Mugshot Challenge Yeay Or Nay Untuk Diikuti?

tentang mugshot challenge
(Opini mengenai Mugshot challenge. Dokpri)


Sebuah opini untuk memberanikan speak up mengenai persoalan yang challenge-challenge nya itu memang terkadang menarik dan pada jaman sekarang ini, era digital, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencari viewers tertinggi dalam hal apapun, untuk dapat mereka menjadi men on show.

Persoalan Challenge meng-challenge

Sebenarnya, silahkan aja mau jadi men on show jika konten yang dibagikan itu dapat memberikan kebermanfaatan. Aku malah banyak bersyukur kalo banyak yang menyebarkan banyak kebaikan dari beberapa konten yang mereka buat dengan kreativitas tanpa batas itu.

Nah, maraknya challenge itu apa hubungannya sih sama sebuah kebaikan? Kalo kebaikan kan memang ngajaknya sama persoalan mengajak buat jadi lebih baik kan. Ada sih beberapa challenge gitu yang kita adi ngehargain waktu, kehadiran seseorang bahkan bisa jadi merubah lifestyle kita yang sebelumnya misal boros banget.

Misal challenge belanja di supermarket dikasih waktu selama setengah jam dengan budget 150ribu bisa untuk hidup bersama keluarga selama 2 minggu kedepan. Itu challenge yang berfaedah banget menurutku, jadi tau mana prioritas untuk kebutuhan dan mana yang namanya cuma "mupeng" mau doang tapi ya sebenarnya kalo ga beli ya ga akan kenapa-kenapa.

Dan juga bisa jadi menghemat waktu, tidak ada waktu terbuang untuk semacam window shopping, karena kita udah tau mau beli apa dan untuk apa sehingga yang tralala trilili kayak gitu, di skip dulu. Lah, kalo anak kita gabisa dititip lama ke ibu mertua kita, misalnya, kita kan harus cermat buat eksekusi belanjaannya 

Mari Diskusi Soal MUGSHOT Challenge

Jadi sebenarnya Mugshot challenge yang saat ini sedang viral di Tiktok itu challenge yang menampakan wajah kita di make up menyerupai orang-orang yang mengalami kekerasan. Mukanya pada lebam, bagian mata tampak menghitam, lalu kadang ada juga yang saking totalitasnya menampakkan darah keluar dari beberapa bagian (hidung misalnya).

Padahal, dalam arti informalnya dalam dunia kepolisian, Mugshot ini adalah istilah pengambilan gambar atau foto dari pelaku kejahatan, guna merekam data kriminal mereka. Tak jarang, pelaku kriminal ini saat sudah ditangkap oleh kepolisian mengalami wajah yang penuh luka, baik luka goresan, luka lebam yang mungkin saja akibat dipukuli oleh masa.

Jujur aja, saat tau berita mengenai kontroversial dari Mugshot Challenge ini kok agak kurang linier dengan arti harafiahnya ya. Oya, aku ingatkan, tulisan ini sebagai opini pribadi aku aja dan setelah membaca dari berbagai sumber referensi dan juga beberapa postingan yang diikuti juga oleh para selebgram tanah air.

Akibat Mugshot Challenge Jadi Blunder Antara Aksi Anti Kekerasan dan Malah Jadi Tak Sensitif Kepada Korban Kekerasan yang Sebenarnya

Kalo kalian penasaran tentang apa sih Mugshot Challenge ini karena disini aku ga akan post foto contoh Mugshot challenge nya dan teman-teman bisa cek dengan hastag #mugshotchallenge di instagram udah langsung muncul kok.

Menurut aku untuk Mugshot Challenge ini kurang begitu pas jika dijadikan konten challenge, memang sih ini sebuah karya seni dari seni bermake up dan menjadi eksplorasi diri juga bisa jadi ada skill untuk jenis make up ini yang dalam konten bermake up yang ada luka, lebam atau goresan biasa di sebut dengan SFXMakeup. Nah kalo teman-teman penasaran soal SFXMakeup ini kayak gimana, bisa cek di hastag juga ya.

Saat membaca dari sumber Tempo.co, Komnas Perempuan yaitu Ibu Siti Aminah Tardi mengatakan bahwa viralnya mugshot challenge ini bentuk dari tidak sensitifnya pada korban kekerasan yang sebenarnya korban tersebut alami, alih-alih menghimbau agar tidak terjadinya kekerasan, malah seperti seolah-olah "dirayakan".

