Tes CPNS Kementrian Perindustrian 2019 Rasanya Melegakan, Inilah Pengalamanku!

Pengalaman Tes CPNS Kemenperin 2019
(Yuk semangat menghadapi tes CPNS Kemenperin seleksi SKD. Dokpri)
Tes CPNS Kementrian Perindustrian 2019 - Halo halo, bagaimana kabar kalian hari ini? Tepat di satu minggu lebih, rasanya aku begitu menjauh dari dunia konten.  Aku mengakui karena saat ini sedang berada pada masa-masa persiapan tes CPNS Kementrian Perindustrian  2019 yang diadakan tepat di hari Selasa tanggal 18 Januari jam 8 pagi. 

Pas tau pengumumannya, aku lumayan langsung mengatur strategi bagaimana cara belajarnya dan tentu jangan sampai miss di pagi harinya.  Seperti telat, tidak ada yang mengantar atau drama yang merupakan seleksi semesta juga menurutku.

ASN dan PNS itu berbeda lho?

Ini juga diakui oleh diriku secara pribadi, karena setelah membaca postingan infografis dari Kementrian Perindustrian RI mengenai pengertian ASN dan PNS itu sendiri memiliki perbedaan. Kalo aku merasanya selama ini ASN itu pengganti penyebutan nama dari PNS, tenyata berebeda lho. Kalian ada yang kayak aku juga gak nih? hehe.

Jadi, PNS adalah ASN yang diangkat sebagai pegawai tetap dan memiliki nomor induk pegawai atau NIP. Dan ada yang namanya PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) atau tenaga kontrak yang juga merupakan pegawai ASN yang diangkat sesuai dengan perjanjian kerja berdasarkan kebutuhan dan ketentuannya.

Sedangkan untuk ASN adalah Aparatur Sipil Negara yang sudah diberlakukan sejak UU No 5 Tahun 2014 yang sederhananya menyebutkan kalo ASN itu terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu PNS dan PPPK. Sekarang jadi lebih tercerahkan nih, informasi ini bisa kalian dapatkan dengan mengakses social media milik Kementrian Perindustrian RI.

Positif Vibes Aku Dapatkan Saat Tes CPNS Kemenperin (Kementrian Perindustrian) 2019 

Pengalaman Tes CPNS Kemenperin 2019
(saat memasuki gerbang BKN menuju lokasi Tes CPNS 2019 Kemenperin. Dokpri)

Selama aku mengikuti alur seleksi CPNS Kemenperin ini tidak baru kali ini aja lho, aku sudah mengikui ketiga kalinya sama yang tahun ini. Artinya, aku tetapkan hatiku untuk bekerja atas dasar ilmu-ilmu yan sudah aku praktikkan semasa perkuliahan aku di Teknik Kimia.

Ada rasa berbeda saat mengikuti tes CPNS tahun 2019 ini di Kementrian Perindustrian, karena rasanya lebih nyaman (secara domisili aku sudah di Tangerang ya sekarang) dan juga ada tekad dari dalam hati untuk bisa tembus tes SKD dan juga SKB yang diadakan nanti oleh Kemenperin. 

Bagi teman-teman yang belum berkesempatan untuk mengikuti alur tes CPNS Kementrian Perindustrian tahun 2019, jangan khawatir, selalu cek notif yang dibagikan oleh akun OSDM Kemenperin, disana akan ada update dimulai dari kapan dibukanya pendaftaran hingga pada tes-tes yang akan diikuti.

Fyi, pengalaman daftar CPNS di Kemenperin ini dimulai dari pemberkasan secara online, jadi siapkan data teman-teman yang dibutuhkan disini dan ingat, sesuaikan dengan apa yang teman-teman daftarkan. Karena beda formasi, akan berbeda pula berkas-berkas yang diminta.

Soalnya ada kejadian temanku itu saling sharing, dan menyamakan dengan teman lainnya yang daftar di beda kementrian atau di Pemda, hal ini bisa berbeda. Dan yakinkan dalam diri, kalo kalian sudah baca persyaratan yang diminta dengan benar ya. Kalo pengalamanku itu, selalu mencatat apa yang diperlukan, jadi ga mengandalkan ingatan, selalu sedia pulpen dan juga notes.

Kalo sudah pemberkasan, akan ada validasi dokumen dan perhatikan lagi apa yang diminta oleh kemetrian tersebut terkait validasi dokumen ya, dan percaya diri aja! Jadi jangan takut salah, kalo memang teman-teman sudah benar mendapatkan infonya dari sumber yang valid, yaitu media sosial Kemenperin atau webistenya ya. Selanjutnya adalah menunggu tes SKD yang dilaksanakan di kantor BKN.

Alur Beserta Hal-Hal yang Perlu Teman-Teman Perhatikan Saat Mengikuti Tes CPNS Kemenperin 2019

Pengalaman Tes CPNS Kemenperin 2019
(Saat berada di kantor BKN untuk mengikuti tes CPNS Kemenperin 2019. Dokpri)

Aku dijadwalkan untuk tes jam 8 pagi, maka aku menyiapkan diri untuk berangkat dari rumah jam setengah 5 pagi dan tiba di lokasi jam 5 lebih 15. Itu lebih baik, karena kita harus sudah berada di lokasi itu 90 menit sebelum tes berlangsung. 

