernah ngerasa. Pasti berkesan banget ya.

    BalasHapus
  36. Asiknyaaa aduhh.. Aku yg di surabaya gak diajakin rekk.. Hihi

    BalasHapus
  37. Aiiih coast guard itu nama resminya KPLP. Baru tau hehe. Pasukan ini ya yang berjasa buat ngusir nelayan-nelayan asing ilegal yang menjarah ikan di Indonesia. Tugasnya berat juga nih, secara bentang garis pantainya luas, armadanya sedikit.

    BalasHapus
  38. Wah, keren-keren yak petugas KPLP alias penjaga pantai kita... Smoga mereka senantiasa diberi kekuatan dan kesehatan dalam menjaga marwah Indonesia. Aamiin.

    BalasHapus
  39. Keren ya kak KPLP ini, aku naik kapal laut jarak jauh itu terakhir kali Pas masih kecil, saat harga pesawat masih melambung tinggi dan bandara tidak semenarik sekarang. Kalau sekarang pergi ke Jawa lebih milih pesawat karena lebih cepat dan nyaman menurutku. Tapi KPLP ini bagus ya kak

    BalasHapus
  40. Salfok ke joystick di foto tentang AIS, apakah itu alat yang bisa digunakan untuk mengemudikan kapal dengan software? Jadi seperti main game kalau iya

    BalasHapus
  41. Waaw,jdi tau ada KPLP, kapal gede gini ombak ga kerasa ya mba ga kyak kapal kayu klo ke gili trawangan πŸ˜†

    BalasHapus
  42. wah keren ya KPLP ini. Dulu naik kapal pas masih kecil tapi rasanya mabok laut gitu. Nanti coba lagi ah. siapa tau mabok lautnya dah sembuh

    BalasHapus
  43. Salut kepada para petugas yang ada di KPLP, garda terluar keamanan lautan Indonesia ya. Pada merekalah kita menggantungkan harapan atas penjagaan keamanan perairan Nusantara.

    BalasHapus
  44. Asyik banget, bisa melihat dari dekat dan merasakan sendiri keseruan naik kapal tersebut. Saya selalu salut lho dengan para petugas yang ada di KPLP, tugas mereka menjaga negara di perairan nusantara.

    BalasHapus
  45. Aku naik kapal sering sih Mba. Karena nenek tinggal di Lampung. Jadi ya kalo liburan ke sana. Kapal besar atau kapal cepat. Cuma kalo berkegiatan seperti ini belum pernah. Jadi pingiiin.. hehehe

    BalasHapus
  46. wih seru banget acaranya...aku beberapa kali naik kapal laut tapi mostly perjalanan malam jadi ga dapet pemandangan siang hari dan tentu aja ga bisa main ke ruang kemudi wkwk. btw cerita tentang 2 minggu di kapal laut sudah pernah dibuat postingan tersendiri blm mba? penasaran sama kisahnya

    BalasHapus
  47. Seru banget bisa ikutan naik kapal, apalagi naik kapal bukan sembarang kapal.
    Kalau saya pernahnya naik kapal PELNI sama kapal fery gitu.

    Pernah juga naik kapal jenis fery gitu dari Sulawesi ke Jawa, dan terombang ambing hingga 4 malam lamanya, mabok berat pula karena kapalnya dihantam ombak gede :D

    BalasHapus
  48. Seru banget naik kapal KPLP TNI TRISULA. Jarang-jarang ada yang bisa menaiki kapal tersebut.

    BalasHapus
  49. Seru banget jalan-jalan bareng KPLP tentara ke pulau Seribu, saya juga pernah ke Pulau Tidung naik kapal begini. Paling suka lihat cakrawala dan laut biru.

    BalasHapus
  50. Barokallah orang-orang terpilih ini bisa berlayar dengan santuy dan menyenangkan
    baper aku liatnya mba, tapi jadi kelingan pas mudik naik kapal juga meski kapalnya beda wkakaak

    BalasHapus
  51. wow ini dari kemenhub ya ternyata. semoga makin aman ya perairan kita. kemenhub aja udah gini harusnya kemenhan lebih mantul lagi.

    BalasHapus
  52. Seneng banget bisa ikutan naik kapal KPLP ini ya, jadi nambah pengalaman baru n bisa dituliskan jadi blogpost pula, mantul Mbal Grandys

    BalasHapus
  53. Serunya berlayar dengan TN Trisula. Kalau lihat kapal layar jadi kepengin ikutan.
    Soalnya saya belum pernah naik kapal.

    BalasHapus
  54. Seumur-umur baru dua kali naik kapal laut. Perjalanan Merak-Bakauheni (usia kurang dari 5thn, udah lupa raaanya) dan Palembang-Bangka. Paa naik yang terpikir cuma pasrah sama Tuhan. Mengagumi keindahan laut dan langit sekaligus menyadari benar-benar gak bisa apa-apa tanpa kuasanya. Agak takut air. Gak bisa berenang juga.

    BalasHapus
  55. Weh, ternyata kapal TN Trisula nyaman juga ya. Ya iyalah kalau gak nyaman kasihan petugasnya. jadi inget pernah nyoba tank militer di TNI-AD Cijantung. Dalemnya juga nyaman, dingin dan lega. jauh dari kesan yang selama ini kubayangkan.

    BalasHapus
  56. Aku paling ngga bisa diajak berlayar wong aku mabik laut hahahaha tapi kayanya seru ya

    BalasHapus
  57. Waa seru banget kayaknya mba.. aku naik kendaraan laut baru pernah sekali, itupun kapal feri wkwkwkkw... Terus, aku baru tahu dong, ada lembaga namanya KPLP... Kudet banget ya, untungnya baca2 blog ini...

    BalasHapus
  58. Wooow.. Seru banget.
    Btw, aku kok salfok ke life jacket yang mbak pakai. Baru tahu nih ada yang model begini.

    BalasHapus
  59. Nampaknya seru banget btw, istilah kplp sudah gak asing sih. krn sebelumnya aku pernah kerja di perkapalan jg. jd sedikit paham. hehe. but, kegiatan seperti ini seru tp banyak ilmu yang bisa di ambil.

    BalasHapus
  60. Aku baru tahu tentang KPLP. DAn ku belum pernah naik kapal laut kecuali ferry penyeberangan yang paling lama cuma 2 jam..huhu, kan jadi mupeng naik kapal dengan durasi lama pasti beda rasanya. Digahayu KPLP semoga makin sukses saat mengemban tugasnya

    BalasHapus