Maksud dari tak sensitif kepada korban kekerasan yang sebenarnya itu lebih kepada ketika challenge ini makin naik, lalu diikuti oleh beberapa orang, membuat adanya sebuah potensi hilangnya kepekaan orang-orang yang terkena dampak kekerasan itu sendiri. Coba bayangkan, ketika ada seseorang yang mengalami sebenar-benarnya luka akibat kekerasan, entah itu KDRT atau apapun itu, lalu melapor pada kepolisian, bisa jadi orang menjadi tidak percaya, ya karena sudah ada challenge itu sebelumnya.

Kalo udah seperti ini kan jadinya susah mana yang bisa dipercaya, mana beneran dan mana challenge, kalo misal pengaduannya by online course. Udah gitu ya, aku berani beropini kayak gini sambil kemarin juga diskusi sama suami. Dia prefer untuk mengambil jalan tengah, untuk persoalan challenge ga ada yang bisa kita larang, itu semua balik ke kontrol diri sendiri.

Sehingga setelah membaca itu, aku memiliki opini bahwa sebuah challenge ya sulit untuk bisa dilarang, apalagi sudah masuk dalam ranah media sosial. Namun perlunya kedewasaan, rasa wise dan juga kontrol diri dalam mengikuti trend-trend dari setiap challenge yang ada
SFXMakeup

Penggiat Konten Dengan Mugshot Challenge

Aku ga menghakimi yang gimana-gimana, hanya saja aku prihatin kalo sampe issue kekerasan ini ya tadi seperti yang dibilang sama ibu Komnas Perempuan, seperti dirayakan, rasanya ya memang begitu. Apalagi yang tidak masuk dalam esensinya sehingga menulis caption pada unggahan post foto menggunakan hastag mugshotchallenge ini kurang begitu bijak, "aduh gw habis dipukul sama si mantan, jadinya gini"

What??
See?
Kalo warga 62 ini mudah sekali memviralkan sesuatu dan ini udah auto diikuti oleh dedek-dedek dengan menuliskan caption yang sama, seperti seolah-olah kita letakkan kemana hati nurani kita kepada korban KDRT yang sesungguhnya. 

Aku juga baca kalo ada seselebgram yang menghapus unggahan mengenai mughsot challenge dan meminta maaf kepada publik, karena menurutnya memang benar tidak seharusnya disuarakan seperti ini dan juga berterima kasih kepada netizen yang sudah mengingatkan padanya, bahwa peduli itu bukan berarti menggambarkan dengan yang disengaja seperti ini, sambil menulis caption yang tadi itu tuh.

Aku ga memungkiri untuk sebuah karya seni dan juga skill, karena hal ini udah aku rasakan sejak masih bekerja disebuah perusahaan farmasi, dan waktu itu ada pelatihan K3. Kita diminta untuk mengkondisikan peragaan luka-luka dan juga lebam akibat dari force majeur perusahaan seperti gempa bumi atau kebakaran pabrik. Lalu kalo ga ada skill atau contoh make up SFX tadi ya jadi kesulitan. 

Oleh sebab itu penting kan kita bijak dalam memaknai sesuatu hal dan juga paham esensi dari challenge tidak hanya untuk hidup kita saja, tapi pada masyarakat. Gimana teman-teman untuk diskusi kali ini, aku sangat open ya, aku juga tidak menyudutkan pihak manapun, semua atas opini aku yang resah melihat mugshot challenge ini kurang pas untuk menyuarakan anti kekerasan.

73 komentar

  1. aku kok ga apdet challenge yang ini, habis baca ini langsung kepoin hashtagnya.
    nahh kalo challenge yang menuju kebaikan aku juga setuju mba, kadang malah heran sama challenge yang "B aja" tapi bisa viral, dan malah aksinya seperti melukai diri sendiri, bahaya juga kalo diikutin anak anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga taunya waktu itu jadi trending di twitter kak dan jadinya pengen banget aku bahas, karena ada beberapa yg masih pro. Dan sebenarnya sah-sah aja sih mau join apa engga ya dari sebuah challenge, tapi paling ga mempertimbangkan dari sisi membawa dampak baik atau buruk gitu

      Hapus
  2. For the love of God, NO. It's very and I (can't stress this enough) insensitive. Aku juga ngga ngerti kenapa orang-orang gampang banget ikutan challenge kek gitu mindlessly...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan mbaa, itu tuh challenge yg gimana gitu kalo menurutku, jadi harus cerdas dan wise banget deh sebelum ikutan challenge

      Hapus
  3. Aku baru ngeh juga hasilnya malah jadi tidak berempati sama korban kekerasan :(
    Baiknya udahlah ngga usah dilanjutin lagi challenge ini.

