Cara Perpanjang STNK Mobil dan Motor Di Tangerang Saat Wabah Covid-19

cara perpanjangan STNK mobil dan motor di Tangerang saat covid-19
(cara perpanjangan STNK mobil dan motor di Tangerang saat covid-19. Dokpri)

Halo halo!

Cara perpanjang STNK mobil dan motor ini berawal dari rasa risau aku sejak dari bulan April hingga due date tanggal pajak kendaraan itu jatuh di pertengahan bulan Mei. Karena pandemi ini jujur aja membuat aku bingung setengah mati, sudah ada edaran tentang betapa mudahnya dalam pembayaran dan perpanjangan STNK mobil dan motor saat pandemi ini adalah dengan tidak diberlakukannya denda sampai bulan Agustus 2020.

Cara perpanjangan STNK mobil dan Motor Saat Covid-19

Wajib pajak apalagi untuk kendaraan itu adalah kewajiban setiap pengendara. Makanya menurut aku selagi ada post keuangan tersendiri untuk pajak kendaraan, dimasa covid-19 ini memang cukup membuat galau. Aku sih yang galau.

Pertama yang membuat aku galau adalah, bingung banget buat datang ke Gerai Samsat yang ada di beberapa lokasi seperti biasa aku selalu datang ke Gerai Samsat Mall Alam Sutra. Otomatis, karena posisi kendaraan aku ini yang akan diperpanjang adalah mobil, biayanya juga cukup lumayanan jadi bismillah aja.

Kedua, karena mobil aku masih leasing, artinya ga ada BPKB yang bisa aku pegang, so, aku harus ke tempat leasing-an itu dan lagi covid-19 ini aku bingung lho, buka apa enggga atau ada jam operasionalnya, takutnya pas kesana trus tutup, atau takut pas sampe disana malah ruame ga ada sosial distancing gitu-gitu deh.

Kebetulan aku di Otto mobil daerah Transmart Cikokol gengs, kalo kalian yang tinggal di daerah Tangerang dan kebingungan buat perpanjang kendaraan baik mobil atau motor, baca postingan aku ini sampai habis ya, disini aku bakal cerita dan ngasih pencerahan buat teman-teman yang jatuh tempi di bulan-bulan after Mei ini.

Pengalaman aku perpanjang STNK mobil dan motor saat covid-19

Suamiku itu type yang slow banget deh, makanya yang follow up soal perpanjang STNK dan berhubungan dengan administrasi di rumah tangga ini, jujur aja aku. Dan alhamdulillah selalu ada remindernya dan semoga ga sampe kelewat dan bismillah akan selalu ada rezekinya, walaupun ditengah cobaan pandemi seperti ini ya guys.

Jadi aku udah merong-rong banget, gimana ini kita cara perpanjang STNK nya, dimulai dari yang cuma satu oktaf hingga sampe aku menuju desperate gitu lho. Dan aku sampe nyari-nyari info, aku Googling dan tidak kutemukan jawaban yang begitu menjawab. Akhirnya aku mencoba nyari di Twitter menggunakan kata kunci dan beberapa mengarahkan untuk menggunakan aplikasi Samolnas alias Samsat Online.

Samolnas atau Samsat Online ini bisa kalian download di apps store secara gratis dan aplikasinya mudah banget sih buat dipakai. Tapi sayangnya ini ga bekerja di aku, dua kali aku gagal menggunakan Samolnas ini untuk perpanjang STNK mobil aku ini guys. Pertama, kita masuk, lalu masukin no rangka dan juga no plat kita trus ikutin aja sampai kita nemu kode order. Nah kode order ini bisa terbayarkan dengan beberapa perbankan. 

Batas waktu pembayarannya itu hanya 2 jam dari kita daftar ya, didaftar itu kita langsung tau berapa jumlah yang akan kita bayarkan. Pas sampai ke mesin ATM, beberapa kali dicoba selalu error dan not responding. Lalu besoknya aku nyoba lagi dengan langsung bayar di kasir Alfamart, trus sama juga, gabisa dong, plat mobilnya tidak ditemukan, hadeeee aku bete banget. 

