[Review] Film Money Heist Season 1 & 2 (Serial Netflix)

Review Film Money Heist
(Cast: Berlin, Helsinki, Oslo, Nairobi, Professor, Moscow, Denver, Rio, Tokyo. source pict: ivacy.com)

Review Film Money Heist Season 1 & 2 - Bagi para pecinta serial Netflix Original, insya Allah semuanya ga asing lagi sama serial Money Hesit atau dalam bahasa Spanyol nya La Casa De Papel. Tuh kan aku sampai hapal, ya gimana dong, film Money Heist ini benar-benar membuat aku jatuh hati dan selalu nagih buat enter next episode ketika episode berakhir.

Langsung aja ya tanpa intro apa-apa karena yang mau aku bahas disini adalah review Film Money Hesit dari Season 1 dan juga Season 2 sehingga buat yang mau nonton nanti akan kebayang alurnya seperti apa dan juga sisi menarik dari Film ini.

Review Film Money Heist Season 1 

Disini kalian akan dibuka dengan intro lagu-lagu khas Spanyol dan setiap mereka sedang bersitegang dengan kepolisian dan juga aparat, intro lagu ini auto diperdegangarkan. Yaitu sebuah folk song dengan judul Bella Ciao. Bahkan saat aku nulis review ini aja, auto terngiang-ngiang dong itu lagunya haha.

Jadi Film Money Heist ini awalnya merupakan film series dari negara Spanyol namun sudah diakuisisi oleh Netflix ketika memasuki Season 3 dan akan on the way Season 4 nya yang akan tayang di bulan April mendatang. Tentu aku udah sangat nunggu-nunggu banget, karena selama film ini aku tonton, ga ada keluhan di pertengahan aku merasa bosan lalu selingkuh kepada film dengan judul lainnya (istilah doang ya ini mah wkwk).


Pemain yang ingin aku perkenalkan disini dan membuat aku super salfok adalah Professor yang memiliki nama Sergio dan memperkenalkan kepada Racquel (Inspektur Morillo) adalah Salva, namun menyebut dirinya Professor karena dalam misi pencurian uang ini, sesama anggota tidak boleh mengenali identitas diri secara personal, termasuk nama asli masing-masing. Professor merekrut anggota sebanyak 8 orang, dengan memiliki nama masing-masing berasal dari nama-nama kota lho, yaitu Berlin, Tokyo, Nairobi, Rio, Denver, Moscow, Helsinki, dan Oslo.

Misi pencurian uang ini untuk mengenang sang Ayah

Fyi, dalam Film Money Heist ini awalnya adalah misi Professor yang dikenal sangat-sangat jenius, ia merencanakan semuanya sangat detail karena misi besarnya untuk membalaskan apa yang telah ayahnya perbuat. Sama juga, ayahnya mencuri badan percetakan uang.

Dalam setiap rencana yang ia susun dengan sangat strategis, seperti ia memainkan bidak catur tersebut, rasanya langkah-langkah pihak kepolisian itu seoalah-olah terbaca olehnya. Jadi kalo aku bilang, fokus yang ada di film Money Heist ini bisa merubah suasana hati untuk mencintai setiap karakter yang ada. 

Padahal namanya pencurian ya, ini tuh beneran kayak hate and love gitu lho. Jadi, perencanaan ini Professor susun di sebuah rumah yang mirip istana di pedesaan Toledo. Anggotanya dilatih untuk lihai dalam menembak, terampil juga dalam menangani hal medis, sampai pertimbangannya kepada rencana kaburnya mereka untuk mencuri di Badan Percetakan Uang Spanyol ini sebesat 984 juta Euro ini.

Mengikuti Alur yang Fantastis

Film Money Heist ini miliki karakter yang sangat kuat dari setiap perannya, contohnya Tokyo dan Nairobi. Kedua perempuan yang membuat aku suka sama ketangguhannya dan langsung males kalo Tokyo sudah muncul sisi labil dan mudah emosi.

Masuknya mereka ke Badan Percetakan Uang Spanyol ini ketika ada sasaran kunci supaya bisa mengulur waktu mereka dalam mencetak sejumlah uang tersebut, yaitu putri seorang Mentri bernama Alison namun ia mengalami bully, dan selama menjadi sandera ia diberikan nasehat dari Tokyo.

Otomatis yang tadinya kesel sama pencurian ini, ada sisi kita itu setuju sama perlakuan dari para perampok ini. Sandera-sandera ini diperlakukan baik dan juga manis lho, mereka dikasih makan dan minum dan wajib memakai jumpsuit warna merah serta topeng Dali. Ini berguna ketika aparat kepolisian bernegosiasi dan alot, yang keluar dari gedung ini tidak terdeteksi mana sandera dan juga mana perampok.

