Covid-19: 10 Hal Yang Membuat Hari-Hariku Berubah

Hal yang berubah akibat covid-19
(Hal-hal yang berubah ketika covid-19 datang. Dokpri)

Saat pemberitaan mengenai covid-19 ini dan sudah menginjak di waktu satu bulan, berasa adem senyap gitu gak sih rasanya? Kalo boleh jujur nih ya, covid-19 ini membuat dimensi dalam hidup aku berubah lho.

Curhatan soal covid-19, keinginan untuk bekerja ranah publik lagi

Kalo boleh curhat yang pertama aku takutkan setelah takut terinfeksi layaknya film-film zombie yang entah kenapa jadi film utama untuk mengusir kebosanan kami berdua selama di rumah aja ini tuh adalah dari segi financial. Rasanya tuh antara merengek-rengek lagi sama suami buat aku bisa kerja lagi, trus dibantah sama suami (secara halus dan pelan-pelan) kalo aku saat ini fokus dan waktunya untuk menunjukkan karya sebagai penulis.

Lalu aku bantah balik dong (plis jangan ditiru ya hehe) tentu bantahnya sih lebih kepada pembelaan diri kalo keadaan ini jadi serba membingungkan, aku takut tidak cukup, melihat benar-benar selama WFH ini ya seperti ini keadaannya. Dan suami lagi-lagi memberikan analogi ketika aku bekerja lagi, pasti nanti akan membuat aku makin stress, tidak bahagia, walaupun katanya memang uang sudah membuat kita merasa bahagia, dengan pengalaman bekerja selama 5 tahun di industri farmasi.

Ketika Covid-19 menyerang, runtuhlah mimpi dan juga harapan, emang iya?

Hal yang berubah akibat covid-19
(Kangen kantor ga? Haha. Dokpri)

Kalo dikeluhkan berdampak, banyak orang-orang diluar sana yang mengalami stress luar biasa dari covid-19 ini dan suami malah menyemangati aku untuk menjadi enterpreneur aja dan cukup untuk dia yang bekerja, karena sebagian rezeki itu datang dari cara berdagang.

Aku kembali muring-muring karena stress dan jadi overthinking kalo gimana-gimananya dari covid-19 ini masa depan kita gimana dong. Trus aku iseng buat catatan sendiri sambil dengerin suamiku nasehat yang intinya memang ada 10 hal yang membuat kehidupan sehari-hari itu menjadi berubah.

1. Kehidupan Finansial Yang Sedikit "Goyang"
Haha, kalo aku sih anaknya kayak nothing too loose sih dari dulu. Kadang pas masih dalam keadaan bekerja di pabrik dulu, merasa ya alhamdulillah dan saat ini jauh lebih alhamdulillah lagi walaupun aku tidak ada pekerjaan tetap dan alhamdulillah suami bekerja.

Jika menelisik dari segi kecukupan, terbukti dengan aku yang tidak berpenghasilan tetap, memiliki rasa kecukupan, ya walaupun bisikan untuk kembali bekerja di ranah publik itu makin menguat seiring belum jelasnya kapan wabah pandemi covid-19 ini dinyatakan berakhir. Toh, walaupun sudah berakhir juga tidak bisa langsung pulih gitu aja, ada masa-masa recovery sampai semua aman dan kembali seperti semula.

Apa sih yang mempengaruhi kehidupan financial dimasa covid-19 ini? Tentu dari segi penghasilan ya, karena tidak semuanya berada di office dan bisa bekerja secara WFH maka ini menjadi concern tersendiri. Makanan sehari-hari terus berjalan, ditambah kalo yang aku rasakan itu adalah saat meeting teleconfrence harus sediain camilan, berbeda kalo saat dia di kantor cofee break pasti sudah disediakan. Yang sangat terasa memang tidak ada uang transport atau bensin sih guys, jadi pintar-pintar mengelola dan atur aja semuanya hingga kembali stabil, semangat!