Udah gitu, menjelang H-3 dari waktu due date, dan kebetulan aku lagi ga puasa. Aku akhirnya bondo nekat banget lho iki guys beneran, karena aku akhirnya memutuskan buat bayar secara manual aja, karena perpanjangan STNK mobil dan motor dengan Samolnas ini ga work di aku. Aku datang ke Otto siang-siang dan cukup ramai disana, tapi dugaan aku salah kalo bakal berkerumun, atau bakal tutup, justru Otto itu buka terus. Disana sudah ada social distancing, dan aku menunggu surat keterangan untuk bukti BPKB dan akan aku pakai untuk perpanjangan STNK mobil nanti.

Jadi aku perpanjangannya STNK Mobil dan Motor dimana?

Setelah dapat surat keterangan BPKB dari pihak leasing untuk mobilku ini, aku ga langsung ke Samsat. Tapi aku tanya ke satpam yang ada di Otto, untuk perpanjangan STNK mobil dan motor selama masa covid-19 ini tuh Gerai Samsat mana yang buka, katanya yang di Mall Alam Sutra itu tutup guys dan disarankan ke Metropolis.

Lokasinya cukup jauh daripada Mall Alam Sutra untuk Samsat Metropolis ini dan aku sudah sediakan fotokopi KTP dan juga STNK mobilnya, jadi buat kalian, mending prepare ya sebelum sampai di gerai samsat manapun. 

Setibanya aku di Samsat Metropolis, dan ternyata tutup dong, aduuuh sedih banget, dan dengan kenekatan yang haqiqi aku langsung tancap gas ke Samsat kota. Jadi selama covid-19 ini dan terkhususkan di bulan Ramadhan, yang buka hanya di Samsat kota Cikokol, dan itu aku gatau sama sekali lokasinya dimana gengs. 

Aku sampai di klaksonin beberapa kendaraan karena salah jalan terus, dan ternyata lokasinya di depan Mall Tangcity gengs. Lokasinya besar dan lumayan panas kalo disiang hari. Sesampainya disana, kalian harus udah siap sama bawa map ya! Ini aku pas sampai di dalam, aku disuruh beli map, dan alhamdulillah beli map disana itu, udah sambil dibantuin susun sama mas-mas tukang fotokopinya lho. 

Keren banget deh mas-mas fotokopian ini tuh ngebantu banget. Sesampainya di dalam kita terapkan sosial distancing ini, dan memberikan berkas yang kita bawa ini ke petugas yang ada di dalam truck keliling. Menunggu nama pemilik sesuai STNK di panggil, ada sekitar 45 menit deh aku menunggu, dan aku sambil main cacing alaska tentunya hehe. 

So, buat teman-teman yang kebingungan buat cara perpanjangan STNK mobil dan motor selama masa covid-19 di Tangerang ini kayak gimana, baca sampai selesai ya, semoga postingan aku kali ini bermanfaat karena ini murni pengalaman aku banget dan membagikan ini biar teman-teman ga sampe ngalamin kayak aku ini. 

24 komentar

  1. Samolnas ini kata temanku harus ke ATM ya buat bayar. Ga bisa mobile banking gitu.

    BalasHapus
  2. Whoaaa ini bermanfaat banget nih, buat yg mau urus perpanjangan STNK.
    Semoga semuanya dipermudah ya

    BalasHapus
  3. Aku pernah pas perpanjang sim eg kantornya dah mau tutup, kebantu banget juga sama mas2 fotokopian yang gercep. Ibu2 kudu ngerti ginian juga ya Mak supaya bisa ngatasin sendiri klo suami lg ga bisa jalan

    BalasHapus
  4. Wah, bermanfaat ini...
    Aku bulan Juni lalu perpanjangan STNK mobil. Biasa ke Gerai Samsat di Gandaria City Mall. Tapi karena pandemi, suami mutusin pakai biro jasa saja yang ada di dekat rumah. Padahal selalunya dia atau aku ngurus sendiri. Cuma karena pandemi kami ga dapat info jam buka tutupnya jadi pakai biro jasa akhirnya

    BalasHapus
  5. Kalau aku, awal Agustus lalu perpanjang STNK motor di Jepara. Alhamdulillah gak ada masalah ribet sih. Bedanya tuh tempat duduk dikasih tanda biar ada jarak. Untung berangkat pagi. Jadi pas rame udah langsung pulang

    BalasHapus
  6. Wih, perjuangan tersendiri ya sampai akhirnya beneran jadi perpanjangan STNKnya. 🙈

    BalasHapus
  7. Saya jadi keingetan ma mobil sendiri. Saking berbulan-bulan gak kemana-mana. Lupa apa udah waktunya urus STNK atau belum hahaha

    BalasHapus
  8. Cocok nih buat yang mau mengurus perpanjangan STNK. Semoga segalanya dipermudah ya dalam situasi pandemi sekarang ini. Mobil di rumah sudah dijual th lalu krn sudah rewel, jadi tahun ini kami tidak perlu mengurus perpanjangan STNK :)

    BalasHapus
  9. Pas masa pandemi gini aku juga ngerasain ngurusin STNK hehe..tapi aku langsung ke Samsat disini..Alhamdulillah ttep buka sih..tapi ya pake disemprot disinfektan gitu..