    BalasHapus
  4. Aku pribadi BIG NO dengan #mugshotchallenge. Karena bener bisa saja yang awalnya postingan becanda ternyta diviralkan dan orang bakal percaya dengan berita tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan mba jadi ga sensitif sama korban kekerasan yg sebenarnya

      Hapus
  5. Aku gak tau kalau ada challenge ini deh, ini cuma ada di Tiktok saja atau yang biasa di share kayak di story itu sih? Tapi emang jadi blunder sih kalau aksinya gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah aku cek tadi tentang challenge ini, rasanya kalau yang jelek gini tuh untuk tidak diikutin deh.

      Hapus
    2. hihi iya kak Chii ini tuh viral tapi malah nerrrfaedah

      Hapus
  6. Aku pernah liat sih, tapi ga tau kalau itu sebenarnya sebuah challenge. Ternyata efeknya ngeri juga sampai menurunkan kepekaan kita terhadap korban yang sebenarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya malah jadi ngefek pada korban kekerasan yg sesungguhnya

      Hapus
  7. Aku pernah liat sih, tapi ga tau kalau itu sebenarnya sebuah challenge. Ternyata efeknya ngeri juga sampai menurunkan kepekaan kita terhadap korban yang sebenarnya.

    BalasHapus
  8. aku lihat nih, awalnya ga tau kenapa muncul challange ini ternyata karena ajakan salah satu youtuber yang udah jadi selebgram :( aku sih termasuk yg nay sama challenge ga jelas kayak gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cii semoga kita bisa cermat kalo mau ikutan challenge ya

      Hapus
  9. Aku juga suka bikin konten art make uo di instagram tapi kalo mugshot ini aku beneran Nay dari awal karena kekerasan bukan hal yang remeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalo untuk art itu aku masih okay, karena memang untuk pekerjaan seni dan juga dalam dunia perfilman dibutuhkan kan kak

      Hapus
  10. aku juga salah satu yang Nay nih soal iniii, nggak tau kenapa nggak ada fun nya juga, aku lebih suka challenge yang emag buat fun aja sebenernya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang fun itu seperti passthesponge challenge yg teteh Demi and squad bikin, gemesss

      Hapus
  11. Rasanya saya beruntung tidak tahu akan challenge ini. Saya sendiri tahu dari artikel ini. Dan benar saya juga merasa tidak sreg kalau kekerasan termasuk "hasilnya" dijadikan seseruan apalahi jadi "tontonan"

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya teh, awalnya aku tergerak buat share opini aja dan ngajak diskusi sambil gimana respons para netizen after aku post soal mugshot challenge ini

      Hapus
  12. Iya lho belakangan marak banget challenge berseliweran di Medsos, dan aku juga baru tahu tentang Mugshot Challenge, ternyata makna di kehidupan nyatanya cukup nyeremin sih buatku, jadi agak rancu aja kenapa harus dijadikan challenge, dan apalagi banyak banget yang merasa tertantang untuk melakukan itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi agak rancu dengan esensi yg sebenarnya ditambah pemakaian caption yg ga related itu malah bikin blunder teh

      Hapus
  13. Ide challengenya sih kreatif tapi orang Indo salah menafsirkan dan bikin caption yg aneh2, seolah menjadikan kekeran menjadi hal yang lumrah. I don't against the makeup karena itu seni dan skill. Yg aku keberatan caption2 salah kaprahnya itu. Untung aku bukan org yg begitu nafsu dgn challenge viral. Dan sebaiknya kita cari tahu dulu sebelum ikut2an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak Mel, memang ada namanya SFX make up itu, tapi mugshot itu sendiri juga kan untuk foto rekaman para pelaku kriminal

      Hapus
  14. Mpo kalau di suruh mug challenge pasti kabur karena tidak bisa dandan apalagi wajah di set lebam.

    Intinya kalau di sakiti sampai lebam speak up ke orang lain jangan diam saja nanti bisa mengalami gangguan jiwa.

