Kilas Balik Kegiatan Blogging 2018 dan Resolusi di 2019 by Grandys

by - Desember 31, 2018


(Happy banget kalo udah depan Laptop)

Halo sobat blogger, tinggal menghitung 2 hari lagi kita akan berganti tahun yaitu 2019 yang artinya 2018 hanyalah sepintas kisah lama seperti tahun-tahun sebelumnya. Nah jadi review aku tentang perjalanan blogging aku di tahun 2018 adalah AMAZING!

Karena, aku tau blog udah lama tapi ga berkembang.

Aku masih ingat blog aku sewaktu kuliah sekitar 2011 adalah kisah klasik khas anak muda seusiaku ini. Buanyak banget kisah yang aku torehkan di blog itu dan alhamdulillah nya aku lupa password dan hilang entah kemana blog tersebut. Sedih sih, karena sebagian rekam jejak ga bisa tersimpan dengan apik. Tapi aku ga sedih-sedih banget kok, masih ada draft nya di laptop lama aku haha dan aku terlalu malu untuk membuka draft itu lagi.

Lalu setelah perjalanan hingga lulus kuliah, aku ga nulis-nulis blog karena aku pikir nulis blog biar bagus kayak para blogger senior tuh harus diapain ya blog nya? Itu aku pikirin terus tanpa ada action buat berusaha ngebagusin blog. Jadi dulu suka banget ng-scroll blog nya orang dan cuma berguman di dalam hati,
"wah keren banget ya mba A ini, bisa nulis di blog dengan rapih tapi mba A ini working mom dan juga anaknya masih todler gitu. Bisaan banget ya."

Dipikirin aja terus itu kebisaan orang-orang tapi akunya sendiri kayak ga bisa nemuin jalan keluar buat bisa bikin konten yang bagus dan terposting di blog dengan sempurna, intinya mah ga ada kemauan buat nulis aja dulu haha. Lalu waktu terus berjalan tanpa ada skip kan ya guys di tahun 2017 tibalah ada sebuah nice home work dari sebuah komunitas yaitu IIP dan harus menyetorkannya dalam bentuk postingan blog. Dan itupun menjadi ujian banget guys, aku bingung banget sumpaaaah buat bikin tulisan disana selain tugas IIP ini. Kalo inget ini pengen ketawa banget ya Allah tapi aku jadi sadar sesadar-sadarnya bahwa tidak ada yang langsung oke secara instan. Sampai nice homework itu selesai, aku masih tetap posting beberapa tulisan dan semacam prosa lepas gitu. Pendek-pendek banget dan lumayan sampai oktober 2017-an lah. Dari situ aku udah lupa yang namanya ng-blog, boro-boro buat nyari konten, kepikiran aja engga, tuh kan parah ya. Padahal banyak kisah lho di perpindahan 2017 ke 2018 itu haha.

Dan sebuah ilham datang di tahun 2018 dari aku bertemu sama suami di bulan Februari silam. Aku terpikir untuk menuliskannya di blog, tapi aku langsung berpindah ke lain jenis blog dan akhirnya nyaman dengan yang sekarang ini. Pas awal Februari 2018 itu juga masih wacana banget, cuma bilang ke diri sendiri dan corat-coret random belum mulai menulis,
"ah nanti deh semua aku rangkum di dalem blog aku."

Nah terus aja nanti dan nanti yang berakhir pada bulan Agustus 2018 tepatnya saat setelah menikah dan aku mengisi blog ku pada tanggal 20-an Agustus 2018 karena ikut sebuah komunitas, yaitu BHB dan harus ada blog kan yaaah. Dengan tema masih apa adanya banget, aku juga mengunduh blog mobile di smartphone aku dan mulai menulis dengan mencoba konsisten karena setiap hari Rabu dan Jum'at selalu diadakan blog walking. Hari demi hari, aku nikmatin semua proses itu hingga pada akhirnya aku menuliskan dengan lengkap dari bagaimana ketemu suami dan sampai hari H pernikahan.




Aku pun mengalami kegalauan bertubi-tubi pasca menikah karena harus ber-LDM ria dengan suami. Alhamdulillah LDM berlangsung selama 3 bulan bisa aku entaskan dengan tekad yang kuat dari semangat dan hidup aku dalam dunia literasi, khususnya blogging. Entah mengapa ada keyakinan terkuat aku untuk bisa memilih jalan ini agar aku bisa fokus dan meniti karier melalui blogging secara profesional. Beberapa grup telah aku ikuti dan berusaha dengan sekuat tenaga menyamakan ritme untuk terus menulis di saat detik-detik aku akan resign. Prosesnya begitu drama dan drama itu usai juga karena bisa aku tuliskan disini dan langsung posting di blog tercinta ini.