2. Menjadi "parno" sedikit-sedikit cuci tangan
Ya memang harus kayak gitu sih, karena dalam artikel aku sebelumnya, penyebaran virus covid-19 ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Dan bukan sesuatu yang bisa dicibir atau menganggap kalo ini tuh virus yang akan ngenain orang-orang kaya (btw, pas aku denger ini sedih banget lho). 

Karena aktivitas cuci tangan ini adalah sebagai pemutus rantai penyebaran juga, bayangkan aktivitas kita banyak dilakukan oleh tangan, yang terkadang kita refleks dan ga sadar habis pegang benda-benda yang ga tau riwayat sebelumnya dipegang oleh banyak orang juga.

Platform sosial media saat ini juga makin kreatif dengan menyimak ajakan untuk cuci tangan, daripada menggunakan handsanitizer kecuali buat yang memang beraktivitas di luar rumah. Nah oleh karena itu kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh orang-orang untuk meraup keuntungan dengan menimbun barang-barang yang tadinya berlimpah, sekarang sampai terbatas dan dimana-mana habis. 

Coba bayangkan, masker medis, handsanitizer, sarung tangan, itu sengaja ditimbun untuk apa? Padahal para pekerja medis sangat membutuhkannya. Ga hanya itu, ketersediaan hand wash di beberapa supermarket menjadi  langka dan begitu juga dengan desinfektan yang susah banget buat dicari. Bahkan, ketika ada yang update di sosmed, kalo di supermarket A hadir dengan harga normal untuk kebutuhan tangkal covid-19 itu, pas kita sampai disana, udah ludes habis!

3. Yang dulu dianggap skeptis, "bekerja di rumah emang kerja?"

Hal yang berubah akibat covid-19
(Definisi dari Work From Home selama covid-19 sampe mati gaya wkwk. Dokpri)

Entah kenapa passion aku kalo untuk bercerita itu makin kuat ya haha. Ini tuh jadi bahan perenungan bersama ketika dulu pas awal-awal memutuskan buat slow living seperti kata kak Apriej yang pernah dibahasnya di igs, kalo pekerjaan itu kembali sama prinsip diri kita dan sudah sinkron dengan pasangan.

Boleh orang lain memberi saran bla-bla gitu, tapi pemutusan tetap di tangan kita dan ga ada hak dong buat mereka nyinyirin apalagi sampe judgement kalo ga kerja on office itu ya ga kerja, hemmm. Emang kalo orang berdagang, berbisnis dia punya kantor sendiri lho, dan dia ga on office. Coba deh ya...

Sehingga hadirnya covid-19 ini auto membuka mata batin yang tertutup kalo kerja itu ya harus on office menjadi, "oh iya ya, bisa bekerja dari rumah, dengan memanfaatkan teknologi yang ada". Tuh kan, aku mah disini bukan merasa yang gimana-gimana ya, tapi merasa menyesali aja kalo beda generasi gitu, trus gamau jadi beradu argument, ntar aku dikira ga ngewongke wong tuwo, jadi aku cuma jawab "iya hehe" dan "nggeh bu opo pak" gitu tok wes.

4. Aku rindu dengan Mall disaat weekend
Kerinduan itu semakin nyata adanya ketika masuk pada minggu ketiga stay at home, trus rasanya kayak gamang gitu ga ke mall. Aku bahkan merasa reward banget ketika bisa ke supermarket (non mall) gitu kayaknya udah kayak ke mall.

Bisa dandan sedikit rapih, gapakai daster dan bergo, jadi bisa meap meap tipis, nambahin polesan lipen sedikit dan juga sebenarnya ada bagusnya, memang jadi ga konsumtif sih, beli-beli barang lucu yang ada di mall. Etapi jangan salah, malah barang lucu itu hadir di rumah dengan kita klik-klik pada e-commerce, trus di depan pagar ada yang bilang "pakeeeeeet".

