3 Elemen Penting Pasangan Muda Dalam Mempersiapkan Kehamilan

mama's choice produk aman untuk ibu hami dan menyusui
(Persiapan Kehamilan Oleh Pasangan Muda Seperti Kami. Dokpri)

Netizen: "Dys, kamu sama suami belum juga?"
"Eh belum apa nih?"
Netizen: "Belum hamil. Emang kalian nunda ya, kok nunda sih, apa gimana?"
"^$&^%@*&&*^%"

Mengalami fase menikah, buat aku pribadi itu sangatlah amazing ya, seperti percakapan diatas. Tanda simbol-simbol yang random itu adalah ketawa kepalsuan aku kepada netizen yang suka mencecar asumsi dan hobi menganalisa perihal kehidupan seseorang.

Bagi yang sudah menikah, pasti sangat-sangat merasakannya, dan tentu impian mengenai buah hati itu ada dalam benak dan juga jiwa dari masing-masing pasangan.

Curhatan Pasangan Muda yang Belum Diberikan Karunia Anak

Dalam beberapa kali, sering aku rasakan bahwa pertanyaan soal kedatangan itu sungguh menganggu ketika usia pernikahan seoarang pasangan suami istri sudah lebih dari setahun. Dan aku yakin kok, dengan ga perlu memberikan pengumuman kepada publik sudah mengikhtiarkan apa saja, mereka dalam praktiknya tentu sudah menjalankan apa yang mereka usahakan.

Aku mencoba untuk terus berprasangka positif dan semuanya sudah menjadi kehendak-Nya, dan soal kedatangan buah hati ini, aku jadikan sebagai kekuatan dengan suami untuk saling mengevaluasi dari berbagai macam aspek. Tentu aspek ini satu pasangan dengan pasangan yang lain memiliki idealis dan juga prinsip masing-masing ya. Karena kita juga tidak bisa sih menganalisa begitu saja tentang kenapa sih belum dikaruniai anak. Betul?

Langkah-Langkah Pasangan Muda Mempersiapkan Kehamilan, Siapkan 3 Elemen Penting Ini!

mama's choice produk aman untuk ibu hami dan menyusui
(Langkah-Langkah Untuk Persiapan Kehamilan. Dokpri)

Mengikuti serangkaian tes STIFIn aku yang TE (Thinking Extrovert) ini akhirnya menyadarkan bahwa segala hal yang terjadi sesungguhnya bukanlah kuasa kita, kembali lagi manusia hanya berikhtiar saja. Namun, terbiasa untuk mempersiapkan dan juga pentingnya perencanaan itu adalah salah satu sebuah ikhtiar juga, ingin memberikan yang terbaik. Oleh sebab itu aku siapkan 3 elemen penting ini.

Pra Kehamilan

Dalam kondisi pra kehamilan ini, aku dan suami menyiapkan beberapa hal yang memang dibutuhkan agar saat dalam kondisi kehamilan kita tidak kelimpungan gitu lah ya istilahnya.

1. Persiapan Financial
Point ini menjadi begitu penting, karena dalam rangka menyiapkan hal ini tidak bisa mendadak dan memang harus pelan-pelan dan yang terpenting adalah berbekal keyakinan. Tentu tidak boleh dilewatkan adalah berdoa selalu diberikan rezeki yang barokah.

2. Konsumsi Makanan Sehat dan Asupan Asam Folat
Untuk ini sih, kita memang selalu dianjurkan untuk selalu makan makanan sehat ya. Apalagi dalam mempersiapkan kehamilan, aku sendiri sudah sangat mengurangi jajanan diluar (kaki lima yang belum jelas kebersihannya). Dan dianjurkan untuk "menabung" asam folat selama persiapan kehamilan.

