MTA, Blibli Seller Apps dan Merchant Analytics, Tools Agar Berjualan Makin Untung di Blibli

jualan online di Blibli makin untung
(MTA, Blibli Seller Apps dan Merchant Analytics, Tools Agar Berjualan Makin Untung di Blibli. Dokpri)


Hallo!

Gimana nih kabar financial akhir-akhir ini disaat merebaknya gejala covid-19 yang makin menambah kekhawatiran. Jujur aja, keadaan financial keluargaku sedikit terguncang, karena mau tidak mau adaptasi akan hadirnya covid-19 ini tidak bisa terprediksi bukan.

Datang begitu saja, namun kitanya harus siap. Oleh sebab itu, pintar-pintar mencari masukan financial tambahan saat ini adalah dengan cara berjualan. Karena penyebaran virus covid-19 ini adalah dengan tidak memperdulikan social distancing. Sehingga banyak sekali transaksi dilakukan melalui berjualan secara online.

Dengan Blibli Kemudahan dan Bertambahnya Pemasukan

jualan online di Blibli makin untung
(Keuntungan seller kalo jualan online di Blibli.com .Dokpri) 

Ketika seminggu tepatnya saat presiden RI bapak Jokowi mengumumkan bahwa di Indonesia sudah ada yang positif terkena covid-19, kondisi aku jujur aja begitu pasrah dan yakin aja kalo semuanya akan berjalan normal kembali.

Begitupun mengenai pengeluaran yang banyak tak terduga dari self quarantine kita selama diminta oleh pemerintah pusat, untuk tetap di rumah aja dan suami juga mengalami work from home. Dimana memang tidak ada uang transportasi yang harus dikeluarkan, namun pemakaian listrik dan juga kuota data internet semakin membengkak. 

Hari-hari di rumah, dan mau tidak mau aku sebagai istri menyiapkan makanan tiga kali dalam satu hari tentu membuat kita sebagai emak-emak ini harus stock makanan selalu. Ya membuat makanan utama lah, membuat kopi, membuat camilan yang nemenin dia meeting secara virtual. Kalo ga ada pemasukan tambahan, bisa sulit dan susah untuk survive dalam kondisi seperti ini.

Aku itu hepi banget buat mencoba berjualan daster di Blibli, karena untuk saat ini aku memanfaatkan orang-orang banyak beraktivitas di rumah. Dan untuk para working moms, tentu keadaan ini membuat mereka ingin bekerja nyaman dan aman dengan mengenakan pakaian yang nyaman. Apalagi kalo bukan daster ya kan.

Nah makanya paling pas emang berjualan itu di Blibli.com  karena emang nikmatin keuntungannya dimulai dari kita dapetin free foto produk, gratis packaging, pengantaran juga terpercaya, dan yang paling dirasakan sih sebagai seller produk jualan online itu adalah berada pada sebuah e-commerce yang mana sudah dipercaya oleh ribuan brand.

Berjualan Daster di Masa Covid-19 di Blibli dan Semakin Untung Dengan MTA

jualan online di Blibli makin untung
(Berjualan dengan fasilitas MTA di Blibli.com .Dokpri)

Membutuhkan penghasilan tambahan di tengah masa-masa self quarantine ini di Blbili kita bisa menjadi seller dengan mendapatkan banyak keuntungan. Sebelum masuk ke MTA, tentu kita udah tau kan ya kalo jadi Blibli seller itu kita dapatkan banyak kemudahan, diantaranya.

Bagaimana cara kita menjadi MTA? Mudah banget, teman-teman siapkan data diri dan registrasi seperti biasanya dimulai dari log in pada web nya di https://merchant.blibli.com/MTA/login kalo belum bisa log in, artinya belum melakukan registrasi. Lalu dilanjutkan dengan mengisi data diri, disini kalian santuy aja buat mempercayakan data kalian aman berada di sistemnya Blibli ya.

Mulai dari input nama lengkap, email, password dan juga nanti kita akan diminta untuk upload identitas diri kita, bisa KTP ataupun Paspor.

Kemudahan Seller Berjualan di Blibli.com. Temukan Dalam Blibli Seller Apps

jualan online di Blibli makin untung
(Dengan Blibli Seller Apps, makin mudah buat seller yang mobile. Dokpri)
Karena tadi kita udah berkenalan dengan yang namanya MTA yang merupakan sebuah tempat dimana para seller berjualan disana, bisa diartikan toko mereka deh. Disana juga kita melakukan banyak aktivitas penjualan disana, mulai dari upload produk jualan kita, komplain dari konsumen hingga sampai pada proses retur juga.

Nah untuk aplikasi Blibli seller apps ini kita sebagai seller semakin dimudahkan untuk jualan online dengan hanya download melalui playstore. Sebenarnya hakikat dari MTA dan juga Blibli Seller Apps ini sama-sama memudahkan bagi seller untuk memproses jualannya.

Perbedaannya sih hanya kepada untuk MTA ini diakses nya lewat PC, sedangkan untuk Blibli Seller Apps ini full lewat gadget kesayangan kalian, dimulai dari foto produk, menguploadnya hingga memantau aktivitas dari barang-barang yang sudah kita upload itu. Sampai-sampai pada proses evaluasi dari performa toko teman-teman sendiri lho. Kece kan!