5. Menjadi lebih dekat lagi sama suami dan keluarga
Hal yang berubah akibat covid-19
(covid-19 membuat kita makin dekat tapi ya suka ada dramanya haha. Dokpri)

Jujur yang paling dirasakan selama masa di rumah aja ini tuh jadi kemana-mana mentoknya sama suami haha. Ga gitu, maksudnya kalo pas dulu di kantor terus, dia biasa pulang lewat dari jam 8 malam sampai di rumah atau paling cepet jam 6 sore, sekarang everyday dia ada terus dan memang menjadi lebih sibuk sampai rebutan meja kerja haha. 

Lalu yang aku syukuri banget adalah suami jadi ngerti kerjaan rumah tangga itu berat kalo ga ada yang bantuin. Hingga akhirnya dia sadar sendiri tanpa perlu aku cerewetin atau aku ngeluh kalo capek habis setrika, nyuci, ngepel dan juga beresin lemari baju. Waktu dulu pas belum munculnya sang virus covid-19 ini rasanya dia tuh fokus di kantor aja, apa karena memang kita masih berdua, jadi dia merasa aku bisa handle itu semua.

Alhamdulillah banget-banget lho, karena WFH dan stay at home ini kita bisa jadi tau kerjaan masing-masing. Gitu juga aku jadi tau hectic nya dia kalo di kantor gimana, karena setiap weekdays dia harus open laptop untuk ikutan meeting, jadi ya kita bisa jadi sama-sama mengerti dengan lebih.

6. Bisa mengikuti kelas-kelas online dan semakin bersemangat
Pertama kalinya merasa sangat terfasilitasi dengan hadirnya beberapa webinar dan juga kelas online, membuat aku makin berbinar untuk bisa mengikutinya. Kadang ada fase aku begitu ingin istirahat sejenak tapi gabisa, pengennya ikut terus hihi.

Dan hal ini makin meyakinkan kalo teknologi itu benar-benar merubah kondisi dan juga gaya hidup kita ya, dari pola pikir kita saat ini juga sudah mulai bergeser lho. Siapa sangka kalo ada bimbel yang dilakukan secara online?

7. Nyoba banyak resep baru yang terlihat sulit tapi ternyata mudah 
Ini dia! yang ga aku sangka adalah nyoba resep baru. Bukan aku tuh gabisa masak ya, aku pernah dibilangin sama mamahku kalo semua wanita itu pasti diberikan kelebihan dalam urusan dapur. Tangan wanita itu bisa menciptakan masakan menjadi sangat lezat, walaupun dengan menu sederhana.

Sehingga di saat WFH gini, aku super mutar otak karena pernah ngerasa satu harian itu kok rasanya berkutat sama dapur doang, boro-boro mikir tulisan. Trus akhirnya bikin ungkepan buat bisa digoreng trus tinggal pakein nasi dan jug sambel. Udah gitu belum lagi siapin cemilan ini dia nih, mulai dari fenomena Dalgona, trus hadirnya es krim Vienetta trus aku juga jadi ikutin resep-resepnya cheff Wilgoz yang mudah trus g mager buat bikin haha.

8. Menjadi was-was setiap mau keluar rumah
Semenjak covid-19 intensitas keluar rumah ya sejarang itu, ya gimana, jadi serba parno dan saatnya mengandalkan belanja online. Tapi ya cukup bikin jadi overwhelmed aja gitu, karena terbiasa kalo kurang apa gitu bisa ke warung, trus skincare abis bisa sambil jalan ke mall. 

Sekarang? Sungguh terakhir kalinya aku ke mall itu waktu awal Maret gengs. Dan ini jangan sampai bikin stress sendiri, karena virus tak tampak, bukan berarti virus itu usai, malah aku semakin takut dan mau menjaga diri sampai benar-benar ada pengumuman bahwa kondisi sudah aman. Percaya atau tidak ini juga menimbulkan kreativitas di bidang fashion, seperti jaket anti corona yang ada pelindung wajahnya.