3. Mengatur Jadwal Olahraga Rutin
Untuk workout sekarang ini jadi prioritas kita berdua dalam mempersiapkan kehamilan. Sehingga aku memutuskan lebih nyaman berolahraga di dalam rumah dan kita menggunakan media seperti sepeda statis sebagai solusi dari kemageran untuk jogging keliling komplek.

4. Semakin Merekatkan Kami Berdua
Lebih kepada hubungan personal, semakin belajar memahami dan mengenali karakter pasangan masing-masing ini sangat penting dalam mempersiapkan kehamilan. Karena nanti, akan ada amanah dari Allah untuk kita jaga dan rawat dan jangan sampai memberikan trauma dan juga luka dari pola asuh, yang berasal dari reaksi kita yang belum bisa solutif jika berbeda pendapat. 

5. Konsultasi ke dr. KFer atau Obgyn
Kami berdua alhamdulillah sudah melakukannya disaat usia pernikahan kami sudah menginjak satu tahun namun belum dikaruniai buah hati. Datang ke KFer itu merupakan opsi pertama sebelum ke Obgyn karena memang khusus konsultasi sekaligus cek fertilitas dari pasangan suami istri. Datangnya berdua sama suami yah!

Saat kehamilan 

(Doc: Pixabay.com)

Alhamudillah ketika ikhtiar itu sudah berhasil kita lakukan, berarti tandanya Allah sudah mempercayakan kepada kita akan rezeki anak-anak dan kita pun harus menjaganya dengan memastikan apa-apa yang digunakan oleh ibu hamil tersebut itu aman untuk kesehatannya dan juga janin dalam kandungannya. 

Ini membuat aku juga makin kepikiran lho, karena ga mungkin banget kan ya saat masa-masa kehamilan kita gabisa tampil prima dan segar sepanjang hari, karena terbatasnya ketersediaan dari produk-produk yang aman untuk dipakai bagi ibu hamil. 

Apalagi aku pernah mendengar curhatan dari beberapa saudaraku mengenai cerita kehamilan dan pasca kehamilan, alias melahirkan dan menyusui itu, tidak ada pilihan buat mereka untuk pakai produk-produk yang aman dan juga tentu harganya bisa dijangkau oleh mereka. 

Pasca Kehamilan=Menyusui

Dalam masa-masa pasca kehamilan tentu insya Allah seorang ibu akan menemukan sebuah fase baru bersama buah hati tercinta yaitu proses kelahiran dan selanjutnya menikmati masa-masa menyusui. Tentu dalam masa menyusui itu butuh persiapan juga, karena kita berkontak langsung dan menciptakan bonding dengan buah hati kita dalam bentuk mengASIhi ini.

Ada banya sekali cerita yang membuat aku begitu terharu dan makin giat untuk mempersiapkan kehamilan dengan menemukan sebuah produk yang bisa support para mama di dunia ini dalam kelancaran memberikan ASI nya. 

Salah satunya adalah cerita mengenai keadaan puting lecet saat menyusui. Aku menyaksikan sendiri saat berkunjung ke rumah temanku yang baru saja melahirkan anak ketiganya dan kita mengobrol di kamar tidurnya sambil ia memberikan ASI kepada anak ketiganya itu. Dia meringis disaat proses menyusui, artinya terjadi kelecetan pada puting susu yang tentu dapat mengurangi kenyamanan sang ibu.

Mama's Choice: Produk Aman Untuk Ibu Hamil & Menyusui

mama's choice produk aman untuk ibu hami dan menyusui
(Mama's Choice produk aman untuk ibu hamil & menyusui. Dokpri)

Tentu semua ibu yang ada di dunia ini pengen banget memberikan yang terbaik untuk dirinya sendiri dan juga untuk buah hatinya. Fase-fase ini harus ia lewati dengan suka cita tanpa perlu lagi khawatir akan kandungan-kandungan yang berbahaya selama masa kehamilan dan juga masa menyusui.