    BalasHapus
  10. Suami juga mau perpanjang stnk bulan ini, rencana sih bayar online dulu biar ke sana tinggal ambil...

    BalasHapus
  11. enaknya ada pilihan untuk memperpanjang dengan cara ini yamba. Kemarin sih kami sempat langsung ke samsat mba

    BalasHapus
  12. Jadi inget bulan November nanti SIM aku habis, terus sempat mikir ini gimana cara perpanjang selama pandemi gini.

    BalasHapus
  13. Sebenarnya kalau semua prosedur diikuti, mudah ya cama memperpanjang STNK mobil dan motor. Gak perlu calo, kita urus sendiri. Terutama kalau baca dari pengalaman Mbak Di atas. Cuma kalau gak punya waktu atau sibuk baru menggunangan tenaga jasa

    BalasHapus
  14. Waaah, sangat membantu nih ceritanya, Grandys. AKu biasa perpanjang STNK mobil dan motor di Samsat Kecamatan Pasar Minggu. Aku tulis juga dua tahun lalu :) Senangnya berbagi ya. Pokoknya semua berkas kudu dipersiapkan dalam satu map biar ga puyeng hehehe :D Enak sekarang simple ya ga berbelit2 birokrasinya :)

    BalasHapus
  15. pengalamanku perpanjang STNK mobil di masa pandemi tetap datang ke Komdak yang ada di Jakarta Selatan, prosesnya cukup cepat juga, tinggal masukin no kendaraan di salah satu perangkat komputer yang ada di sana, lalu print pendaftarannya, berikan ke loket yang dituju, gak sampai 10 menit dipanggil dan diminta bayar, lalu voila jadi deh

    BalasHapus
  16. Eh jadi kalau misalnya pakai samsat online itu sebenarnya gak perlu ke kantor samsat lagi kan ya?
    Aku dah lama gak perpanjang stnk lg hehe, dulu pdhl ya perpanjang sendiri krn motor atas namaku. Skrng motor dibalik nama jd nama bapakku hehe.
    Kalau aku dulu perpanjangnya di kantor samsat yg tinggal ngesot dr rumah :D

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah perpanjang STNK mobil atau motor sendiri, biasanya nitip aja, Ternyata begini ya prosedurnya gak terlalu rumit

    BalasHapus
  18. Good information. Thank for you review. This service the same with Bengkulu city

    BalasHapus
  19. Info-info seperti dalam tulisan ini yang penting dibaca terlebih dahulu sebelum berangkat untuk memperpanjang STNK. Soalnya supaya belajar dari pengalaman orang lain bagaimana supaya kejadian yang tidak mengenakkan tidak terjadi kepada kita.

    BalasHapus
  20. Biasanya untuk alasan kepraktisan aku biasanya minta biro jasa buat urusin ginian mbak. Biayanya terjangkau kalau di tempatku. Tapi beerguna banget ya artikel ini buat yang mau urus STNK sendiri. Apalagi di masa pandemi gini. Pasti caranya nggak kayak biasanya

    BalasHapus
  21. Samaaa, Grandys.
    Suka ribet yaa...sama urusan perpanjangan.
    Tapi jangan sampai terlambat aja deeh...makin ribet urusannya.

    BalasHapus
  22. Lumayan berlika-liku ya perjalanan untuk perpanjang STNK di musim pandemi gini. Duh ntar Noveember aku juga bayar perpanjangan nih

    BalasHapus
  23. Iya nih, selama pandemi perpanjangan biki deg2an , alhamdulillah di kota Jogja lebih cepat urusan perpanjangan stnk.

    BalasHapus
  24. Seminggu lalu aku juga urusin stnk mobil mbak, agak was was juga karena pandemi..
    Untungnya sih sepi jadi pelayanannya cpt

    BalasHapus