9. Makin mendekatkan diri kepada Allah

Selalu mengembalikan apa-apa kepada Allah, karena aku tau penyakit ini datangnya juga atas izin Allah. Pasti ada maksud kenapa kita diberikan kondisi seperti ini oleh Allah. Bukan tanpa sebuah sebab, pasti Allah ingin kita menjadi lebih berkualitas bersama keluarga, karena sadar selama ini kita kayak disibukkan dengan pekerjaan dari pagi hingga malam. 

10. Menjadi tau beberapa istilah yang dekat dengan covid-19

Sudah familiar banget kan ya sama istilah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), social dan juga physical distancing, ODP (Orang Dalam Pengawasan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan), OTG (Orang Tanpa Gejala), lockdown, karantina dan juga isolasi.

So, aku membagikan ini tuh sebagai rasa dari aku yang terkena dampak, tepatnya kena sport jantung karena mengalami karantina mandiri selama 14 hari itu. Cerita lengkapnya ada di postingan sebelumnya ya hehe. Kalo kamu apa yang berubah? Ada yang sama kayak aku? Share yuk di kolom komentar ya!

11 komentar

  1. Yang sama kaya kak Grandys sih sepertinya finansial yah kak, tapi beda juga takarannya hehe kalo kak Grandys katakan sedikit goyang, kalo aku banyak goyang nya kak *lah jadi curhat disini hehe. Tapi so blessed masih dikasih banyak nikmat kak :) sehat2 yah kak Grandys ;)

    BalasHapus
  2. Bener sekali ya, hampir semua orang merasakan hal yang sama. Banyak yang berubah sejak pandemik, mulai dari penghasilan, cara kerja hingga hubungan. Insha Allah, kita semua akan dipermudah kelak.

    BalasHapus
  3. Ahh semua pointnya aku rasakan, begitupun yang dirasakan semua orang.
    Yang pastinya no 1 semua resaah Mbanget, tapi sebisa mungkin berdamai dan percaya insyallah sudah ada rezekinya asalkan kita berusaha.
    Semangat buat semuanya, mari kita lawan bersama babang koron yuk, tetep fokus bekerja dan berkarya di rumah

    BalasHapus
  4. Pola hidup saya juga berubah sejak wabah corona ini. Yang jelas, jadi rajin cuci tangan dan nggak keluar rumah kalau nggak perlu. Kalau habis belanja, semua belanjaan langsung dicuci pakai sabun.

    BalasHapus
  5. Kurang lebih samalah Mbak, hanya ketambahan WFH dan LFH. WFH wajib buat aku, jadi setiap Selasa-Rabu-Kamis wajib depan laptop n hp karena nagajar online, harus memahami posisi dan kondisi mahasiswa di luar daerah juga...lucu dan unik ceritanya, ha..ha.. lalu LFH ini selalu menemani anak belajar, wajib banget. So, memanage waktu klo akunya.

    BalasHapus
  6. Ahh well noted. Ke-10 poin di atas aku rasakan banger Dys, sehati kita hehe. Alhamdulillah tetap bersyukur dengan kondisi saat ini, berikhtiar terbaik dan pastinya berdoa.

    BalasHapus
  7. Kayak kami emang jadi parnoan. Sedikit-sedikit cuci tangan, sebentar pegang barang apa aja cuci tangan. Tapi gpp juga sih jadi lebih aware dan waspada.

    BalasHapus
  8. Iya kak ada benarnya semenjak covid semua kehidupan kita jg ikut berubah. Smoga pendemi corona cepat usai Amiin

    BalasHapus
  9. Hehehe bener juga. Dulu saya di rumah saja dicurigai. Kerja apa? Kok bis dapat ini itu? Padahal di rumah saja.
    Sekarang justru semua mengalaminya ya hehehe

    BalasHapus
  10. Semua kebiasaan itu akhirnya memberi berkah terhadap apa yang tidak kita dapatkan sebelum pandemi :)
    Hikmah yang ada patut disyukuri dan kita juga wajib berjuang untuk kondisi yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  11. Memang banyak hal yang berubah. Tetapi, banyak perubahan yang ke arah baik. Semoga aja bisa ambil hikmah dari semua ini, ya

    BalasHapus