Hebatnya setiap akan tertangkap identitas dari Professor oleh Racquel (Inspektur Morillo) ini semakin dalam Professor dan Racquel menaruh perasaan, sehingga mereka saling jatuh cinta. Padahal, rekanan dari Racquel, yaitu Angel sudah menaruh curiga kepada Professor ini sampai ia mengunjungi markas dari Proffesor (dalam memantau kondisi pencurian di Badan Percetakan Uang Spanyol tersebut) dan melibatkan mantan suami Racquel yang seorang ahli forensik.

Munculnya Syndrom Stockholm

Dilakukannya penahanan terhadap sandera-sandera tersebut adalah agar mereka bisa bantu untuk percetakan uang dan mencapai target pencurian. Bahkan, ada seorang bapak yang mengaku sangat bersemangat untuk menuruti perintah Nairobi saat ia diminta untuk menjadi leader salam percetakan uang tersebut.

Dan berikutnya adalah kehadiran sandera bernama Arturo yang membuat gengges karena ia menghamili Monica Gastambidze sekretarisnya dan tidak mengakuinya. Dalam keadaan seperti ini muncul kemarahan Berlin yang bertugas menjadi leader lapangan selama perampokan berlangsung dan berhubungan dengan Professor 

Lalu Monica ini mengalami tembakan karena mencoba mengkonfrontasi perampokan atas perintah Arturo dan secara tidak langsung, pelan tapi pasti ia dirawat oleh Denver, lalu mereka bisa saling jatuh cinta lho. Begitu juga dengan Professor dan Racquel dari satu sisi mereka saling bermusuhan namun Racquel begitu jatuh cinta terhadap Professor.

Review Film Money Heist Season 2

Review Film Money Heist
(Jumpsuit Merah dan Topeng Dali. source pict: Farchan @efenerr on Twitter.com)

Pada season 1 itu banyak konflik terjadi antara perampok dan juga sandera beserta dengan aparat kepolisian, terutama saat melakukan negosiasi itu, yang paling menjadi ciri khas adalah ketika menggunakan pensil ataupun pulpen untuk menggulung rambut dari Racquel. 

Dan pada season 2 ini lebih kepada hampir saja perampokan ini berakhir gagal, karena beberapa kali ada kejadian yang membuat misi mereka mendapatkan 984 juta Euro ini digagalkan oleh kepolisian. Puncaknya adalah ketika ayah dari Denver yaitu Moscow mengalami luka serius saat menyelamatkan Tokyo.


Karena saat itu Tokyo berhasil ditangkap oleh kepolisian dan ini saatnya ia diintrogasi oleh Racquel bersamaan dengan Angel mengalami kecelakaan parah karena ia berusaha mencari kebenaran hingga ia putus asa disaat Racquel mempercayai Salva yang jelas-jelas merupakan Professor.

Cara cerdas dan taktik-taktik yang dilakukan oleh Professor dalam menangani kasus pencurian uang ini hampir banget tertangkap dan lagi-lagi kepolisian mengalami kegagalan. Entah kenapa pas kepolisian gagal itu rasanya aku ingin tertawa karena pemain disini perannya bagus-bagus banget lho!

Yang mencengangkan di season 2 ini adalah ketidakhadiran lagi Moscow dan juga Oslo, yang merupakan orang yang dekat dengan Helsinki (karena perawakannya mereka ini mirip) ini dikarenakan adanya serangan dari dalam yang dilakukan oleh Arturo dan menyebabkan Oslo mengalami koma dan tidak bisa berinteraksi hingga ia meninggal.

Akhir yang paling menegangkan dan tidak disangka karena hanya selang beberapa menit saja setelah Racquel begitu geram karena Professor itu adalah Salva yang selama ini membuat ia nyaman adalah dalang dari pencurian uang ini melakukan kejar-kejaran, hingga disaat sedang menggali terowongan, Racquel sudah dipecat sebagai inspektur karena diduga bersekongkol. Dan saat itulah ia berbalik menjadi team yang juga mendukung Professor.

Disitu yang menggugah masyarakat menjadi simpati kepada mereka dan begitu juga aku sebagai yang penonton adalah perkataan Professor kepada Racquel bahwa pencurian uang ini sama saja seperti Liquifikasi yang dilakukan oleh bank-bank dalam sebuah mata uang. Dan disitu aku langsung beseru, KEREN BANGET FILMNYA! Teman-teman ada yang udah nonton juga atau ada yang berminat nonton setelah baca review aku ini? Nanti masih ada postingan untuk Season 3 dan 4 nya lho!

25 komentar

  1. Aaa aku suka bgt film2 macam gini, yg berbau kejahatan gt trus orangnya ketangkap, wkwkwk
    Blm pernah nonton nih mbak, ku tunggu sesion 3 dan 4 nya mbak

    BalasHapus
  2. Aku gak ikutin serial ini karena memang di rumah langganannya catchplay, bukan netflix. Tapi dari alur ceritanya yg penuh trik dan action, film ini cukup menarik ya.