Mama's Choice adalah produk aman untuk ibu hamil & menyusui karena selain terbuat dari bahan-bahan yang aman, dapat mengeliminasi toksin yang berbahaya untuk perkembangan janin itu sendiri saat di masa kehamilan dan juga membantu mengatasi problem saat menyusui.

Semua ibu pasti bermimpi yang sama untuk buah hatinya, dapat tumbuh sehat dan juga bermanfaat ketika dewasa nanti, tentu mengupayakan dengan masing-masing caranya sehingga berbeda caranya namun tetap sama cintanya. Hebat ya, mom's support mom!

mama's choice produk aman untuk ibu hami dan menyusui
(Review mama's choice produk aman untuk bumil dan busui. Dokpri)

Sehingga ini ketika aku temukan Mama's Choice ini sebagai produk aman untuk ibu hamil & menyusui sudah tepat karena lihat deh rangkaian dari produk-produk selama masa kehamilan ini emang bagus banget buat kita pakai agar selama masa kehamilan, kita tidak menggunakan produk-produk yang belum tentu aman untuk janin yang sedang kita kandung. Produk ini terdiri dari pasta gigi, obat kumur, massage oil dan juga stretch mark.

Mama'S Choice Hadirkan Nipple Cream, Bantu Atasi Problem Saat Menyusui

mama's choice produk aman untuk ibu hami dan menyusui
(Nipple Cream. Dokpri)

Rekomendasi penggunaan Niple Cream karena nanti kita akan lihat video berikut ini yang terdiri dari 4 background berbeda, para mama-mama hebat yaitu ada yang mengalami hiperlaktasi, puting rata, bayi tongue tie, dan juga ibu bekerja.

Lihat postingan ini di Instagram

Hiperlaktasi? Puting Kroak? Puting Rata? Kurang ASI? Tenang, Mama tidak sendiri. Menyusui adalah salah satu hal yang dilewati oleh para Mama setelah melahirkan, namun tidak selalu berjalan seindah bayangan. Cerita Mama Gerina, Mama dengan puting rata & bayi sufor. Cerita Mama Eva, Mama dengan puting datar & bayi menolak menyusu. Cerita Mama Mia, Mama dengan hiperlaktasi. Cerita Mama Neisya, Mama dengan mastitis & bayi tongue tie Bagi kami, semua Mama adalah pejuang dalam menyusui dan kami mengerti bahwa cara yang ditempuh berbeda-beda. Bagi kami, semua Mama adalah pejuang dalam memberikan yang terbaik dalam keseharian dan kami mengerti bahwa yang teraman selalu menjadi pilihan Bagi kami, semua Mama adalah pejuang yang terus bertahan untuk kebahagiaan & kesehatan diri & buah hati tersayang Bagi kami, apapun #PilihanAmanMama pasti berdasarkan cinta yang tak terbantahkan. Begitu pula dengan pilihan menyusui. Kami percaya bahwa apapun cara menyusuinya, pasti sama cintanya. #BedaCaranyaSamaCintanya Punya cerita yang sama saat menyusui? Share video ini dan bagikan sebagai bentuk dukungan untuk para Mama dengan hashtag #CeritaJujurMama & #BedaCaranyaSamaCintanya Lengkapi produk perawatan yang aman untuk Mama dengan Mama's Choice Intensive Nipple Cream, satu-satunya dengan ekstrak kurma yang juga diperkaya oleh kebaikan bahan alami bebas toksin. Efektif meredakan kulit puting yang lecet, kering, dan pecah-pecah serta terjamin hypoallergenic dan food grade sehingga Mama tidak perlu membilas payudara sebelum menyusui si kecil
Sebuah kiriman dibagikan oleh Mama's Choice Indonesia (@mamaschoiceid) pada




Aku happy banget, mulai saat ini bisa mempersiapkan masa-masa menyusui sehingga nantinya bisa memberikan sentuhan yang lebih hangat lagi saat bonding time dan juga masa-masa mengASIhi dengan keadaan puting susu yang bisa temukan problem saat lecet dengan Mama's Choice Nipple Cream.