Yuk kita kenalan sama fitur-fitur yang ada di Blibli Seller Apps ini:

  1. Menu Dashboard: Disini kita bisa memantau toko kita secara langsung atau dapat dikatakan sebuah ringkasan dari aktivitas dan juga resume dari gimana level pernjualan kita. Bahkan dilengkapi dengan rating juga lho.
  2. Menu Orders: Di menu orders ini kita dapat memantau semua pesanan, baik dari sisi kita seller dan juga dari konsumen. Udah gitu, kita bisa nentuin strategi penjualan kita, dengan merespon customer dengan cepat, rating kita jadi tinggi
  3. Menu Product: Dengan hadirnya menu product ini, tentu seller menggunakan fitur ini untuk menambahkan list product mereka, dan sekaligus memantau kondisi stock dari ketersediaan barangnya itu sendiri
  4. Menu Product Submission: Pada menu submission ini kita pantau apakah sudah di approve atau belum product-product yang kita up
  5. Menu Return: Dengan menjadi seller di Blibli, itu yang paling melegakan adalah adanya barang dikembalikan atau return. Sehingga, dengan hadirnya menu return di Blibli ini, kita terbantu karena pihak Blibli yang akan menyeleksi produk yang memang untuk di return
  6. Menu Promotions: Dimana menu ini membantu memancing para customer untuk membeli produk di toko kita yang hadirkan semacam voucher gitu. Seru ya!
  7. Menu Share In Social Media: Ini adalah yang paling dinanti kalo kita berjualan, yup! media promosi dengan sosial media itu berdampak banyak terhadap kemajuan dari toko seller, hanya dengan klik share aja gitu
  8. Menu Product Discussion: Berupa forum tanya jawab antara seller dengan customer, dengan hadirnya menu ini semakin cepat respons kita kepada costumer, makin meyakinkan kan ya.

Menu Analytics di Blibli.com

(keuntungan dari Menu Analytics di Blibli.com .Dokpri)
Ini adalah fitur terakhir yang disediakan oleh Blibli Seller Apps karena Menu Analytics ini tentu membantu banget bagi seller untuk semakin meningkatkan penjualan. Karena, dalam penjualan atau apapun sih di dunia ini jika tidak dilakukan analisa, kurang terlihat perkembangannya.

Oleh sebab itu dengan bantuan fitur Menu Analytics di Blibli itu ngebantu banget buat ngerekap bagaimana progress penjualan mingguan dan juga harian kita. Sebagai penjual tentu harus sadar akan bagaimana pasar kita, bagaimana kita membutuhkan sebuah inovasi, perbaikan dari sistem service dan sampai kepada peningkatan untuk biar financial kita tetap stabil di kala mewabahnya pandemi covid-19 ini yang entah sampai kapan mereda, aku sih terus berdoa semoga disegerakan.

Tentu dengan menggunakan banyak sekali keuntungannya dari Blibli.com ini aku secara pribadi makin semangat buat jualan online. Dengan jualan online tentu memudahkan kita dalam masa-masa social distancing ini, yuk kita produktif untuk menambah segi pemasukan kita dengan berjualan di Blibli.com ini!


12 komentar

  1. Berbisnis online jadi semakin mudah yah, cukup lewat aplikasi di hape semuanya bisa dipantau

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah nyoba jualan di Blibli selama ini jadi pembeli aja, semenjak dirumah aja jadi kepikiran mau jualan online.. ntar nyoba jualan di Blibli juga ah :)

    BalasHapus
  3. sekarang bisnis online jadi lebih maju ya, apalagi banyak toko online yang dukung nih. kaya blibli ini loh, keren banget jadi makin untung.

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu kalau jualan di Blibli bisa free foto produk, gratis packaging 😯 sekarang jadi lebih mudah untuk jualan online yaa

    BalasHapus
  5. Wah dengan ini jualan di Blibli gampang banget yah. Keren deh..jualan jadi makin untung. Jadi pengen ikutan jualan juga nih di Blibli.

    BalasHapus
  6. Apa lagi disaat sekarang yang harus stay at home, sangat bagus ya mba kalau kita berbisnis online dan pastinya untung banget.

    BalasHapus
  7. Wah-wah ada merchat analysis pula ya Mbak Grandys... jdnya sangat membantu penyedia layanan untuk semakin memahami kebutuhan seller dan customernya yaa

    BalasHapus
  8. Jualan online di blibli simple ya nggak ribet, maka wajar aja bila seller nya bertambah terus. Sukses buat bisnis nya, Grandys

    BalasHapus
  9. wah, bagus juga kalau udah ada yang seperti ini. makin mudah berbisnis jadinya

    BalasHapus
  10. Aku tertarik juga nih mba Grandyysss, kemarin pas nanya temen yang udah gabung juga katanya nggak ribet malahan lebih gampang

    BalasHapus
  11. Ada merchant analysis nya ya mba? Keren ya. Sangat membantu buat pebisnis rumahan kayak aku hihi

    BalasHapus
  12. Setujuuu. Dengan adanya menu analytics begini, jadi gampang banget monitor toko dan juga penjualan di Blibli. Salut nih dengan aplikasi ini

    BalasHapus