SIGNIFY - Teknologi Interact "Koenci" Kesuksesan Kita Semua

by - Desember 12, 2018

Pada tanggal 8 Desember 2018 lalu, aku berkesempatan hadir di acara Blogger TalkshowCity of Light dengan tema pencahyaan yang baik untuk vlogging dari Signify. Signify ini berkolaborasi dengan Senayan City serta di akhir acara ada pameran “City of Light” menampilkan pertunjukan pencahayaan Signify, serta kita di ajak jalan-jalan di booth nya Signify

(Demi content, aku rela ngantri)



Signify menjadi nama perusahaan baru dari Philips Lighting terhitung sejak 16 Mei 2018. Nama legal dari Signify akan diterapkan di Indonesia pada awal 2019. Signify (Euronext:LIGHT) adalah pemimpin dunia di bidang pencahayaan bagi para profesional dan konsumen serta pencahayaan untuk Internet of Things (IoT)). Produk Philips dengan sistem pencahayaan terkoneksi Interact dan layanan data aktif, mampu memberikan nilai bisnis dan mentransformasikan hidup di rumah, gedung dan ruang publik sehingga nilai produktifitas akan meningkat.


Sebelum masuk pada rekam apa aja yang akan aku tulis disini, aku cukup excited karena bisa sampai di lokasi dengan menggunakan busway. Rute nya cukup mudah dengan domisili aku di Tangerang Kota (Cikokol) menuju Senayan City yaitu, naik busway atau T-J jurusan Poris Plawad menuju Juanda. Aku turun di terminal Grogol 2 dan lanjut melewati JPO menuju terminal Harmoni. Dari terminal Harmoni, aku naik lagi  yang menuju Tanah Abang dan berakhir di Bundaran Senayan. Setelah sesampainya disana, aku langsung menuju Remboelan Resto dan masuk pada jam makan siang dengan suguhan makanan yang enak-enak semua, thankyou Signify.




(mendoan, cumi, sate, empal. Output: kenyang)


Setelah puas dengan jamuan makan siang, kita masuk ke tepat di tengah-tengah Main Atrium Senayan City yang telah berdiri "Gaze of Light". Menara dengan tinggi 16 meter yang akan memproyeksikan pertunjukan cahaya (light show) dekoratif oleh Signify menggunakan aplikasi pencahayaan terkoneksi Interact Landmark






(perkenalan oleh MC)
Opening kita disambut dengan sangat hangat oleh Ibu Lea Kartika Indra sebagai Head of Integrated Communications of Signify's Operation/Business In Indonesia. Ibu Lea menjelaskan bahwa di City of Light, tersedia berbagai macam aplikasi pencahayaan untuk gedung dan kota, kantor, industri, ritel dan rumah yang mengedepankan sistem pencahayaan terkoneksi berbasis LED ditampilkan untuk menginspirasi pengunjung. Yang selalu difokuskan pada kualitas pencahayaan, peningkatan efisiensi dan pemahaman berbasis data, dan teknologi informasi menjadikan cahaya lebih dari sekedar penerangan. Outut diharapkan dengan adanya teknologi ini adalah penghematan energi lebih lanjut, menciptakan pengalaman berbeda di rumah, mengelola produktivitas dan lingkungan kerja, serta menjadikan kota lebih aman dan lebih responsif.

(Ibu Lea Kartika Indra)
Melanjutkan dengan acara talkshow yang relate dengan pencahayaan sebagai modal dasar dalam dunia vlogging, aku menyimak dengan kesungguhan hati. Karena banyak sekali insight dari pemaparan Kang Dede Ariyanto sebai seorang vlogger yang profesional. Terutama saat ng-vlog di outdoor adalah dengan memanfaatkana golden hour oleh pencahayaan matahari juga harus ada lighting portable. Kang Dede juga memaparkan kepada kita untuk terus bergerak tanpa ada rasa stuck ketika fasilitas terhambat. Sebagai contoh, saat proses ng-vlog, agar tidak ada notice, menggunakan headset adalah kunci.


(Kang Dede selain sebagai blogger, vlogger juga lho)

Setelah selesai pemaparan dari kang Dede, kita akan mengunjungi beberapa stan yang telah Signify siapkan nih. Pertama kali menampilkan Interact IoT platform sebagai sistem pencahayaan terkoneksi di Indonesia.  Interact adalah platform IoT dari Signify. Platform ini sangat aman, terukur, berbasis awan (cloud), yang menggunakan manajemen data dan kemampuan pemrosesan data yang modern dan canggih, termasuk pembelajaran mesin, untuk menghadirkan pemahaman bagi segala jenis data dan layanan baru bagi pelanggan. Di pameran ini menampilkan aplikasi platform IoT Interact secara khusus, termasuk Interact OfficeInteract IndustryInteract LandmarkInteract CityInteract Retail, dan Interact Hospitality.  