Untuk penggunaannya sendiri nanti tidak perlu banyak, hanya sebesar biji kacang hijau kecil gitu aja, karena udah dapat mencover area nipple para moms. Permasalahan selama menyusui yang berhubungan dengan kondisi puting adalah keadaan puting susu yang kering, lecet dan pecah-pecah, kini sudah temukan solusi di Mama's Choice Nipple yang mengandung ekstrak kurma dengan secara efektif dapat menenangkan, melembutkan, dan menghidrasi kulit puting bermasalah baik karena
menyusui langsung maupun pumping.

mama's choice produk aman untuk ibu hami dan menyusui
(Review Nipple Cream Mama's Choice. Dokpri)

Keunggulan dari Mama's Choice Intensive Nipple Cream ini diantaranya:

  1. Terbuat dari ekstrak kurma dan minyak kelapa yang aman untuk para Mama nih yang  menyusui
  2. Bersertifikat food grade sehingga aman jika tertelan bayi. Ga masalah ya moms, saat proses menyusui, gel ini tertelan bayi
  3. Praktis, tidak perlu dibilas dan juga cocok untuk kulit sensitif
  4. Serta Hypoallergenic dan teruji secara dermatologis
  5. Mama's Choice Intensive Nipple Cream halal dan bebas dari bahan toksin berbahaya seperti Paraben, Phthalate, Pewangi buatan dan Alkohol
mama's choice produk aman untuk ibu hami dan menyusui
(Tekstur dari Nipple Cream Mama's Choice. Dokpri)

Setelah aku coba apply, teksturnya gel mudah diratakan namun cukup thight sehingga memang pas ketika kondisi puting mengalami lecet, kering bahkan pecah-pecah. Aku merasa lega telah menemukan produk Nipple Cream dari Mama's Choice ini yang bisa teman-teman beli di https://shopee.co.id/mamaschoiceid dengan harga 99K dan aku lagi ada kabar gembira nih.

Hanya dengan pakai kode MAMAGRDYS untuk dapetin diskon sebesar 10% nih dengan minimal pembelanjaan di Mama's Choice sebesar 150K! Lumayan banget kan moms, dan tentu berharap banget untuk selalu dalam kondisi yang sehat, oleh sebab itu selalu jaga kesehatan para moms diluar sana ya, dan terima kasih yang sudah berkunjung, semoga kami berdua diberikan amanah anak di waktu yang tepat ya. Sehingga saat ini aku terapkan 3 elemen penting dalam mempersiapkan kehamilanku nanti.

37 komentar

  1. Assalamualaikum..Mbak. Blogwalking Sillaturahmi.

    Saya dan istri saya pernah alami yang mbak postingkan. kami alami hingga dua tahun. setelah komunikasi antara kami berdua, ternyata faktor-faktornya seperti yang mbak grandys sampaikan di atas. akhirnya kami planning dan alhamdulillah mendapatkan buah hati kami yang pertama.

    Keep posting Mbak Grandy

    BalasHapus
  2. Baru tau ada pasti gigi dan obat kumur untuk bumil 😅 kalau cream stretcht mark penting banget di pakai selama kehamilan, agar ketika perut membesar kulit kita tetap elastis bebas garis2 😁

    Kalau aku dulu sering minum susu perencanaan kehamilan mba dan juga folavit untuk menabung asam folat, alhamamdulillah setelah 1 bulan berlalu isi juga 😊

    BalasHapus
  3. Tetap positif thinking mba..Semoga disegerakan

    BalasHapus
  4. MasyaAllah,bismillah saya juga sedang ikhtiar(terus, semua yang ditipskan sudah dijalani mba, minta doanya aja, jazakillah atas sharingnya...