    BalasHapus
  3. Udah mau season 4 kan yak? Banyak banget yg suka sama film ini. Baru sadar ternyata ini film dari Spanyol pantes aku liat poster terbaru kok pake Bahasa Spanyol tapi jumpsuit merah dan topengnya aku kenal, ya memang walaupun belum pernah nonton. Salah satu film Netflix yg mesti kutonton nih

    BalasHapus
  4. Wah seru ya mba. Duh akutu jarang nonton. Kudet deh. Anyway thanks reviewnya yaaa

    BalasHapus
  5. Terima kasih Mbak atas reviewnya, saya suka nih alur dan ceritanya. Genre yang kusukai ini, juga film horor.

    BalasHapus
  6. Belum nonton, tapi akan nonton setelah baca review ini.Ternyata menarik ya, temanya itu loh

    BalasHapus
  7. Wah Mbak Grandy doyan serial kaya gini ya aku netflix nonton koreanya aja 😅. Suka deg degan kalau nonton berbau trailer gini hihi

    BalasHapus
  8. ah aku penasaran, tapi tak sempat nonton wkwkwk. pekerjaanku semakin buanyak heuheu, pengen deh luangin waktu nonton seharian, tapi itu tak mudah. makasih infonya ya, mau dijadiin wishlist dulu yagn entah kapan nontonnya, haha.

    BalasHapus
  9. Yuni juga suka sih nonton film aksi begini. Apalagi ada romance-romance nya gitu. Duh, aku bisa baper parah. Tapi kan aksi ya. Aduh, Yuni mah gitu. Hehehe

    BalasHapus
  10. Ohh jadi tanyangnya April dong.. bulan depan yeayy.. secara ya film bernuansa Spanyol kayak gini itu jarang banget dengan lagunya yg khas pasti apalagi inti filmnya menyentuh hati pasti bakalan seru kalau nonton rame2 bareng keluarga atau teman se genk ya yeayyy

    BalasHapus
  11. Huhuhu aku tak pernah nonton Mba Grandys. Tapi ya baca reviewnya kok seru.. anak-anak belum bisa dikondisikan . Hiksss

    BalasHapus
  12. Ashiapppp jadi next tontonan inimah
    Jd punya gambaran n kayaknya seruuuu
    Yq tq

    BalasHapus
  13. Lucu banget foto-fotonya. Apalagi film "Darling". Supaya ada revew yah. Takut jugaudah 100 Rini

    BalasHapus
  14. Pencurian untuk mengenang sang ayah? Waduh. Tapi keren nih yang bagian sandera sama perampok pakai baju dan topeng sama, jadi gak bisa dibedain. Aku jadi pengen nonton langsung deh di Netflix, belum nonton akutu :(

    BalasHapus
  15. Ceritanya keren. Paling suka film2 sejenis ini apalagi bagian semua pakai baju yang sama dengan sandra. Pasti modalnya banyak tuh perampok wkwkw. Kemarin nonton film india agak sedikit mirip konsepnya yaitu perampokan alat pencetak uang dan keren banget juga.

    BalasHapus
  16. La Casa De Papel pinter ya, para penjahatnya pake nama samaran kota-kota di dunia. Sayang Jakarta apa Bandung ga dipake ya hihi... Tfs Mba Grandys jd tau film Spanyol Money Heist ini.

    BalasHapus
  17. Lha.. Ada juga serial Spanyol di Netflix?? Aku cuma mantengin K-drama aja siiih.. 🤭🤭 tapi ini jalan ceritanya keren gitu ya. Aku suka cetita yang ada karakter wanita tangguh di dalamnya.

    BalasHapus
  18. Wah sayangnya di Netflix doang ya Mba? Jadi inget film project Guttenberg, yang isinya juga ttg nyetak uang :D

    BalasHapus
  19. Ini yang kemarin di krl ku perhatikan ada yg nonton dari smartphonenya siaran netflix... mau coba belum kesampaian ... maklum kuota terbatas

    BalasHapus
  20. Aku suka banget genre film horror..baca resensi filmnya jd penasaran sama isi filmnya...keren cara meresensi kan ceritanya ..mantul kak

    BalasHapus
  21. Konon katanya banyak serial menarik di Netflix ya, Mbak. Saya belum pernah install sih, tapi apa untuk menonton di sana harus berlangganan?

    BalasHapus
  22. Wehhh udah smpe season 2 aja.

    Liat banner nya mbak aku tertarik ntn deh...


    Pengen juga mantengin Netflix inihh... Langganan biaya berapa sih mbak??

    BalasHapus
  23. Pernah download Netflix, niatnya buat nonton serial serial macam diatas, eh taunya provider yg kupake gak bisa sama Netflix. :(

    BalasHapus
  24. Karena kebutuhan kemarin langganan netflix, tapi belum semnpet mantengin serial ini sih. Duh kalo tau reviewnya bagus gini tadi ngikutin ya. Hmmm

    BalasHapus
  25. Tokyo ini emang cantik dan sexy banget, pinter battle dan ga takut dengan apapun. Cuma! dia egois enggak berpikir panjang dan kerap nyusahin temen-temannya.

    BalasHapus