  • Cari lokasi peserta berkumpul untuk melakukan registrasi
Teman-teman yang mendaftar di Kemenperin, kita akan diarahkan untuk duduk sementara waktu mendengarkan instruksi untuk nantinya berjalan ke meja registrasi dan diberikan pita sesuai dengan ruangan kita. Apakah ruangan 1, 2 atau 3.


  • Panitia yang sangat friendly
Artinya support terus kita, mengingatkan untuk hanya membawa 2 macam benda ke dalam ruangan tes yaitu KTP dan juga kartu tanda peserta. Jika ada yang belum sempat ngeprint, panitia dari Kemenperin juga menyediakan. Kita juga ditawarkan untuk minum, karena di lokasi disediakan air mineral.


  • Perhatikan nomor urut ujian kalian dan juga jangan sampai saltum ya!
Ini penting untuk proses registrasi, sehingga memangkas waktu daripada mencari-cari nama kita sendiri. Untuk tes CPNS Kemenperin 2019 ini peserta diwajibkan untuk memakai pakaian putih, celana dan rok hitam serta hijab hitam dan sepatu tertutup berwarna hitam. Senangnya, ketika instagram milik Kemenperin juga share ketentuan baju atau sepatu yang kita kenakan nantinya saat tes CPNS Kemenperin 2019 ini.


  • Ada ruang penunggu pengantar
Semisal diantar oleh bapak ibu, suami atau istri bahkan pacar, tenang ada tempat khusus untuk yang menunggu dan disediakan juga layar monitor untuk memantau pergerakan dari jawaban soal yang sedang berlangsung oleh para peserta


  • Menitipkan tas pada loker
Jadi aku sarankan untuk teman-teman tidak perlu membawa gembolan yang banyak ke dalam tas, karena yang dibutuhkan hanya KTP dan juga kartu ujian saat di dalam ruangan. Pastikan tas kita juga tertutup rapat. Setelah menaruh tas, lalu kita mengantri untuk mendapatkan PIN saat ujian tes CPNS berlangsung.
  • Pemerikasaan seluruh badan oleh BKN
Jadi di ruang tunggu peserta tadi, panitia dari Kemenperin sudah mewanti-wanti untuk tidak memakai jam tangan, perhiasan, bross (untuk yang berhijab), ikat pinggang, uang recehan di kantong, karena nantinya akan terdeteksi pada saat pemeriksaan oleh BKN. Jadi pastikan hal-hal ini ya teman!


  • Stempel 
Setelah pemeriksaan, kita menuju ruangan tunggu lagi  dengan Menunjukkan kartu ujian yang telah dituliskan nomor PIN untuk dapatkan cap stempel pada telapak tangan kita
  • Berjalan dan duduk sesuai dengan warna pita
Menuju ruang tunggu sesuai dengan warna pita yang telah kita pakai di lengan, ini menunjukkan ruangan mana kita akan melakukan tes.
  • Saat di ruang tunggu ini akan ada video
Video ini sebagai langkah untuk memberikan pengarahan bagi seluruh peserta CPNS 2019 Kemenperin melakukan tes SKD nanti berupa jumlah soal TWK, TIU dan juga TKP beserta bobot yang diperlukan sesuai dengan formasi yang didaftarkan. Seperti misalnya, bagi peserta umum dengan disabilitas atau teman-teman dari daerah Papua tentu akan berbeda, begitu juga dengan tenaga teknis dan juga kedokteran gigi misalnya. Makanya penting banget disimak ya videonya ini.

Tips Untuk Menghadapi Tes CPNS Ala Grandys

Buat teman-teman apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk menghadapi SKD? Tentunya yang paling utama adalah belajar dengan tekun dan tidak dengan SKS (Sistem Kebut Semalaman) karena materi dan juga pemahaman yang harus dipelajari itu luas.

Kalo aku menyarankan untuk banyak-banyak berlatih soal yang ada dan pelajari polanya. Insya Allah, belajar kita efektif dan juga ga terkesan buru-buru. Kalo ada yang bilang, "wah lo sih enak, kan ga kerja kantoran kayak kita-kita, jadi waktu belajarnya juga lebih banyak tersedia".

Baca Juga: Dunia Digital Dengan Belajar Blogging

Siapa bilang kayak gitu, karena aku sudah menjadi istri dan juga freelance, ada banyak rentetan pekerjaan yang sepertinya tak terlihat tapi nyatanya itu aku harus kerjakan dan aku pun memiliki deadline seperti layaknya pekerja kantoran lainnya. Hal yang paling diuji adalan mengenai management waktu. 