    BalasHapus
  5. Iya, buat yang sedang dalam masa perencanaan kehamilan sebaiknya tidak diganggu dengan pertanyaan-pertanyaan negatif. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.
    oh ya, tentang produk Mama Choice itu, aku sudah pernah pake obat kumurnya dan bagus banget. Rasanya seger soft dan nyaman di mulut. Produk produknya bagus deh recomended.

    BalasHapus
  6. nice sharing mba....semangaaaat 💪💪😊

    BalasHapus
  7. Memang kegelisahan itu ada karena banyaknya pertanyaan menusuk. Alhamdulillah ikhtiar mbak diijabah.

    BalasHapus
  8. Benar sekali mbak, kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik untuk anak kita nanti...
    Wah.. .sekarang enak ya sudah ada produk khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Jadi tidak perlu khawatir lagi saat menggunakannya☺

    BalasHapus
  9. Waduh saya belum nikah nih, btw informasinya sangat-sangat penting bagi saya yang akan nikah kelak.

    BalasHapus
  10. Wahh produk rekomend nih buat para mom,
    Ntr aku rekomendasiin kalau ada dan keluarga yg bermasalah dengan puting lecet,
    Semoga segera dikasi amanah sama Allah Ta'ala ya kak grandys dan suami, aamiin ya Rabb

    BalasHapus
  11. Semoga kami dapat segera di karuniai anak, amiin. Semangat ikhtiar 😊🙏

    BalasHapus
  12. Saya pun baru dikaruniai buah hati setelah 2 tahun menikah mba. Ada kekhawatiran di sana, tapi saya berkaca lagi, sepupu saya saja sampaii 5x keguguran dan baru punya anak setelah 7 tahun menikah. Saya yakin Allah akan memberikan pada waktunya. Mama's Choice ini sangat tahu pasar ya, khususnya untuk ibu menyusui. Nipple cream ini sangat membantu ibu-ibu yang punya keluhan lecet puting luar biasa. Saya pun mengalaminya dulu.

    BalasHapus
  13. Entah lah ya mba setelah menjadi ibu banyak sekali orang yang mendadak perhatian. Dari sekedar basa-basi sampai ngasih saran yang sebenarnya tidak diminta. Hehe..

    BalasHapus
  14. Lengkap banget tips persiapan kehamilannya mba, ini bermanfaat banget bagi pasangan yang baru menikah ya, bisa diterapkan. Makasih mb

    BalasHapus
  15. Saya 2 kali melahirakan dan menyusui. Rasanya duh campur aduk apalagi saat puting lecet karena menyusui, sayangnya dulu belum tahu produk mama's choice. Kalau tahu bakal beli ini deh.

    BalasHapus
  16. Yang belum nikah ditanyain kapan nikah, yang udah menikah ditanya kapan punya anak. Kenapa harus ada orang2 yang seperti ituuuh huhu. Makasih sharingnya ya mbak, aku belum menikah dan belum punya anak tentunya, tapi tips-tips ini akan kusimpan baik-baik terutama persiapan finansial sebelum hamil dan juga pilih mama's choice saat menyusui :))

    BalasHapus
  17. wah, yang nanya soal momongan ke pasangan baru itu kurasa kurang peka.. ketimbang menanyakan hal itu, baiknya share aja tips tips sehat...
    ternyata banyak yg harus dipersiapkan sebelum masa kehamilan, termasuk kesehatan gigi..
    baru tau nih ternyata ada pasta gigi khusus ibu hamil yg aman untuk ibu hamil...

    BalasHapus
  18. Ketika hamil, memang kebutuhan sang ibu harus benar-benar diperhatikan ya kak, biar nanti ibu hamil bisa nyaman dan anaknya nanti pun bisa lahir dengan sehat

    BalasHapus
  19. Aku merasakan banget Mba..
    Bagaimana menyusui itu pernah menjadi sebuah horor. Horor saat masukin puting ke mulut anak. Alhamdulillah Mama's choice ada kandungan kurma. Selain itu aman dan gak perlu dicuci .jadi tenang..