Sebagai bagian dari stan Interact Office & Interact Industry, Signify juga memperkenalkan luminer yang dapat mengaktifkan LiFi. Light Fidelity atau "LiFi" merupakan teknologi nirkabel dua arah berkecepatan tinggi yang serupa dengan WiFi namun menggunakan gelombang cahaya sebagai pengganti gelombang radio untuk mengirimkan data dengan cara yang sangat aman. 


(Booth LiFi)



Luminer ini diaktifkan dengan teknologi LiFi memberikan koneksi internet pita lebar (broadband) dengan kecepatan 30Mb per detik (Mb/s), tanpa mengorbankan kualitas pencahayaan. Dengan memadukan konektivitas nirkabel dengan sumber pencahayaan, LiFi dari Signify membuat kita dapat terkoneksi di mana pun lokasi yang memiliki pencahayaan. Adanya koneksi LiFi ini dapat meningkatkan keamanan dan privasi karena adanya koneksi khusus LiFi dengan cahaya khusus yang terhubung.

(yang pasti, cahaya korelasi sama hasil foto)

Nah unik dan seru ya melihat keseruan hari kemarin saat grand opening Signify, yuk kalian bisa ceritakan pengalama selama menggunakan lampu LED atau produk Philips di kolom komentar ya. Dan jika anak jaman now, kalian bisa banget buat order salah satu produk dari Signify ini. Bagi aku pribadi, soon mau pasang LiFi nih hehe.



You May Also Like

18 komentar

  1. Wah acarnya bagus yaa teh..aku sih salah fokus sama makanannya hahaha..

    BalasHapus
  2. Teh spot foto yang di foto pertama itu bagus banget.. keren nih Signify

    BalasHapus
  3. Nah bener, pencahayaan memang paling penting di dalam ber-Vlog. Dan aku masih belom bisa. Makanya masih gak bisa ber-Vlog ria :(

    BalasHapus
  4. karena namanya signify koordinasi cahayanya keceh

    BalasHapus
  5. Wih asik, produk Phillips juga ya ini. Acaranya juga seru ya

    BalasHapus
  6. mantep banget ih tempatnya, instagramable nget nih foto yang pertama

    BalasHapus
  7. Aaaaah cantiknyaaa...lighting sama modelnya pas tenan. Dan jamuan lunch mengalihkan segalanya..hahahah...LIFI juga godaan yang musti dipikirin baek baek niih...kepingiiiiin

    BalasHapus
  8. wiiih.. mau dong pakai LiFi juga. seru nih kayaknya.

    BalasHapus
  9. Seru ya acaranya, demo lightingnya juga keren banget, walaupun saya nggak ngerti dengan penjelasan yang teknis-teknis, maklum suka lemot. Pasti ini berguna banget buat yang mau ngevlog. Btw, makanannya kayaknya enak-enak tuh, pasti mantaaap......

    BalasHapus
  10. Emang penting banget ya teh pencahayaan untuk kualitas video yg lebih baik:")

    BalasHapus
  11. Masyaallah, keren bgt teknologinya. Kalau listrik padam, LiFi padam jg ngga?

    BalasHapus
  12. Keren banget, ya, acaranya. Foto pertama itu bagus banget, Mbak 😊

    BalasHapus
  13. Wow sophisticated. Baru tahu mba, setelah WiFi sekarang ada LiFi. Trims Informasi berharga nih!

    BalasHapus
  14. Dari dulu pengen ikutan event gak pernah dapet karena di daerah hehehe. Keren acaranya mbak, ngiler sama makanannya hehehe

    BalasHapus
  15. City of Light, wow. Judul agendanya aja keren, ya. Semoga di kota saya nanti ada juga beginian, hehe.
    Macem2 ya istilah teknisnya. Musti baca detail ini. Ada Lifi juga, baru tau nih. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  16. Philips mah always tepercaya sejak dulu. Harga boleh tinggi dibandingkan yang lain, tapi kualitasnya memang terjamin.
    *curhat seorang emak yg sering ngurus lampu mati di rumah wkwkwk

    BalasHapus
  17. Wah, seru banget acaranya. Banyak hal menarik yang bisa didapat, termasuk pengalaman berharga ya...

    BalasHapus
  18. Waw kereen baru tahu ada Lifi nih, boleh lah dicoba makasih infonya Mbak

    BalasHapus

Instagram