    BalasHapus
  15. aku sampai shock ini pas buka timeline iG eh ada yang ikutan mugshot begini, kirain beneran lebam gitu lho wajahnya, taunya chalengge

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan kak Aie, kita malah jadinya blunder antara yg ikutan challenge sama yg beneran kena kekerasan

      Hapus
  16. akhirnya ada yang menyuarakan ini aku sendiri ga setuju adanya makeup model kayak gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap teh! harus disuarakan apa yg menjadi opini kita

      Hapus
  17. disinilah pentingnya sebuah filter, beberapa orang membuat konten tanpa memikirkan dampaknya buat orang lain, harus sangat hati-hati apalagi seorang public figure yang all activitynya bakal dicontoh oleh followernya, jadi mari kita jadi influencer yang cerdas tidak hanya memikirkan follower dan money dan sekedar ikut-ikutan challenge saja. semoga ga ada lagi challenge-challenge seperti ini ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak Mei, semoga kita sendiri bisa mengcounter challenge apa aja yg bisa kita ikuti karena terpublish di medsos juga kan

      Hapus
  18. Aku baru tahu lho ada challenge Mugshot ..apa aku yang kudet ya. Beneran aku belum pernah liat juga Videonya. Semoga yg ciptain challenge-challenge pada sadar ya kalau bisa ciptakan yg fun dan menyenangkan saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuss kepoin sejenak mba cil, ke ig pake hastag itu hehe

      Hapus
  19. Aku belakangan sering lihat make up ala ala ini, ternyata namanya mugshot challenge yah . Somehow.. ngeri aku lihatnya huhu dan aku oribadi sih nay

    BalasHapus
  20. Kalau aku sih kurang setuju sama mugshot challenge gini. Selain serem ya jadi takut kayak membiarkan kekerasan terjadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mom, walaupun masih ada yg pro akan challenge ini

      Hapus
  21. Kalo aku tim nay nih Teh, meskipun ini makeup art atau sfx gitu tapi aku ga ikutan challenge ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh, kalo untuk pekerja seni dalam hal keperluan perfilman memang butuh skill make up sfx ini tp ga dijadikan blunder sama mugshot itu sendiri

      Hapus
  22. Aku lihat beberapa beauty vlogger / blogger yang seliweran di timeline ku ikutan Mugshot Challenge ini. Nggak kepikiran apa-apa sih waktu itu karena memang aku kan anaknya nggak yang concern banget sama make up. Ternyata menuai kontroversi ya, tapi emang bener sih jadi blunder seolah-olah setuju sama tindak kekerasan. Oke sih kalau buat kebutuhan make up shooting film horor or apa gitu, kalu buat lucu-lucuan big nay!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh Ness, apalagi kalo sampai membuat captionnya itu kayak seolah-olah dia alami kekerasan juga, duhh itu tuh ga ngerti lagi deh

      Hapus
  23. saya baru tahu ini challange ini, kalau menurut saya pribadi sih sama kayak mba kurang setuju. Soalnya sensitif sekali kalau tema kekerasan, kebayang gimana korban kekerasan kalau melihatnya pasti sedih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kita pikirkan dari segi perasaan korban kekerasan yg sebenarnya

      Hapus
  24. banyak banget opini tentang mugshot chellenge ini, dan bayak aku baca di twitter. tapi aku malah lebih concern dengan cara penyampaian tiap orang. mungkin kita harus bisa lebih open, seperti ka grandys. Menuliskan opini tanpa menyalahkan pihak manapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya put, aku lebih ga nyalahin pihak yg pro ya monggo, aku kasian aja kalo sampe dari korban kekerasan yg sebenarnya itu malah melemah, seperti ga dipercaya

      Hapus
  25. Aku NO. Karena mugshot itu ga selalu babak belur. Kenapa semuanya dibuat kaya babak belur sih huhuhu. Gini deh kalau ikutan hype aja tanpa baca baca dan cari referensi lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kan kak, mugshot itu ga selalu babak belur, babak belur itu kan kalo memang digebukin oleh masa

      Hapus
  26. Aku baru tahu mengenai mugshot challenge tiktok.
    Baiknya memang tidak di blunderkan dengan apps ya..karena nyatanya, kekerasan itu terjadi di sekitar kita.
    Semoga semakin banyak yang berani speak-up kaya kamu gini, dek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius jadi penasaran dan cari mugshot challenge.
      Mekapnya pada serius serius yaah...bikin merinding. Kayak beneran.