Jujur aja, kalo aku berhadapan dengan suami, management waktu aku itu masih berantakan. Kalo misal hal A dan B itu bisa selesai di hari itu, tapi kenyataannya ada saja hal-hal yang membuat kita tidak produktif seperti misalnya scroll lama-lama pada sosial media untuk kita stalking hal-hal yang menjadikan interest kita. 

Menyiasatinya adalah dengan membuat jurnal harian ala-ala gitu, tidak harus pakem di waktu A harus mengerjakan B, tapi kita tau di hari ini tuh punya prioritas apa aja. Termasuk tes CPNS 2019 ini menjadi prioritas aku, sehingga selalu menyelipkan wakut belajar di pagi hari setelah mengantar suamiku bekerja di teras depan rumah. Dan butuhkan waktu 2 jam untuk latihan soal dan membaca pembahasannya.

Demikian cerita pengalaman aku mengikuti tes CPNS Kemenperin 2019, semoga jika memang Allah memberikan rezeki berupa kelulusan dan menjadi bagian dari keluarga Kemenperin nantinya, berarti memang disitulah rezekiku. Terlepas dari itu, usaha berupa belajar dan juga meminta doa kepada orang tua, terutama ibu adalah hal yang paling utama. Semangat ya!

16 komentar

  1. MasyaAllah hebat sekali mbak semangat dan penuh juang. Apalagi saat tahu jam 05.15 sdh di lokasi, smg rejeki ya mbak��

    BalasHapus
  2. Ah iya, aku baru nyadar kalau PNS pasti ASN, sedangkan ASN belum tentu PNS. Btw, aku belum pernah ikut tes CPNS sih, keburu udah keterima kerja posisi yang sekarang :)

    BalasHapus
  3. Semoga rejekinya ya, mbak. Pasti deg-degan ya nunggu pengumuman selanjutnya, apalagi kalo lihat banyak saingannya. Semoga berhasil ya, Mbak.

    BalasHapus
  4. Baca ini jadi teringat pengalaman saya tahun 2012 lalu. Deg-deg-an, rempong, tapi berusaha dijalani sebaik mungkin. Semoga hasilnya memuaskan ya mbak. 😊

    BalasHapus
  5. Aku kira ASN ya pengganti PNS
    Tq ya, semoga lulus jd PNS hehe

    BalasHapus
  6. semoga masuk mbak, dan do'akan aku juga tahun depan aku juga akan mendaftar cpns semoga saja bisa masuk dan menjadi pegawai negri.

    BalasHapus
  7. Semoga diterima ya kak..seru juga pengalamannya ..ini Adel sy jg mau coba test cpns tp thn dpn..nah artikel ini sdh sy share ke dia ...mksh ya infonya

    BalasHapus
  8. Semoga diterima ya, mbaaaak. Terharu aku baca perjuangannya. Jam 5.15 udah di lokasi, dari rumahnya jam berapaaaa? Btw, makasih infonya. Selama ini aku pikir ASN itu sebutan terkini utk PNS, ternyata salah ya. Hahaha.

    BalasHapus
  9. Semoga bisa mendapatkan hasil yang terbaik ya kak, kalau lolos berarti kita sama-sama bakal jadi ASN nih, eh aku masih CASN ding, haha.

    Aku gak pernah ikut tes cpns sih tapi aku kuliah di salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan jadi juga pernah merasakan tes cpns ini. Tapi ya... aku ikut waktu habis lulus SMA, jadi banyak waktu luang yang kumiliki, salut sama orang-orang yang bisa membagi waktu untuk tes dan bekerja, aku belum tentu bisa seperti itu

    BalasHapus
  10. Semoga sukses ya dan jgn lupa ngeshare lagi kalo sukses lulus cpns. Kalau mau nulis buat kita jg boleh. Hehehe

    Esai Edukasi
    Blog pendidikan, parenting, pengembangan diri.

    BalasHapus
  11. Waktu tes itu sama temen apa lagi sendiri kak? Dan apakah ada panitia yang memberi arahan² gitu saat di lokasi?

    BalasHapus
  12. Nggak dibocorin berapa skor yang didapatkan?? Hehe
    Sebenarnya ASN dan PNS itu "sama" hanya diperluas. Dengan dasar undang-undang ASN, ia mengakomodasi pegawai kontrak sehingga nanti termasuk soal potongan BPJS dll by system.

    BalasHapus
  13. Mbak Grandys semoga keterima ya, meski harus melakukan perjuangan diantara pekerjaan sbg istri dan freelancer. Btw, ternyata beda kememtrian juga bisa pemberkasannya ya, dan idealnya syarat2 kudu dicatet. Makasih sharingnya mbak. Dan info ASN x PNS baru ngeh xixi

    BalasHapus
  14. Semangat mbak.. semoga menjadi rejeki mbak.. aamiin. Jadi teringat pengalaman nganter temen daftar cpns 9 tahun yang lalu. Hyaaa.. ketahuan tuanya. Sukses ya mbak.. aamiin

    BalasHapus
  15. Wah kayaknya seru banget ya mbak. Semoga lulus la mbak, supaya jadi ASN terwujud 🙏

    BalasHapus