Review Film Parasite Tentang Ego dan Manusia

Review Film Parasite Dengan Sinopsis dan Para Pemain
(pict source: liputan6.com)


Review Film Parasite - Halo para pecinta film, kalian pasti udah ga asing lagi kan dengan film Korea yang meraih best picture di Oscar kemarin. Ramainya pemberitaan ini memang pantas didapat sutradara sekaligus para pemain dan juga yang berada di balik layarnya.

Memang aku tidak menonton langsung saat film parasite ini release di bioskop tanah air, alasan terbesarnya adalah tidak ada teman menonton dan aku ga terbiasa nonton ke bioskop itu sendirian gitu. Suamiku ga terbiasa untuk menonton serial drama Korea dan juga film Korea. Padahal sudah aku bujuk kalo review Film Parasite ini keren banget dan bukan kisah romance.

Sinopsis Film Parasite

Kalo mau nonton film yang paling dicari tau itu pasti sinopsis filmnya kan ya, begitu juga dengan aku saat memutuskan untuk menonton saja biar sendirian pun gapapa untuk Film Parasite ini. Akhirnya aku pun memberanikan diri untuk ga baca sinopsis Film Parasite ini karena ingin surprise aja menyaksikan dengan pikiran yang masih nge-blank tentang Film Parasite ini.

Sinopsis yang bisa aku gambarkan untuk sinopsis Film Parasite ini mengisahkan sebuah keluarga yang terdiri dari seorang ayah dan ibu dan juga putra dan putrinya yang sudah menginjak umur dewasa (lepas dari remaja) dan mengalami tekanan financial. Keadaan rumah mereka yang begitu jauh dari kata layak ini, sempit, dan ventilasinya itu pas banget dengan ia melihat ke sisi jalan berupa gang dengan seringnya orang-orang menjadikan sebagai toilet.

Tidak hanya itu, mereka juga mengusahakan tentunya dengan menjadi buruh dari melipat-lipat bungkus pizza dengan upah yang minim juga. Ditambah karena ada unsur target didalamnya, ga banyak juga ia mendapatkan komplain dari pemilik toko pizza tersebut hingga ia mendapat teguran dan berujung pada upahnya yang semakin dikurangin.

Keadaannya begitu terhimpit hingga suatu hari kedatangan seoarang teman yang membawa keluarga tersebut pada sebuah keadaan yang aku yakin banget membuat para penonton Film Parasite ini akan tercengang, merasa mind blowing, plot twist dan ga nyangka banget deh banyak kejuatan hebat dari Film Parasite ini, pantas saja film Korea ini meraih Best Picture di Oscar beberapa waktu lalu.

Profile Manusia Terlihat dari Film Parasite 

Review Film Parasite Dengan Sinopsis dan Para Pemain
(pict source: hotdetik.com)

Super excited ketika peran dari masing-masing mereka ini bermunculan ketika konflik-konflik mulai menyergap alur cerita. Para pemain dari Film Parasite ini memang pas banget semuanya, ga ada yang lebih dan juga kurang. 

Aku akhirnya juga kepo sama para pemain Film Parasite ini diantaranya, Ki-Taek (Ayah), Chung-Sook (Ibu), Ki Woo (Choi Woo Shik), Ki Jung (Adik Perempuan Ki Woo). Dan tau ga sih kalo Choi Woo Shik ini juga pernah main di Train To Busan, perhatiin deh yang jadi anak SMA yang kena gigitan zombi itu ternyata Choi Woo Shik, beda yak hehe.

Kenapa aku bilang profile manusia dekat banget dengan film yang bergenre dark comedy ini? Karena disini ada pesan-pesan moral yang so relate banget sama kehidupan nyata kita. Aku seolah-olah menempatkan diriku jika berada pada posisi keluarga dari Ki Woo dengan segala kesulitan dimulai dari lingkungan yang kumuh, dan yang super excited itu pas adegan mereka mencari sinyal sampai ke atas toilet untuk mendapatkan WiFi.

Yang patut diapresiasi dari sini adalah kegigihan mereka dan juga kecerdasan dalam memanfaatkan keadaan. Berawal dari satu orang, lalu bisa berdampak pada orang lain yang berada didekatnya ini sungguh sebuah makna tersendiri untuk arti dari parasite dalam Film Parasite ini.

Manusia akan mendapatkan sebuah ide ketika ia berada pada kondisi tersulitnya dan selalu mendapatkan ide cemerlang itu ketika dirinya terus bergerak, namun kadang kala tanpa disadari, rakus dan juga sifat ego yang besar dari diri manusia tidak terkontrol itulah yang akan menghancurkan mereka kembali.

Bagian Cerita yang Paling Menegangkan di Film Parasite

Kalian pasti nunggu-nunggu kan, jadinya Film Parasite ini berakhir kayak apa sih? Pastinya aku gabakal share akhir atau ending dari ceritanya, karena biarkan kalian menikmati film ini sampai selesai.

Ingat kehadiran dari temannya Ki Woo dan mengajak Ki Woo ini untuk menggantikan sebagai guru privat dari seorang gadis, yang mana si gadis ini anak konglomerat gitu. Rumahnya, uwuw banget alias instagramable dan Ki Woo tidak begitu yakin untuk bisa menguasai dan juga menjadi guru privat gadis tersebut.

Ketika Ki Woo masuk di rumah tersebut, ide-ide liarnya untuk bisa memasukkan semua anggota keluarganya di dalam rumah Mr. Park ini akhirnya membawa pada sebuah petaka yang tidak disangka-sangka oleh aku sendiri. Banyak adegan yang cerdas dan juga berkilahnya yang paling unik dan tidak terpikirkan dari Film Parasite ini.

Sehingga harapannya dikondisi yang kritis tersebut Ki Jung bisa selamat, namun malah berbalik pada Ki Taek ini nekat dengan sebuah adegan yang sampai sekarang itu tidak terbayangkan. Dan hari-hari dari Ki Taek ini berakhir juga di rumah tersebut hingga bertahun-tahun dan pesannya tersampaikan dari sebuah sandi morse dari lampu dan itu terlihat oleh Ki Woo dari atas perbukitan. Film Parasite ini wajib kalian tonton guys! Ada yang udah nonton dan share yuk, komentarnya mengenai Film Parasite ini!

4 komentar

  1. Aku udah nonton film Parasite ini. Awal mula ingin menonton film Parasite ini karena Park Seo Joon yang ternyata bukan menjadi tokoh utama.

    BalasHapus
  2. Menurutku film ini keren karena banyak hal-hal tak terduga yang erat dengan kehidupan sehari-hari. Dan endingnya pun tak terduga sih menurutku.

    BalasHapus
  3. Aku pun awal mula nonton film Parasite nggak baca sinopsis dan reviewnya terlebih dahulu. Soalnya biar aku bisa asik nonton filmnya gitu.

    BalasHapus
  4. dapat notif di hape dari aplikasi tentang film ini. Tadinya kirain film fiksi ilmiah kayak spesies gitu

    BalasHapus