Aku syukuri banget dengan keputusan yang sebenarnya masih aku belum tau bagaimana, tapi keyakinan ini sangat kuat bertambah aku bisa mengikuti beberapa event placement dan rasanya happy banget. Bertemu dengan beberapa blogger senior yang biasa aku kagumi dari balik layar, kini bisa berada dalam satu event. Apalagi keseruan blog walking semakin memuncak kegalauannya untuk bermigrasi menjadi TLD (Top Level Domain) yang tadinya mau di awal tahun aja, alhamdulillah terealisasi di 2019. Aku ga pernah menyangka, blog yang selama ini aku tulis bisa berubah menjadi .com rasanya terharu banget pas proses migrasi selesai ada titik-titik air di ujung mata haha. Dan drama nya masih berlanjut pada nilai DA/PA aku yang melayang drastis jadi nol dan selama sebulan bener-bener sedikit begadang hanya untuk blog walking haha. Begitulah review aku selama blogging di 2018 ini, masih baru banget dan aku juga sempat ngegalau soal niche apa yang aku pilih, hingga jatuh pada food and life style ini.

Tentang harapan di 2019, aku simple namun realistis aja sih sekarang mah. Dengan selalu dapet izin dari suami untuk bisa berkembang di dunia yang aku tekuni dan sukai ini, semoga menjadi jalan kebermanfaatan untuk menebar kebaikan melalui dunia blogging secara profesional. Kedepannya aku juga akan belajar SEO dan mencari tau soal ADSENSE, begitu juga dengan listicle hihi karena aku masih awam dengan itu semua guys! Semoga tahun 2019 kita selalu mencintai diri kita sendiri, bagaimana "the real you" nya kita dan berterima kasih selalu sama apa yang telah diri kita lakukan. Yeay aku siap menikmati apa pun yang terjaid di 2019 mendatang dengan bahagia!







You May Also Like

14 komentar

  1. So young mbaa
    2011 msh kuliah
    Deuh aku th sgitu dah nikah 3 taon wkkkkkkkk lulus kuliah 2008

    Semoga di 2019 makin kece y miss

    BalasHapus
  2. haha aku kelahiran 94 mbaaaaa. Mantap euy pengalaman hidupnya berwarna nih, makasi ya mba kita bertumbuh bersama uwuw

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak grandyyyyys kita seumuran, tapi aku masih single wkwk
      enak banget baca cerita mbak grandys mengalirrr lir lir...
      selamat mbak sudah TLD semoga blognya makin eksis di perjagadan blog

      Hapus
    2. halooooo, wuah seumuran tos! Hihi terimakasih banyak qaqa ku terharu :)

      Hapus
  3. Aku suka tampilan blognya...clean dan elegan
    Ayo, semangat lagi, mbak Grandys. Gaya menulismu keren lho!
    Sukaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbaaa Diiii, makasih banyak lho sudah mau mampir ke rumah. Terus menginspirasi aku yaaaaaa love love

      Hapus
  4. Seru yaaa tulisan Grandys.. Aku nikmatin banget bacanya.. Sukses dan sehat selalu ndys :) Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah dhi akuuuu, makasih suda mampir ke rumah hihi. Aamiin ya Allah ko jadi kangen gini, kapan ng-job bareng lagi kitaaah haha

      Hapus
  5. Orang Bandung, ya? He he. Saya orang sana namun mukim di Garut. Salam kenal, Mbak
    Yang penting adalah sekarang dan esok setelah yang lalu lewat. Sekarang adalah perwujudan untuk melangkah ke arah lebih baik. Soal vakum lama mah anggap sebagai kenangan, toh telah dibayar dengan hasil baik.
    Saya baru tahu kalau blog ganti jadi TLD akan turun DA.PA-nya. Soalnya saya baru bikin blog lagi 2 bulanan dan lalu beli TLD di Niagahoster yang sedang promo. Targetnya tahun 2019 malah lebih awal. Alhamdulillah.
    Jadi kepengen kayak Mbak dapat job. Sekarang mah harus kerja keras lagi. Soal belajar SEO dan lainnya, itu bagus. Kita memang hanya bisa belajar dengan banyak mencari tahu, kayak googling, misalnya.
    Semoga sukses, ya. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya campuran teh, Bandung dan Nganjuk hihi. Salam kenal kembali ya teh makasih banyak udah mau berkunjung dan tinggalkan jejak :)
      Betul teh, aku sebulanan bener-bener ngusahain buat naikin DA/PA lagi, soalnya beneran 0/0 gitu hehe. Semangat buat kita di tahun ini semoga menyediakan content bermanfaat ya dalam dunia :)

      Hapus
  6. Selama ini gak begitu mikitin soal DA/PA lagi tapi kayaknya kalau mau lebih professional kayaknya seorang blogger perlu untuk memperhatikan DA/PA dan saya juga pengen belajar mengenai seo

    BalasHapus

Instagram