    BalasHapus
  20. Aq pernah dpt pertanyaan negatif krn blm hamil (lagi). Ya Allah nyesek aq tuh, padahal rasanya udah jungkir balik promilnya..

    BalasHapus
  21. setuju Mbak kadang gimana gitu orang yang nanya kapan nikah, kapan punya anak tapi ga pernah nanya kapan meninggal #eh. padahal kita semua waktunya masing2 ya...semangat terus ikhtiar dan tawakal yuu

    Aku juga pake pake Obat Kumur sama pasta gigi mamas choice Mbak, enakeun ga giung pas deh.

    BalasHapus
  22. Saya juga sering ditanya "orang rumah udah berisi belum?", saya jawab "belum". Memang anak itu kan amanah dari Allah, mungkin kaminya yang belum siap jadi belum dikasih. Apapun itu, berbaik sangka pada-Nya adalah hal yang wajib. Kalau kenyinyiran orang mah, bawa happy saja.

    BalasHapus
  23. Artikel mbak ini bermanfaat sekali. Terimakasih mbak

    BalasHapus
  24. Sebelum menikah ditanya kapan nikah...udah nikah ditanya kaoan punya anak Nah nanti sudah punya anak pertama... nanya anak ke dua.... begitu seterusnya..tetap semangat kak

    BalasHapus
  25. Menantikan buah cinta merupakan fase yang bikin dag dig dug. Dengan persiapan yang maksimal, insya Allah bisa sambut kehadiran buah cinta dengan baik

    BalasHapus
  26. Soal kehadiran anak murni urusan Allah SWT kok, kita hanya diminta menyempurnakan ikhtiar. Insyaallah kl sudah sampai waktunya, pasti akan dikaruniai kok. Nice review ya Mama's Choice Intensive Nipple Cream nya

    BalasHapus
  27. Wahahahhaha. Sabar, pertanyaan kapan punya anak itu menyebalkan. tetapi bertahanlah mba, nanti kalau sudah punya anak juga akan dicecar pertanyaan: Kapan si kakak dikasih adek?

    BalasHapus
  28. Semangat ya Mba, tetep positive thinking,ikhtiar dan tawakal, insya Allah disegerakan

    BalasHapus
  29. Smangat mbaa.. akan indah pada waktunya In Syaa Allah..

    BalasHapus
  30. semangat bumil, semoga dilancarkan segala prosesnya yah mba aamiin :)

    BalasHapus
  31. Berbicara soal pernikahan emang harus disiapkan sematang-matangnya ya! bukan hanya soal dua orang yang bersatu tapi akan ada buah hati yang hadir.

    BalasHapus
  32. Baru tahu kalau ada produk Mama's Choice. Aku suka belanja di Shopee karena banyak promo menarik. Terakhir kali belanja di Shopee itu aku belanja lipstick.

    BalasHapus
  33. Penting banget nih, buat aku yang belum pernah hamil dan menyusui jadi makin banyak ilmunya, terima kasih yaa

    BalasHapus
  34. Sekarang informasi untuk calon ibu banyak, ya. Dulu, waktu aku hamil belum kenal cream untuk stretch mark deh, kayaknya. Btw, bisa kalo dipake setelah melahirkan dalam jangka waktu lama, masih ngaruh nggak, yaa? Oh ya, semoga ikhtiar-nya berhasil, yaa

    BalasHapus
  35. Oh my goodness. Mau komen apa juga gak ngerti soalnya belum kelu=iatan tanda-tanda bakal hamil dalam waktu dekat. hahahaha. Aku baca aja dlu untuk pengetahuan. dan bookmarked sekiranya ntar butuh, bisa baca lagi. Emang udha seharusnya ibu hamil dan menyusui harus memilih dengan hati-hati produk yang aman bagi baby nya ya mbak. Harus banyak baca-baca juga berarti yak.

    BalasHapus