      Hapus
    2. iya teh Len, jadi rancu dengan esensi dari mugshot itu sendiri dan bikin melemahnya yg jadi korban kekerasan sesungguhnya

      Hapus
  27. asli deh awalnya aku kaget ada beauty influencer yang post foto kaya gitu, ngga lucu sih menurutku, eh ternyata emang ada challenge nya ya.

    BalasHapus
  28. Awalnya ga tahu ada mugshot challenge ini. Tau itu setelah viral krn jgn di lanjutin lg.. cmn kok sebelumnya emang heran knp bnyk bgt org yg lebab² diposting dan oalah ternyata ini.. aku sih apresiasi untuk kehebatan org² yg bisa make up ny seperti itu tp kalau untuk caption ny yg nggk banget tuh kyk jd bahan candaan nggk bener aja gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya captionnya itu yg bikin nanti ga sensitif sama korban kekerasan yg sesungguhnya teh Ume

      Hapus
  29. Ooohh jadi yg makeup lebam² itu tuh challenge yaa.. aku kudet gini sih soal challenge²

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, aku tergerak buat bahas karena buat edukasi dan saling sharing..

      Hapus
  30. Sekarang challenge challenge emang banyak yg aneh ya mbak...
    Dan harusnya tdk semua diikuti

    BalasHapus
  31. Oooo ya yang mukul2 trus yang dipukul lebam itu ya. Iya sih menurutku gak ada manfaatnya meski bagi sebagian org lucu.
    Mending kalau tiktokan bagi yang bermanfaat kek masak2 atau tips apa gtu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seolah-olah dia dipukul atau kena goresan hingga ada lukanya tapi itu all off make up, padahal esensi mugshot kalo di luar negeri itu rekam foto para pelaku kejahatan

      Hapus
  32. Daku kalau ada challenge di medsos ataupun di internet, malas buat ikutan. Cuma sekedar tahu aja. Apalagi ini Mugshot Challenge ternyata menyeramkan ya

    BalasHapus
  33. aku sebenarnya ga seberapa update soal challenge2 di medsos, tapi aku suka point of view nya mbak Grandys, yang memang kadang kita harus pintar-pintar memilah yang mana yang bisa diikutin yang mana yang ga perlu. kreatifitas memang tanpa batas, tapi pasti ada garis batas samar yang harus kita lihat lebih dekat. Nice sharing mbak :)

    BalasHapus
  34. Saya gak main aplikasi tik tok belum berminat gitu jadi belum paham mengenai challenge ini.

    BalasHapus
  35. Aku baru tahu ada Mugshot Challenge ini, apa karena ramenya di tiktok aja ya kak? soalnya nggak punya akun tiktok jadi nggak update, tapi baca ulasan ini jadi kepo dengan hastagnya

    BalasHapus
  36. asli di tiktok banyak banget challenge ya haha aku mah ga mampu ikutiiin mana sampe sekarang aku belum instal tiktok juga haha

    BalasHapus
  37. Kayaknya aku sempat lihat deh make up ini tapi cuma sebentar. Mungkin banyak yang protes jadinya nggak viral ya chalenge nya

    BalasHapus
  38. Selain temanya babak belur ga bisa yang lainkah? Aq ga ngikutin banget, aq kira itu bukan challenge pernah beauty influencer share wajah lebam. Agak kaget pas blm baca captionnya, pas baca ternyata challenge

    BalasHapus
  39. Aku sih gak setuju banget ya sama mugahot challenge ini. Gatau deh orang-orang yang ikutan itu pada kemana otaknya. ����

    BalasHapus
  40. Kalau saya No, dandan tuh buat kita tambah cantik aja, ga usah malah bikin penampilan abis di gebukin.lagian apa manfaat dari hal itu sih

    BalasHapus
  41. Wah saya kudet nih, baru tau challenge ttg ini, ternyata ada dampak negatifnya ya, aku merasa beruntung jadinya karena belum tahu, jd ga ikut2an deh, hehehe

    BalasHapus
  42. Wah aku baru tahu viral mugshot challange di tiktok mba. Agak ga penting ya. Kecuali mua yang memang suka bikin dandanan seru gitu dan sesekali saja

    BalasHapus